APAR Mobil Pribadi: Ketahui Cara Menyimpan Hingga Jenis-Jenisnya

16/08/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Setiap kendaraan perlu memiliki apar mobil yang berfungsi sebagai antisipasi kebakaran. Yuk, ketahui jenis, harga, hingga cara penyimpanan apar mobil!

Untuk antisipasi kejadian mobil terbakar, Anda perlu menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR untuk mencegah api melalap habis mobil. Aturan menyediakan APAR di dalam kendaraan tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 927/A 502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor sejak 18 Februari 2020 silam.

Kendaraan yang diwajibkan menyimpan APAR adalah kendaraan yang masuk dalam kategori M1, N1, N2, N3, O1, O2, O3, dan O4 serta mobil penumpang atau mobil barang. Lantas apa saja informasi terkait APAR yang perlu Anda ketahui? Bagaimana cara menyimpan, jenis APAR untuk mobil pribadi, dan berapa harganya? Simak selengkapnya di sini.

Kriteria Bahan untuk APAR Mobil

apar mobil

Apar mobil harus memiliki bahan yang tidak beracun

Kerap terjadinya kecelakaan di dalam kendaraan menjadi dasar peraturan APAR dibuat. Meskipun kebakaran kecil, jika tidak dipadamkan langsung bukan tidak mungkin akan merembet ke bagian mobil lainnya.

APAR mobil yang dibuat harus sesuai dengan standard yang ditetapkan serta mampu memadamkan kebakaran pada benda padat, cair, gas, dan instalasi listrik.  Berikut ini kriteria bahan APAR yang digunakan.

  • Tidak memiliki kadaluarsa. Artinya tetap bisa digunakan hingga kapan pun.
  • Tidak beracun.
  • Mudah dipakai saat dibutuhkan.
  • Berada pada posisi yang mudah dijangkau oleh pengguna mobil.

>>> Cara Pakai Fitur APAR Di Suzuki New Carry Pick Up

Jenis & Harga APAR Mobil Pribadi

Jika Anda melihat di marketplace, ada beberapa jenis APAR yang bisa digunakan untuk mobil pribadi Anda. masing-masing memiliki kelebihannya. Berikut ini jenis-jenis APAR yang bisa Anda pilih.

  • APAR Jenis Air. Tipe ini memiliki tekanan tinggi dengan harga yang paling murah. Namun, tidak semua barang bisa dipadamkan. APAR jenis air hanya bisa memadamkan bahan padat dan bukan logam, seperti kertas, plastic, karet, dan lainnya sehingga cocok untuk kebakaran kelas A.
  • APAR Jenis Bubuk Kimia. Tipe ini lebih cocok untuk kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Terbuat dari mono amonium dan ammonium sulfat dan cocok untuk kebakaran kelas C.
  • APAR Jenis Karbon Dioksida. Tipe ini paling cocok digunakan untuk mobil pribadi yang bisa memadamkan kebakaran akibat listrik dan cairan seperti minyak, alcohol, kertas, dan lainnya. Jenis ini cocok digunakan untuk kebakaran kelas A, B, dan C.
  • APAR Jenis Busa. Tipe ini cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran karena benda padat bukan logam dan cairan, misalnya karena kertas, karet, plastic, minyak, alcohol, dan sebagainya. Cocok untuk kebakaran kelas A dan B.

jenis apar mobil

Ketahui jenis apar mobil

APAR terdiri dari berbagai jenis sehingga harganya juga beragam. Anda bisa menemukan berbagai merk APAR mobil di pasaran dengan ukuran mulai dari 500 ml, 1.000 ml, 1 kg, bahkan hingga 3 kg dengan harga Rp 100 ribuan hingga Rp 200 ribuan untuk ukuran 1 kg.

>>> 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih APAR untuk Mobil

Cara Menyimpan APAR di Dalam Mobil

Untuk mobil baru biasanya produsesn sudah menyediakan tempat APAR sendiri sehingga Anda tak akan repot untuk menyimpannya. Namun, untuk mobil lama yang diproduksi sebelum adanya kewajiban penyertaan APAR mobil, bagaimana cara menyimpannya?

