Deretan Armada Toyota Gazoo Racing

17/09/2021

Pasar mobil

5 menit

Toyota Gazoo Racing bukan hanya piawai membuat mobil kompeitisi berbasis balap, juga menyediakan mobil standar untuk pemakaian harian dengan performa tinggi

Seiring kebijakan Toyota Motor Corporation (TMC) untuk fokus pada setiap kegiatan, maka semua aktivitas motorsport disatukan dalam Toyota Gazoo Racing (TGR). Berdiri secara resmi pada April 2015, Toyota Gazoo Racing menjadi divisi khusus yang mengelola kegiatan motorsport raksasa otomotif Jepang itu. Selama ini, kiprah Toyota di sirkuit berjalan secara independen melalui bendera Gazoo Racing, Toyota Racing dan Lexus Racing sehingga dibutuhkan manajemen bersama yang efisien dan efektif.  

>>> Toyota Gazoo Racing Ternyata Punya 4 Kasta

Misi Khusus

gambar tgr

Matang dalam event motorsport dan matang dalam bisnis global 

Selain mengelola kegiatan motorsport, Toyota Gazoo Racing juga punya misi khusus pengembangan performa mobil dan peningkatan kualitas SDM dalam program motorsport. Pengalaman Toyota dalam arena motorsport sangat berguna saat mengembangkan mobil baru. Makanya kini bisnis Toyota Gazoo Racing semakin berkembang,  selain membuat  mobil balap juga memproduksi mobil dengan  line-up tersendiri yang memakai nama merek GR (Gazoo Racing). 
 
Saat ini, keluarga besar Toyota Gazoo Racing terdiri atas produk Toyota GR dan Toyota GR Sport. Kategori mobil tersebut berdasarkan permintaan pasar. Jadi konsumen dapat memilih produk TGR  yang paling sesuai dengan kebutuhan, ingin 'the real sports car' atau  ingin sekadar mobil berpenampilan sporty.  

Toyota GR

gambar toyota gr

Filosofi reverse engineering dari ajang motorsport ke dunia sehari-hari   

Secara teknis, Toyota GR mengikuti pola pengembangan produk dengan metode reverse engineering yang berasal dari pengalaman panjang Toyota dalam event motorsport seperti race and rally. Tersedia tiga model Toyota GR yang terdiri atas Toyota GR 86, Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris.  

Toyota GR 86 

gambar toyota gr 86

 Toyota GR 86, saling berbagi platform dengan Subaru BRZ  

Toyota GR 86 yang dirilis akhir tahun 2021 adalah model ketiga dalam keluarga besar Toyota Gazoo Racing seri GR setelah GR Supra (2019) dan GR Yaris (2020). GR 86 dipasarkan secara global, serupa dengan GR Supra. GR 86 memakai I-4 silinder 2,4 liter D-4S NA 232 hp 250 Nm dan transmisi 6-speed (manual atau otomatis) serta akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,3 detik. Redline mesin dibatasi hingga 7.400 rpm.   

Toyota GR Yaris 

 gambar toyota gr yaris

Toyota GR Yaris, laris manis di Indonesia sehingga  konsumen harus diundi  

Toyota GR merilis Toyota GR Yaris pada tahun 2020 untuk pasar Jepang, Eropa,  Australia, Selandia Baru,  Afrika Selatan, Thailand, Malaysia, Indonesia, Philippines, Mexico, Argentina, dan Taiwan. Untuk seluruh pasar tersebut,  kuota Toyota GR Yaris mencapai 25.000 unit sedangkan Indonesia kebagian jatah 126 unit. Harga Rp 750 juta (Indonesia) sepadan dengan  mesin 1,6 liter turbo, sistem gerak all wheel drive “GR-FOUR”, full development oleh Toyota Gazoo Racing dan nilai eksklusif.    

Toyota GR Supra

gambar toyota gr supra

Toyota GR Supra, saling berbagi platform dengan BMW Z4 

Produk perdana dengan sistem penamaan = Toyota GR + nama mobil dimulai oleh Toyota GR Supra yang dirilis tahun 2019 untuk pasar global. Memakai platform BMW Z4 dan mesin  I-6 2.998 cc 382 hp dan 500 Nm serta transmisi otomatis 8-speed, sports car ini menjanjikan pengalaman mengemudi yang mengasyikkan. O iya, salah satu Toyota GR Supra produksi perdana (VIN 20201, produksi ke-1 tahun 2020) dilelang untuk amal dengan nilai US$ 2,1 juta di Amerika Serikat.  

