Wow, Biaya Ganti Oli Mobil Termahal di Dunia Bisa Tembus Rp 350 Juta!

23/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil termahal di dunia sudah dipastikan punya banderol harga fantastis. Tak heran kalau biaya perawatan seperti ganti oli bisa tembus Rp 350 juta, wow!

Saat membeli mobil, hal yang tak luput dari pikiran adalah biaya perawatannya. Tak sedikit dari pengendara yang menggali informasi dalam-dalam terkait biaya perawatan suatu model mobil. Kalau mobil yang diproduksi massal, mungkin biaya perawatan juga tak terlampau tinggi. Tapi bagaimana dengan mobil sekelas Bugatti Chiron Pur Sport? 

Bugatti Chiron Pur Sport merupakan salah satu mobil termahal di dunia. Dengan banderolan harga paling rendah Rp 51,2 miliaran, tak perlu heran bila biaya perawatan mobil termahal di dunia juga fantastis. Seorang pria bernama Muhammad Al Qawi Zamani mengungkap besarnya biaya perawatan agar Bugatti Chiron Pur Sport bisa dalam kondisi prima. 

Bugatti Chiron Pur Sport

Mobil ditaksir paling murah punya harga Rp 51,2 miliar

>>> Bugatti Veyron Saja Tak Bisa Kalahkan Mobil Kecil Ini di Sirkuit

Biaya Perawatan Mobil Termahal di Dunia

Mengutip Paultan, Qawi mendapatkan rincian biaya perawatan tersebut di sela-sela kunjungannya ke Bugatti Singapura yang merupakan dealer resmi mobil Prancis itu di kawasan ASEAN dan dioperasikan oleh Wearnes Automotive. 

Perlu diketahui, seluruh dealer Bugatti di dunia tak menerima transaksi dengan kurs lokal melainkan menggunakan mata uang Euro. Qawi sendiri sudah mengkonversikan sejumlah biaya perawatan tersebut ke mata uang ringgit termasuk waktu perkerjaan yang dibutuhkan. 

Pembahasan berlanjut ke intinya, yakni besar biaya perawatan. Untuk mengganti cairan pada Chiron Pur Sport bermesin W16 quad-turbo 8.0 liter, Qawi mencatat konsumen akan dikenakan biaya 104.613 ringgit atau kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini (Rp 3.402) maka biayanya adalah Rp 353 jutaan. 

Pergantian cairan ini dilakukan setiap 14 bulan sekali atau bila mencapai 16.000 km. Cairan yang dimaksud antara lain oli Castrol Edge dengan Fluid Titaniun Technology (SAE 10W-60), filter oli, cairan pendingin, dan 16 tutup pembuangan. 

Bugatti Chiron Pur Sport

Komponen Chiron Pur Sport punya biaya fantastis. Foto: Facebook Muhammad Al Qawi Zamani

Servis dengan interval 14 bulan atau 16.000 km juga berlaku pada bagian ban. Biaya penggantiannya mencapai 209.225 ringgit atau setara Rp 711 jutaan. Biaya itu di luar perhitungan masa pakai ban yakni antara 16 dan 18 bulan atau bisa lebih cepat bila mobil sering digunakan. Ban Bugatti Chiron Pur Sport ini menggunakan ukuran 285/30R20 di bagian depan sementara di belakang 355/25R21. 

Kemudian beralih ke bagian rem. Rotor depan berukuran 420mm sepasang punya harga 209.230 ringgit. Lalu ada juga brake pad untuk delapan piston titanium kaliper yang harganya 37.661 ringgit. Biaya tak murah lainnya harus dibayar untuk penggantian minyak rem, pembersihan komponen, dan sejumlah komponen harus diganti sebesar 246.886 ringgit. 

Bugatti Chiron Pur Sport

Memang mobil diperuntukan bagi kalangan tertentu

Tiap komponen dalam Bugatti Chiron Pur Sport punya masa pakai yang berbeda-beda. Untuk Garret turbo, tangki bensin, pendingin udara masa pakainya lebih lama yakni antara 42 dan 48 bulan. Harganya pun bervariasi mulai dari 92.059 ringgit untuk pendingin saluran udara, Garret turbo 108.797 ringgit, dan tangki bahan bakar 184.118 ringgit. 

Ada juga biaya lain yang dibagikan Qawi seperti kaca depan (251.070) ringgit, karet wiper (15.902 ringgit), dan biaya tune up sebesar 119.677 ringgit. Biaya catnya pun cukup menguras kantong yakni 230.963 ringgit dan direkomendasikan untuk mencuci mobil pakai tangan. 

>>> Kisah Bugatti Chiron Super Sport, Mobil Sport Terkencang di Dunia!

Di Global Teknisi Bugatti Hanya Ada 10 Orang

Qawi kemudian merangkum, secara keseluruhan biaya perawatan Bugatti Chiron Pur Sport yang berusia di atas empat tahun bisa mencapai 1,612 juta ringgit atau kalau dirupiahkan mencapai Rp 5,3 miliar. Wow! Biaya tersebut di luar pajak, biaya jasa tenaga kerja, perjanjian, pengangkutan udara, dan perjalanan. 

Bagi kolektor mobil yang lebih memilih untuk memarkir kendaraannya di satu tempat saja, maka biaya perawatan selama 14 bulan berada di kisaran 439.373 ringgit atau setara Rp 1,49 miliar. Dari berbagai pengalaman para pemilik biasanya mereka bisa mendapatkan diskon hingga 30% untuk biaya jasa. Sebagai tambahan, para pemilik Bugatti akan mendapatkan garansi selama empat tahun tanpa batasan jarak dan terdapat pilihan untuk memperpanjang hingga 12 tahun. 

Hal lain yang tak kalah penting adalah tim perawatan Bugatti global hanya berisikan 10 orang atau lebih dikenal dengan sapaan 'flying doctor'. Mereka amat terlatih dan bisa dihubungi 24 jam penuh serta mendapat pemberitahuan bila ada permasalahan dari sistem telemetri mobil.  

>>> Wow! Butuh 65.000 Jam Kerjakan Bugatti La Voiture Noire

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top