Toyota Indonesia Siap Bawa Land Cruiser Terbaru Ke Tanah Air

17/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Beberapa waktu yang lalu, Toyota Land Cruiser 300 Series Resmi Diluncurkan Secara Global. PT Toyota Astra Motor nyatakan keinginan memboyong SUV ini ke Indonesia.

Toyota Motor Company memperkenalkan Land Cruiser 300 Series lewat World Premiere yang diselenggarakan pada 9 Juni 2021. SUV dengan warisan panjang ini diperbaharui dengan desain segar serta platform baru untuk meningkatkan kemampuan menjelajah medan off-road maupun jalan aspal.

Gambar Land Cruiser 200 Series

Land Cruiser 200 Series usianya memang sudah cukup panjang

Dalam acara Toyota Virtual Media Gathering 2021 yang digelar hari ini (17/06), PT Toyota Astra Motor (TAM) mengkonfirmasi kedatangan Land Cruiser terbaru ke Indonesia. "Untuk saat ini kami belum bisa jawab (kapan), tetapi memang ada rencana untuk memperkenalkan mobil ini ke pasar Indonesia," ungkap Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT TAM.

Gambar tampilan belakang Land Cruiser 300 Series

Land Cruiser terbaru ini siap mengaspal ke Indonesia

SUV ini sendiri terakhir kali diperbaharui di tahun 2007 lewat 200 Series, penggemar setia Land Cruiser di Indonesia tentu sudah lama menanti kehadiran generasi terbarunya. "Kami tahu penggemar Land Cruiser di Indonesia memang banyak dan demand mobil untuk mobil ini cukup tinggi. Jadi ditunggu saja," tambah Anton.

>>> Toyota Land Cruiser 2021 Usung Platform Baru, Jadi Lebih Ringan

Tampilan Land Cruiser 300 Series

Secara tampilan, Land Cruiser terbaru sebenarnya tidak banyak berubah dibanding generasi sebelumnya. Paling terlihat adalah fascia depan dengan grille yang lebih besar dengan jalur udara di bumper berbentuk U-Shape.

Gambar Land Cruiser 300 Series

Tampilan khas Land Cruiser dipertahankan dengan beberapa penyegaran

Bentuk lampu depan juga terlihat lebih pipih dibanding Land Cruiser 200 Series dengan desain Daytime Running Light yang mengelilingi lampu utama. Beralih ke belakang, yang paling terlihat berbeda adalah lampu kombinasinya. Bentuknya lebih pipih, seperti desain lampu mobil Toyota generasi terbru lainnya. Tampak samping masih khas Land Cruiser, namun bagian fender terlihat lebih berotot yang membuat tampilan SUV ini lebih macho.

>>> Toyota Raize 1.2 Resmi Diluncurkan, Lebih Murah Rp 17 Juta Dari Versi Turbo

Mesin Baru Land Cruiser

Land Cruiser 300 Series dibekali dengan mesin dan transmisi baru yang dirancang untuk meningkatkan performa di jalan raya maupun di medan off-road terberat. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan dapur pacu, yaitu mesin V6 3.5 liter twin-turbo bensin berkode V35A-FTS yang menghasilkan tenaga 415 HP dengan torsi 650 Nm, dan mesin V6 3.3 liter twin-turbo diesel berkode F33A-FTV dengan tenaga 309 HP dan torsi 700 Nm.

Gambar mesin Land Cruiser 200 Series

Land Cruiser terbaru tak lagi menggunakan mesin V8

Keduanya dibekali dengan transmisi otomatis 10-percepatan yang menyalurkan tenaga tersebut ke semua roda (AWD). Pihak Toyota masih belum memberi detail harga saat peluncurannya, namun kabarnya mobil ini ditawarkan di kisaran $97000 atau Rp 1.4 miliar di pasar Amerika Serikat. Berapa harganya saat masuk ke Indonesia ya?

>>> Tekanan Ban Terlalu Rendah Lebih Berbahaya Dari Terlalu Tinggi, Ini Alasannya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top