Toyota GR Sport   

gambar toyota gr sport

Ilustrasi beberapa model Toyota GR Sport yang dipasarkan di Indonesia 

Setingkat di bawah line-up Toyota GR + nama (GR 86, GR Supra, GR Yaris) terdapat  Toyota GR Sport. Pada dasarnya, Toyota GR Sport bukan dikembangkan sebagai “bespoke model”. Sebab, bahan dasar untuk Toyota GR Sport berasal dari mobil versi produksi standar masal yang ditingkatkan penampilannya atau performanya. Komsumen tinggal memilih ingin mobil bergaya sporty atau mobil dengan sensasi mengemudi sports car. Berikut paparan untuk line-up Toyota GR Sport.     

Toyota Agya GR Sport  

gambar agya gr sport

Toyota Agya GR Sport 2021 

Toyota Agya GR Sport dipasarkan mulai Agustus 2021    di Indonesia sebagai pengganti Toyota Agya  TRD S  

Toyota Avanza Veloz GR Limited

gambar veloz gr sport

Diproduksi dalam jumlah terbatas sehingga eksklusif

Toyota Avanza Veloz GR Limited diluncurkan oleh PT Toyota-Astra Motor pada Agustus 2021  sebagai pengganti varian Veloz. Tampil dengan body kit  GR meliputi black mirror cover, black-painted alloy wheel, aerokit dengan emblem  GR (depan belakang). Diproduksi sebanyak 3.700 unit

Toyota Camry GR Sport

gambar camry gr sport

Penampilan dan performa bersatu optimal  

Toyota Camry GR Sport keluaran 2021 bukan hanya menjual penampilan, juga disertai performance damper buatan Yamaha untuk menghasilkan kenyamanan optimal bagi pngemudi dan para penumpang sepanjang perjalanan. .  

Toyota Copen GR Sport    

gambar copen gr sport

Produk kembar sehingga pakai logo Copen, bukan logo merek  

Toyota Copen GR Sport dijual mulai Oktober  2019 di Jepang dan tampil dengan  logo 'C' (Copen),  velg BBS, kemudi  Momo dan suspension sport untuk meningkatkan  body rigidity.  

Toyota Corolla/Corolla Altis GR Sport    

gambar corolla gr sport

Toyota Corolla/Corolla Altis GR Sport ditawarkan untuk kawasan pasar tertentu 

Toyota Corolla/Corolla Altis GR Sport tersedia mulai tahun 2019 untuk pasar yang relatif terbatas (Eropa,  Thailand, Taiwan, Brazil, Argentina) In 2021, Dari segi eksterior, Toyota Corolla/Corolla Altis  GR-Sport tampil dengan   grille besar, lampu kabut bulat, air inlet samping, panel hitam yang lebih besar, velg  17 inci  dual-tone. Untuk kaki-kaki ada tambahan  suspensi GR Sport berupa stabilizer depan belakang lebih besar sehingga lebih stabil dan mereduksi  body roll

Toyota Corolla Cross GR Sport    

gamar corolla cross gr s

Saat ini baru tersedia untuk pasar Taiwan 

Toyota Corolla Cross GR Sport meluncur perdana di Taiwan pada tahun 2021  dengan body kit eksklusif ditambah grille honeycomb  beraksen obsidian. Pada sektor mekanikal terdapat  suspensi berkarakter sport, penguat  sasis dan pengaturan ulang  pada sistem Electronic Power Steering. Tidak lupa  fitur Toyota Safety Sense 2.0 mencakup  Adaptive Cruise Control, Lane Tracing Assist, Pre-Collision System, dan Automatic High Beam.  

Toyota C-HR GR Sport    

gambar toyota c-hr

Toyota C-HR GR Sport, dipasarkan di Jepang, Eropa dan Australia  

Crossover versi GR Sport yang beredar mulai tahun 2019 untuk pasar  Jepang, Eropa dan  Australia ini tampil dengan body kit yang  agresif melalui  splitter dan diffuser. Selain itu, bagian eksterior didominasi warna hitam seperti grille, spoiler belakang, atap, spion, cover lampu kabut, dan bumper depan belakang.

Toyota Fortuner GR Sport    

gambar  fortuner gr-s

 Indonesia dan Thailand menjadi pasar utama Fortuner GR-Sport 

Kehadiran Fortuner GR-Sport mulai Agustus 2021 di Indonesia menandai perubahan posisi produk sebagai pengganti varian TRD Sportive. Pada fascia depan, varian ini  dilengkapi bemper spoiler baru dan lampu depan LED. Tidak ketinggalan fitur  Power Back Door untuk membuka pintu belakang dengan gerakan kaki dan auto AC dual zone.  


