Toyota Hilux Revo GR Sport 2022, saat Mobil Pekerja Sejati Naik Kasta

27/08/2021

Mobil baru

3 menit

Toyota Hilux Revo GR Sport 2022 adalah produk terbaru yang tampil dengan berbagai penyempurnaan penampilan pada sektor eksterior, interior dan kaki-kaki

Semua tahu betul kalau Toyota Hilux adalah mobil kuda beban sejati alias mobil pekerja sejati. Karena itu, kendaraan niaga berbentuk mobil pick-up ini tidak butuh tampilan modis. Namun demikian, selalu ada sekelompok kecil konsumen yang butuh narsis bersama mobil andalannya, termasuk pick-up. Dan segmen inilah yang dibidik dengan tepat oleh Toyota Thailand yang baru saja merilis Toyota Hilux Revo GR Sport 2022.  

>>> Fitur Ini Mempermudah Toyota Hilux Facelift saat Diajak Off-Road

Lama dan Baru

gambar toyota hilux

Toyota Hilux GR Sport muncul perdana tahun 2019 untuk  pasar Afrika Selatan, Brazil dan Thailand 

Sejujurnya, Toyota Hilux GR Sport sudah hadir pada tahun 2018 sebagai model limited edition tahun 2019 untuk pasar Afrika Selatan, Brazil dan Thailand. Sedangkan Toyota Hilux GR Sport 2022 yang dipasarkan di Thailand adalah versi terbaru dengan platform Toyota Hilux versi facelift tahun 2020 dan mesin turbo diesel yang lebih bertenaga. Selain itu, mobil pekerja hasil produksi negeri gajah putih ini tersedia dalam beragam varian sesuai kebutuhan konsumen.  

gambar toyota hilux

 Toyota Hilux versi facelift tahun 2020 yang menjadi bahan baku Toyota Hilux GR Sport terbaru   

Bicara soal “bahan baku”, Toyota Hilux GR Sport 2022 Thailand adalah Toyota Hilux generasi ke-delapan yang debut perdana tahun 2015. Hingga tahun 2021, Toyota Hilux gen-8 sudah menjalani dua kali penyegaran (tahun 2017 dan tahun 2020). Dan update terkini adalah instalasi mesin 1GD-FTV 2,8 liter turbo diesel versi terbaru (201 hp 500 Nm) yang bertenaga dan efisien serta dipadankan dengan transmisi otomatis 6-speed. 

Dua Varian

gambar toyota hilux

Dua pilihan varian Toyota Hilux Revo GR Sport 2022

Toyota Thailand menjajakan Toyota Hilux Revo GR Sport 2022 dengan pilihan varian  high-rider dan low-rider yang sama-sama didukung mesin 1GD 2,8 liter. Perbedaan keduanya terletak pada suspensi, body kit, kelengkapan, dan drivetrain. Kedua varian dibekali rem cakram depan dan rem tromol belakang. 

Low Rider

gambar toyota hilux

Varian low rider untuk pemakaian dalam kota  

Varian  low-rider tampil dengan sporty body kit yang mencakup  aerodynamic extension pada fascia depan,  side skirt dan diffuser belakang. Tambahan lainnya meliputi grille surround sewarna bodi, glossy black finish untuk  faux intake dan decal beraura sporty. Sesuai namanya,  varian low rider menganut sistem gerak 2WD (RWD). 

Sebagai pick-up penjelajah kota, varian  low-rider dilengkapi suspensi yang lebih sederhana dan lebih rendah 23 mm serta velg 17 inci agar pengendalian di jalan aspal lebih mantap. Secara proporsi, velg 17 inci terlihat kekecilan dan mungkin ditambah spacer agak “serasi” dengan fender yang terkesan berotot. Tersedia tiga pilihan warna bodi—putih, merah dan hitam.

High Rider 

gambar toyota hilux

Varian high rider untuk memanjakan para penggaruk tanah 

Sedangkan varian high rider hadir sebagai offroader tangguh melalui ground clearance tinggi, velg 18 inci, suspensi kuat, sistem 4WD dan differential lock (pengunci diferensial) belakang. Terkait suspensi, varian high rider dipersenjatai kaki-kaki versi reinforced SuperFlex Suspension (double wishbone, per keong dan stabilizer bar untuk suspensi depan dan  lima lembar per daun untuk suspensi belakang)  plus monotube shock absorber. 

Dari segi eksterior, varian high ride tampil dengan  body kit yang lebih maskulin. Pada fascia depan terdapat  grille besar dengan emblem Toyota dan GR Sport, lalu bemper terbaru yang terintegrasi bersama lampu kabut dan underbody protection. Untuk bagian samping bodi terpasang over fender dan  side step yang membantu akses masuk keluar kabin. Tidak lupa kepet lumpur (mud guard),  sports bar di bak belakang dan  stiker berwarna pada pintu serta tailgate.

Kabin 

gambar toyota hilux

Aura sporty mewarnai Toyota Hilux Revo GR Sport terbaru 

Masuk kabin, paduan  black suede dan faux leather upholstery dengan jahitan merah serta  sport seat berlogo GR Sport menjadi nilai jual varian  high-riding. Termasuk juga pedal set  aluminium,  red mark pada kemudi dan emblem  GR  untuk panel  the instrumen cluster dan  start-stop button. Sementara sektor hiburan dibekali layar sentuh 8 inci. Khusus untuk varian  high-riding mendapatkan  tujuh  airbag,  sistem ADAS yang tergabung dan  Toyota Safety Sense. 

Harga 

Di negeri gajah putih, Toyota Hilux Revo GR Sport dibanderol  mulai dari Baht 889.000 (setara Rp 400-an juta, varian  low-rider) dan Baht 1.299.000  (setara Rp 585-an juta, varian high-rider). Belum jelas apakah Toyota Thailand akan mengekspor Toyota Hilux GR Sport ini untuk pasar global. Namun sangat boleh jadi, varian high rider (4WD) menjadi kandidat utama untuk ekspor.  O iya, beredar gosip kalau Toyota sedang menimbang peluang pasar Toyota GR Hilux yang memiliki kasta paling tinggi alias top of the line di atas Toyota Hilux GR Sport dan menawarkan performa dahsyat.  

>>> First Drive Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020: Toyota Hilux Facelift yang Makin Tampan

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top