Ini 5 Cara Ampuh Menghindari Kemacetan Saat Mudik Lebaran

28/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Ini 5 Cara Ampuh Menghindari Kemacetan Saat Mudik Lebaran
Libur panjang Lebaran kali ini membuka kesempatan untuk mudik bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Sebelum mempersiapkan kendaraan, perhatikan dulu bagaimana cara menghindari kemacetan saat mudik Lebaran kali ini.

Perjuangan pulang ke kampung halaman selalu dihadapkan dengan penderitaan berada berjam-jam d kendaraan, apalagi terjebak dengan kemacetan yang melanda hampir seluruh jalur mudik di Indonesia. Untuk mempermudah Anda dalam bersilaturahmi dengan keluarga di hari yang suci, berikut cara menghindari kemacetan saat mudik yang bisa Anda terapkan.

1. Perhatikan jalur yang akan dilewati

Beberapa jalur dipastikan akan memberikan Anda pengalaman berada di dalam kendaraan lebih lama dibandingkan perjalanan pulang kampung di hari-hari biasa. Sebelum mulai mengepak barang yang akan dibawa, pastikan Anda memperhatikan dan memilih jalur yang akan dilewati. Meskipun tidak menghindarkan Anda dari kemacetan, setidaknya bisa memangkas waktu Anda di jalanan.

Gambar yang menunjukan palang rambu lalu lintas yang menunjukan jalan alternatif selama mudik

Perhatikan dengan teliti jalur perjalanan yang akan Anda tempuh

Rencanakan jalur utama dan jalur alternatif yang bisa dilewati dalam perjalanan pulang kampung Anda kali ini. Perhatikan juga prediksi kemacetan serta keadaan dan kondisi jalur yang Anda tempuh. Meskipun pemerintah mengenjot persiapan perbaikan jalan sebelum mudik Lebaran, perhatikan potensi kemacetan karena perbaikan jalan yang belum selesai.

>>> Tips mudik lainnya bisa Anda dapatkan disini

2. Perhatikan rest area dan tempat pengisian bahan bakar

Jika perjalanan mudik Anda memakan waktu lebih dari 7 jam, perhatikan dimana Anda bisa beristirahat untuk melepas lelah. Perjalanan panjang, terlebih jika dilakukan ketika berpuasa membuat kondisi tubuh sedikit menurun. Jika merasa lelah atau mengantuk, jangan ragu untuk berhenti di rest area atau tempat beristirahat di sepanjang perjalanan.

Gambar yang menunjukan rest area yang disediakan oleh Toyota

Produsen otomotif biasanya menawarkan tempat beristirahat dan bengkel darurat

Perjalanan mudik yang jauh juga membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit. Untuk menghindari kehabisan bahan bakar di jalan, terlebih di jalan tol atau jalur luar kota yang sepi, periksa tempat-tempat pengisian bahan bakar. Jika kepepet, Anda bisa mengisi ketengan di pinggir jalan, tapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal dibandingkan pom bensin Pertamina.

3. Cek kondisi kendaraan

Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, memeriksa keadaan kendaraan sebelum siap tempur menjelajah seluruh kondisi jalan dalam perjalanan mudik sangat penting dilakukan.  Kemungkinan terburuk adalah kendaraan yang mogok di tempat-tempat yang tidak terduga ketika mudik dan akhirnya membuat perjalanan menjadi lebih lama dan melelahkan.

Gambar yang menunjukan teknisi yang sedang memeriksa kendaraan

Cek kondisi kendaraan jauh hari sebelum bepergian

Mencari pengendaraan yang nyaman dan aman berserta keluarga sangat mudah, salah satunya adalah dengan memastikan kendaraan yang ditumpangi berada dalam kondisi sehat wal’afiat serta siap digeber untuk perjalanan jauh.

>>> Pastikan cek kondisi mobil jauh hari sebelu perjalanan mudik

4. Cari waktu yang pas untuk mudik

Gambar yang menunjukan kondisi jalan yang dipenuhi oleh pemudik Lebaran

Menjelang hari H Lebaran, lalu lintas kendaraan menjadi semakin padat

Jangka waktu liburan Lebaran yang panjang kali ini bisa membuat Anda merencanakan waktu yang pas untuk memulai perjalanan pulang. Usahakan memulai perjalanan lebih cepat untuk menghindari kemacetan yang terjadi saat arus mudik. Sebisa mungkin hindari berkendara dekat hari H Lebaran untuk meminimalisir kemungkinan Anda akan berlebaran di jalan.

5. Periksa dengan teliti barang-barang yang akan dibawa

Gambar yang menunjukan Surat Izin Mengemudi dan STNK kendaraan roda dua dan roda empat

Jangan pernah mudik tanpa membawa SIM dan STNK

Mulai dari peralatan P3K yang dibutuhkan, sampai surat-surat kendaraan yang perlu Anda bawa, semisal SIM dan STNK, untuk mencegah tilang yang tidak perlu ketika ada razia. Untuk surat-surat kendaraan, pastikan untuk selalu memeriksa dua kali. Kondisi jalur mudik yang sering macet pasti dipenuhi dengan polisi yang mengatur jalan. Operasi patuh yang dilakukan oleh pihak Kepolisian mewajibkan Anda untuk melengkapi surat-surat kendaraan Anda.

Cobalah untuk mempersiapkan baik-baik semua kebutuhan sebelum mudik agar perjalanan pulang kampung menjadi lebih aman dan nyaman. Memeriksa semua jalur perjalanan dan info lalu lintas yang biasanya diberitakan oleh seluruh stasiun televisi di Indonesia bisa membantu Anda menghindari kemacetan saat mudik Lebaran tahun ini.

>>> Tips dan trik otomotif lainnya ada disini

Share this post:
 
back to top