Cara Pakai Fitur APAR Di Suzuki New Carry Pick Up

07/02/2021

Perawatan dan service

3 menit

Seluruh mobil Suzuki produksi 2021 kini sudah dilengkapi dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), tak terkecuali Suzuki New Carry Pick Up, begini cara pakainya...

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kini telah melengkapi semua model kendaraannya di tahun 2021 dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Langkah ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. Tidak terkecuali dengan Suzuki New Carry Pick Up. Berikut ini kami akan membahas mengenai cara pakai APAR di New Carry Pick Up.

Jenis APAR

Guna menunjang faktor keamanan dan menuruti anjuran pemerintah tadi, maka New Carry Pick Up yang dipasarkan mulai Januari 2021 sudah dilengkapi APAR yang terletak di bawah glove box. Jenis APAR yang digunakan pada Suzuki Carry adalah Dry Chemical Powder. APAR jenis ini sudah tersertifikasi SNI. Spesifikasi APAR-nya sendiri memiliki berat total 2 kilogram, meliputi 1 kilogram isi dan 1 kilogram berat tabungnya sendiri.

Gambar lokasi APAR pada Suzuki New Carry Pick Up

APAR di Carry versi penyegaran ini ada pada bagian bawah glove box

Model APAR yang digunakan ini dapat mengatasi tiga tipe kebakaran pada kendaraan, yaitu kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu; kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amonia, dan solar; serta kebakaran listrik yang mungkin terjadi pada mobil. Selain itu, APAR yang digunakan dalam produk Suzuki juga memiliki masa berlaku atau jangka waktu pakai sampai dengan 8 tahun sebelum dibuka.

>>> Begini rasa mengemudi New Carry versi minibus yang mampu membangkitkan nostalgia kami

Cara Penggunaan APAR Pada New Carry Pick Up

Cara penggunaan APAR di New Carry Pick Up ini juga mudah, "Di gagang ada dua tombol, kuning tulisanya satu, merah tulisanya dua, (tinggal) dipencet sesuai urutan. Satu buat lepas pengunci dan dua untuk buka spraynya. Ada manualnya di kasih di (setiap) pembelian mobil," papar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS kepada tim Cintamobil.com.

Gambar APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Penggunaan APAR ini juga mudah dan dilengkapi juga dengan buku petunjuk pengunaan

Pria yang lagi suka membangun sepeda ini juga menambahkan, untuk melepaskan APAR dari dudukan juga mudah, tinggal dibuka klip kunciannya saja. Juga saat tombol spray dipencet, spray pemadam akan langsung keluar, tetapi ia tidak bisa memprediksi berapa detik atau menit spray pemadam tersebut bisa keluar dan terus memadamkan api. "Kan (itu) tabung bertekanan," tambah Yulius sapaan akrab Yulius Purwanto.

Ubahan Tak Kasat Mata Di Suzuki New Carry Pick Up

Gambar Brosur Suzuki New Carry Pick Up

Ternyata ada ubahan yang tak kasat mata di New Carry Pick Up ini

Ternyata ada ubahan kecil yang tak terlihat, yakni panjangnya berkurang sekitar 45 mm bila dibandingkan versi sebelum penyegaran. Hal ini disebabkan karena bumper depan versi facelift ini lebih 'pesek' sedikit. Meski demikian, itu tidak membuat kapasitas bak angkut mengalami ubahan. Panjang bak belakangnya tetap sama yakni 2,505 mm, tapi ukuran bak angkutnya berbeda, yakni lebar 1.665 mm untuk Flat Deck dan 1.745 mm untuk Wide Deck, sementara tinggi bak angkutnya adalah 360 mm untuk Flat Deck dan 425 mm untuk Carry Wide Deck.

>>> Mau beli pick up bekas untuk menunjang keperluan usaha Anda? Mobil ini yang kami rekomendasikan

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa semua mobil Suzuki tahun 2021 sudah dilengkapi APAR?
Ya, semua mobil Suzuki produksi tahun 2021 sudah dilengkapi APAR dari pabriknya
Apakah bisa membeli APAR ini secara terpisah?
Bisa, untuk harganya bisa langsung Anda tanyakan ke bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 dari jurusan Ekonomi Akuntansi. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Pada tahun 2014 ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly - sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan - Editor in Chief Motorplus menugaskan Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. 

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut.

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Education

2009 - 2014: Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009: 54 Senior High School

2003 - 2006: 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018: Content Writer Cintamobil.com

2019: Senior Content Writer Cintamobil.com

2021: Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top