Tuas Transmisi Mobil Tesla Bakal Dipindah ke Monitor Headunit

26/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Tuas Transmisi Mobil Tesla Bakal Dipindah ke Monitor Headunit
Tuas transmisi mobil Tesla Model X dan Model S facelift akan hadir dalam bentuk yang tidak biasa. Yaitu pengoperasiannya berpindah ke monitor headunit.

Tuas transmisi mobil alias persneling adalah sesuatu yang berfungsi memindahkan posisi gigi dari gearbox. Baik untuk mobil bertransmisi manual maupun transmisi otomatis, pasti punya tuas transmisi.

Namun pada perkembangannya, tuas transmisi diubah bentuknya jadi hanya sekedar tombol-tombol di konsol tengah. Misalnya untuk mobil matik hanya berupa tombol N (Netral), D (Drive), dan R (Mundur). Sementara untuk menaikkan dan menurunkan posisi gigi, ada juga mobil-mobil yang mengaplikasikan paddle shift.

Nah ternyata Tesla melakukan hal yang sama sekali tidak umum. Sebab tuas transmisi Tesla Model S dan Model X terbaru akan menyuguhkan hal yang tak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

>>> Diisukan Tutup, Pabrik Tesla Ternyata Kekurangan Suku Cadang

Bakal Disematkan di Headunit

Tesla Model S facelift

Tesla memang sudah siapkan Model X dan Model S facelift

Alih-alih menggunakan bentuk tuas transmisi mobil yang futuristik sesuai konsep mobil masa depan yang selalu ditonjolkan, Tesla malah menghadirkan mode pengubah posisi gigi yang sangat nyeleneh.

Bagaimana tidak, mobil-mobil Tesla nantinya tidak akan menggunakan tuas transmisi sama sekali. Perangkat ini dipindahkan pada monitor headunit yang dipasang di tengah dasbor. Bahkan Elon Musk menyebut, jika mobil-mobil ciptaannya tak butuh lagi tuas transmisi, sebab sudah mampu membaca apa kebutuhan pengemudi.

"Tidak ada batang transmisi. Mobil mampu menebak arah kemudi berdasarkan rintangan apa yang dilihatnya, konteks, dan peta navigasi. Anda bisa mengoperasikannya dari layar sentuh," tulis keterangan Elon Musk melalui unggahan di Twitter pribadinya.

>>> Mobil Transmisi Manual Masih Dicintai, Ini Sebabnya

Penuh Kontroversi

Tesla Model S Interior

Bentuk setir Tesla Model S terbaru juga tidak bundar

>>> Review Tesla Model S P100D 2020: The Fastest Accelerating Production Car In The World

Selain melalui cuitan Musk di Twitter, sebuah video pun diunggah yang memperlihatkan bagaimana seorang pengemudi yang mempraktekkan cara meggeser tuas transmisi mobil Tesla baik untuk posisi D maupun diganti ke posisi R. Semuanya dilakukan melalui monitor layar sentuh di mobil tersebut dengan cara menggeser logo mobil ke atas dan ke bawah.

Setelah video ini diunggah melalui media sosial Twitter, maka beragam reaksi pun bermunculan. Antara lain bagaimana jika pengoperasian melalui layar sentuh itu gagal, misalnya akibat jari tangan sedang berkeringat? Lalu bagaimana jika ada penumpang yang tidak sengaja mengegser tuas transmisi itu ketika sedang mengubah stasiun radio di headunit?

Nah selain tuas transmisi yang aneh ini, Tesla Model S dan Model X terbaru juga memiliki bentuk kemudi yang tidak biasa. Bahkan kedua model Tesla itu juga tidak memiliki bentuk lampu sein seperti layaknya mobil-mobil lain. Pihak NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) belum memutuskan apakah bentuk setir dan model lampu sein ini sudah sesuai peraturan kendaraan di jalan raya atau tidak.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top