Toyota GR DKR Hilux T1+ Siap Taklukan Reli Dakar 2022

27/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Gazoo Racing melakukan pengetesan terhadap Toyota GR DKR Hilux T1+ yang akan berlaga di Reli Dakar 2022. Mereka bertekad untuk menjadi juara tahun depan.

Menjelang Reli Dakar 2022 yang akan berlangsung di Arab Saudi mulai 2 Januari tahun depan, Tim Toyota Gazoo Racing sedang mempersiapkan 'senjata' untuk mendominasi ajang tersebut.

Mereka akan ikut serta dalam ajang lintas gurun pasir tersebut dengan tim yang berisi empat kru. Seperti Reli Dakar 2021, tim ini akan dipimpin oleh Nasser Al-Attiyah dan navigator Mathieu Baumel.

Selanjutnya, ada Giniel de Villiers yang akan bermitra dengan navigator Dennis Murphy, Henk Lategan dan Brett Cummings, serta Shammer Variawa yang sekarang bermitra dengan navigator Danie Stassen.

Gambar Nasser Al-Attiyah dan Mathieu Baumel

Nasser Al-Attiyah akan kembali ke kokpit Dakar Hilux dengan navigator Mathieu Baumel

Toyota Gazoo Racing akan menurunkan All New Toyota GR DKR Hilux T1+, yang disesuaikan dengan regulasi baru untuk kategori T1.

>>> Toyota Hilux Revo GR Sport 2022, saat Mobil Pekerja Sejati Naik Kasta

Mengusung Mesin Land Cruiser Terbaru

Dengan filosofi Toyota Gazoo Racing, "making ever-better cars", mereka terus menyempurnakan Toyota Hilux mereka yang akan menjadi ujung tombak kampanye mereka dalam menaklukan ganasnya gurun pasir Dakar.

Toyota GR DKR Hilux T1+ terbaru akan berbagi komponen dengan Hilux yang sudah terbukti andal sejak diperkenalkan pada tahun 2018, dan memenangkan balapan pada tahun 2019. Mobil itu akan menampilkan sejumlah peningkatan agar makin kompetitif.

Ban akan menggunakan ukuran 37 inci, naik dari sebelumnya 32 inci. Selain itu, ada peningkatan tapak dari 245 mm menjadi 320 mm. Mobil baru ini juga memiliki travel suspensi yang lebih besar dengan batas yang sebelumnya 280 mm kini ditingkatkan menjadi 350 mm.

Gambar Toyota Dakar Hilux

Toyota Dakar Hilux 2021 (kiri) dan versi 2022 (kanan)

Di bawah kap mesinnya, GR DKR Hilux T1+ mengusung mesin bensin V6 3,5 liter twin-turbo yang dipinjam dari All New Toyota Land Cruiser. Dalam kondisi standar, mesin tersebut menghasilkan tenaga 409 HP pada 5.200 rpm dan torsi 650 Nm dari 2.000 rpm. Namun dalam versi balap, tentu saja angka-angka itu jauh lebih tinggi.

Dengan kesuksesan Toyota Gazoo Racing di ajang WRC (World Rally Championship) dan WEC (World Endurance Championship), mereka berharap bahwa Toyota Hilux ini dapat meraih kemenangan untuk memperlihatkan dominasi Toyota di ajang motorsport.

>>> Toyota Indonesia Siap Bawa Land Cruiser Terbaru Ke Tanah Air

Berharap Mengulangi Kesuksesan di Tahun 2019

'Hanya' mampu finis di urutan kedua pada Reli Dakar 2021, Nasser Al-Attiyah pun berharap kembali menjadi juara bersama Toyota. Sejauh ini, Nasser dan Mathieu sudah menjuarai Reli Andalusia dan Baja Aragon.

Gambar Nasser dan Mathieu

Nasser dan Mathieu berharap mengulangi kesuksesan Toyota Gazoo Racing di tahun 2019

Pasangan yang memenangkan Kejuaraan Dunia Reli Lintas Negara tiga kali berturut-turut tersebut bertekad untuk menambah kemenangan Dakar yang keempat ke resume mereka pada tahun 2022.

Sementara itu, pasangan Giniel dan Dennis telah berkompetisi di Reli Lintas Afrika Selatan sebagai ajang uji coba pengembangan Toyota Dakar Hilux. Sejauh ini, mereka memimpin klasemen setelah memenangkan tiga dari tujuh ronde seri tersebut.

Pasangan Henk dan Brett tak mampu menyelesaikan Reli Dakar 2021, mereka berniat untuk unjuk gigi dengan mobil prototipe baru ini. Begitu pula dengan duo Shameer dan Danie yang akan mengikuti Reli Dakar kedua mereka.

>>> Deretan Armada Toyota Gazoo Racing

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top