  • APAR diletakkan di tempat yang mudah dijangkau
  • APAR harus benar-benar terikat
  • APAR tidak terpapar langsung dengan matahari
  • Suhu kabin mobil tidak boleh lebih dari 49 derajat celcius
  • Pemilik mobil harus mengecek kondisi APAR secara rutin

Jika Anda membeli APAR mobil pribadi ukuran kecil seperti 500 ml atau 1.000 ml, Anda bisa meletakkannya di bawah jok kursi penumpang baris depan. Sementata untuk ukuran besar, peletakkan APAR yang nyaman berada di belakang mobil agar tak mengganggu penumpang duduk. Agar APAR tetap dalam kondisi statis dan tak bergerak-gerak saat mobil berjalan, sebaiknya Anda membeli dudukan APAR mobil.

Menyimpan apar mobil

Apar harus disimpan di tempat terjangkau

Hal penting saat menyimpan APAR di dalam mobil, pastikan jika Anda selalu cek berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan APAR tidak mengalami korosi saat di dalam mobil. Korosi bisa terjadi karena suhu kabin yang berubah drastis dari dingin ke panas saat mobil diparkirkan.

Pasalnya saat dipakai kondisi mobil dingin karena Anda menyalakan AC. Berbeda saat mobil diparkir dan AC mati sehingga suhu menjadi lebih panas. Hal ini bisa terus menerus membuat tabung APAR mengalami korosi sehingga Anda perlu mengecek apakah terjadi kebocoran tabung.

Namun, jangan khawatir. Meskipun bocor halus, tabung tak akan meledak. Selain mengecek apakah terjadi bocor halus atau tidak, cek juga tutup tabung apakah masih bersih atau sudah berkarat.

>>> Antisipasi Kebakan, Ini Jenis APAR Yang Bisa Dipasang di Mobil Anda

Mitos APAR dengan Paparan Sinar Matahari

Parkir mobil di bawah sinar matahari bikin APAR meledak? Tentu saja itu sebuah mitos. Tak sedikit orang ketakutan memarkirkan mobilnya di bawa sinar matahari yang berisi APAR. Padahal ketika di dalam mobil yang terdapat APAR, APAR sebenarnya tak langsung terpapar matahari sehingga tak akan langsung meledak.

Apalagi tabung APAR dirancang tak mudah terpengaruh dengan suhu yang ada di luar sehingga sangat kecil kemungkinannya bisa meledak karena mobil parkir di area outdoor.

Cara Mematikan Api dengan APAR

Jangan langsung panik jika terjadi kebakaran di dalam mobil karena besar kemungkinan Anda jadi susah berpikir. Jika terjadi kebakaran, pinggirkan kendaraan ke tempat yang aman, matikan mesin, lalu mulailah padamkan api dengan menggunakan APAR yang ada di dalam mobil. Jadi pastikan Anda mengetahui cara penggunaan APAR.

 Jika terdapat kebakaran di bagian mesin mobil, semprotkan APAR ke arah mesin mobil. Perlu diingat jika posisi Anda harus berada di samping mobil, bukan di depannya. Karena biasanya api langsung menyembur ke arah depan yang justru membahayakan Anda.

Memadamkan mobil kebakaran

Ketahui cara menggunakan apar mobil

Lalu bagaimana jika dalam kondisi darurat, Anda tidak memiliki APAR di dalam mobil? Anda bisa menggunakan kain, seperti baju atau selimut yang sudah dibasahi lalu letakkan di tempat kebakaran. Cara ini menghalangi oksigen yang membuat api semakin besar. Jangan panik dan segera minta bantuan pada orang sekitar.

Itulah informasi singkat tentang penggunaan APAR di dalam mobil pribadi. Semoga bermanfaat!

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga APAR?
Harga APAR berbeda-beda tergantung dari ukuran yang Anda gunakan. Untuk APAR ukuran 1 kg, dijual dengan harga Rp 100 ribuan.
Di mana saja penyimpanan APAR di mobil?
APAR harus diletakkan pada tempat yang dapat dijangkau oleh pengemudi atau penumpang, seperti di bagian bawah jok baris depan mobil.
Di mana saya bisa beli APAR untuk mobil?
Anda bisa beli di bekel, supermarket, atau situs jual beli online.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top