Toyota Hilux GR Sport  

gambar toyota hilux 

Toyota Hilux GR-Sport bagi para penggemar pick-up dengan penampilan dan performa sport

Afrika Selatan, Amerika Selatan dan Thailand menjadi pasar utama yang disasar oleh Toyota HIlux GR-Sport. Dirilis mulai tahun 2019, pick-up legendaris ini tampil dengan sentuhan body kit yang mengoptimalkan aspek aerodinamika disertai suspensi dengan shock absorber jenis monotube untuk memaksimalkan stabilitas pengendalian. 

Toyota Land Cruiser GR Sport 

gambar land cruiser

Kurang puas dengan varian standar? PIlih varian GR Sport 

Toyota Land Cruiser GR Sport dipasarkan mulai 2021 di Jepang, Timur Tengah, Afrika Selatan dan Australia. Dimensinya lebih pendek  5 mm dibanding model  standar namun lebih banyak penguat untuk mendongkrak structural rigidity. Varian  GR Sport juga dibekali pengunci diferensial depan, belakang dan tengah (fitur standar). O iya, juga ditawarkan sebagai versi 5 seater.  

Toyota Noah/Voxy GR Sport    

gambar toyota voxy

Khusus diproduksi untuk pasar Jepang (JDM) 

Toyota Motor Corporation (TMC) merilis  Toyota Voxy GR Sport pada tahun 2017. Memakai basis Toyota Voxy G dengan sentuhan  GR Sport berupa  body kit hitam merah. Tambahan lainnya mencakup  rem cakram  kreasi GR Sport dan  suspensi  versi GR Sport. Dengan demikian aura sport semakin kental tanpa mengorbankan kenyamanan.   

Toyota Prius PHV GR Sport    

gambar toyota prius

Hadir mulai tahun 2017 dan hanya dipasarkan untuk Jepang (JDM)

Bemper  dengan hitungan aspek aerodinamika  dan aksen warna  piano black  membuat tampilan semakin sporty. Penerapan suspensi sport dan ban tipis menghasilkan ground clearance lebih rendah 13 mm dibanding versi  normal. Tidak lupa pemasangan 3 unit underbody brace menjamin rigiditas sasis sehingga mantap saat  bermanuver 

Toyota Raize GR Sport    

gambar raize

Tersedia mulai tahun 2021 untuk pasar Indonesia

Di Indonesia,  Toyota Raize GR Sport tampil dengan mesin 1.0-litre 1KR-VET dan transmisi CVT  serta fitur Toyota Safety Sense sebagai perangkat opsional yang bisa dipilih oleh konsumen.  

Toyota Rush GR Sport    

gambar rush gr s

Memenuhi minat konsumen pada kendaraan dengan karakter sporty yang kental .

Toyota Rush GR Sport hadir mulai Agustus 2021 menggantikan varian TRD Sportivo selaku  varian tertinggi  Toyota Rush. Tampilan eksterior dilengkapi bemper depan belakang, silver side body molding, logo GR emblem dan velg alloy 17 inci. Tambahan lainnya adalah  smart start/stop engine button dan digital AC display pada konsol tengah.

Toyota Vios GR-S       
 

gambar vios

Dipasarkan di kawasan Malaysia, Vietnam, Philippines

Hadir perdana tahun 2021,  Vios GR Sport adalah kreasi lokal Malaysia dengan  logo  "10-speed CVT", suspensi sport yang memadukan  "handling and comfort", velg  17 inci warna hitam, ban  205/45 R17. Pada sektor eksterior terdapat  aerokit dengan bemper depan serupa milik Toyota GR Yaris, bemper belakang dengan  diffuser,  spoiler belakang warna hitam, side skirt dan  warna hitam untuk handle pintu serta kaca spion.  

Toyota Yaris GR Sport (XP150)    

gambar yaris grs

Varian standar Yaris dengan sentuhan Toyota Gazoo Racing  

Toyota Yaris Gazoo Racing Sport hadir Agustus 2021 menawarkan aura sport Toyota Gazoo Racing melalui bemper spoiler depan berwarna hitam, side skirt dan bemper belakang dengan diffuser. Lalu  bagian bawah pintu belakang ada  sticker  GR Sport model blok. dan  emblem GR Sport di pintu bagasi belakang.

 >>> Toyota Beri Sentuhan Gazoo Racing ke Yaris Cross

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top