Bugatti Veyron Saja Tak Bisa Kalahkan Mobil Kecil Ini di Sirkuit

10/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Percaya atau tidak, Audi RS3 Sedan yang belum lama ini memecahkan rekor lap Nurburgring untuk mobil kecil tak akan bisa dikalahkan walau dengan Bugatti Veyron.

Siapa yang mengira bahwa mobil kecil dengan mesin 2.500 cc dapat mengelilingi sirkuit Nurburgring Nordschleife dalam waktu 7 menit 40,748 detik? Itu yang dilakukan oleh Audi RS3 Sedan bahkan sebelum diluncurkan secara resmi.

Gambar Audi RS3 Sedan

Percaya atau tidak, mobil ini bisa menyamai waktu lap Bugatti Veyron?

Catatan waktu tersebut mengalahkan Renault Megane R.S. Trophy R yang menjadi pemegang gelar mobil kecil massal tercepat di Nurburgring sebelumnya. Memang, jika dibanding Porsche 911 GT2 RS Manthey yang mencatat waktu 6 menit 43,616 detik, pencapaian tersebut terlihat biasa saja.

Tetapi, mobil kecil ini terbukti lebih cepat dari mobil-mobil lain (bahkan supercar) yang dianggap secara umum lebih kencang dari sang Audi RS3. Bahkan, Bugatti Veyron sekalipun tak bisa mengunggulinya.

>>> Audi RS3 Terbaru Pecahkan Rekor Lap Nurburgring untuk Mobil Kecil

Gambar Audi RS3 Sedan

Catatan waktu Audi RS3 Sedan

Deretan Mobil Kencang Yang Dikalahkan Audi RS3

1. Bugatti Veyron

Bugatti Veyron yang dahulu dianggap secara umum sebagai mobil produksi tercepat di dunia, mencatatkan waktu yang serupa dengan Audi RS3 Sedan, yaitu 7 menit 40 detik. Artinya, Veyron masih tetap tidak bisa mengungguli mobil kecil ini.

Gambar Bugatti Veyron

Bahkan dengan mesin 16-silinder 8,0 liter dan 4 turbocharger, Bugatti Veyron tak bisa mengungguli RS3 Sedan di Nurburgring

Meski tidak akan ada yang mengklaim bahwa sirkuit balap adalah habitat alami Veyron, fakta bahwa sedan kompak yang DNA-nya dapat ditemukan di Seat Leon yang biasa dijadikan mobil rental di Eropa dan dapat menyamai mobil tercepat (dan termahal) di dunia adalah sebuah pencapaian.

2. Audi R8 V10

Tak perlu jauh-jauh ke pabrikan lain, bahkan supercar Audi sendiri, R8 V10 tidak bisa mengalahkan catatan waktu dari sang sedan performa. Audi R8 generasi pertama dengan mesin V8 bahkan tidak bisa menembus waktu 8 menit di Nurburgring.

>>> Kisah Bugatti Chiron Super Sport, Mobil Sport Terkencang di Dunia!

Gambar Audi R8 V10

Audi R8 V10 mencatat waktu 7 menit 44 detik

Akhirnya, 2 tahun kemudian mereka kembali dengan mesin V10 bertenaga 525 HP dan mencatatkan waktu 7 menit 44 detik. 4 detik bukanlah jarak yang dekat dalam sebuah balapan.

3. Ferrari 599 GTB

Gambar Ferrari 599 GTB

Mobil ini merupakan pendahulu Ferrari 812 Superfast dan F12

Mobil Grand Tourer dari pabrikan berlogo kuda jingkrak, Ferrari 599 GTB juga dibuat bertekuk lutut oleh Audi RS3 Sedan. Mobil dengan mesin V12 naturally aspirated bertenaga 612 HP ini hanya mampu mencatatkan waktu 7 menit 47 detik. Ya, mobil ini tidak punya kesempatan bahkan untuk melihat lampu belakang dari RS3 di Nurburgring.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top