Rolls Royce Rayakan 110 Tahun Simbol Spirit of Ecstasy

08/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Spirit of Ecstasy yang menjadi lambang ikonik dari Rolls Royce ternyata sudah memasuki usia 110 tahun sejak pertama kali dipahat oleh pematung terkenal lebih dari seabad silam.

Spirit of Ecstasy yang menjadi simbol kemewahan dari Rolls Royce, tepat di bulan ini memasuki usia yang ke 110. Punya sederet filosofis bersejarah, lambang yang kini ada disemua mobil Rolls Royce tersebut menjadi satu dari sejumlah lambang ikonik diseluruh dunia.

"Sebagai sebuah lambang, Spirit of Ecstasy mewakili lebih dari sekedar perusahaan dan produk kita. Bagi pelanggan kami, dia adalah simbol yang kuat, dan diakui secara universal sebagai lambang kesuksesan, usaha keras, pencapaian dan kedudukan," ucap Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars melalui keteranga tertulisnya, Senin (08/02/2021).

>>> Uni Eropa Larang Simbol yang Bisa Menyala Milik Rolls-Royce

Hasil Seniman Patung Terkenal

Lambang Rolls Royce Spirit of Ecstacy

Dipahat oleh pematung terkenal lebih dari seabad yang lalu

Lambang khas Rolls Royce ini dibuat berdasarkan patung perunggu "Whisper". Patung ini merupakan hasil pemahat dan ilustrator Charles Sykes yang saat itu dibuat untuk Lord Montagu dari Beaulieu, Inggris. Ia adalah satu tokoh otomotif dan penggila Rolls Royce pada masanya.

Desain hasil pematung ini pun menjelma menjadi sebuah hasil kekayaan intelektual yang didaftarkan oleh Rolls Royce sejak 6 Februari 1911. Sampai kini, nyaris tidak ada perubahan pada lambang kejayaan pabrikan yang berpusat di Goodwood, Sussex, Inggris itu.

"Di dalam perusahaan kami, Spirit of Ecstasy menumbuhkan kebanggaan dan semangat untuk menyatukan dan memberdayakan keluarga Rolls-Royce di seluruh dunia. Dia mengingatkan kita tentang warisan dan prinsip kita, dan kebesaran yang menginspirasi dalam diri kita semua," lanjut Torsten.

>>> Mengenal Sejarah dan Arti Logo Honda Mobil

Sampai Kini Masih Menempel di Setiap Ujung Kap Mesin Rolls Royce

Logo Rolls Royce

Lambang ini sekarang bisa naik turun otomatis

>>> Review Rolls-Royce Ghost 2020: Elegan Nan Minimalis ala Rolls-Royce

Patung-patung simbol yang pertama berdiri setinggi tujuh inci (18cm). Namun hari ini lambang tersebut lebih kecil tiga inci (9.5cm). Dia disimpan dengan aman dari pandangan di dalam wadah khusus di kap mesin sampai mesin menyala. Jadi lambang ikonik ini baru akan naik ke panggung mobil dengan mulus dan anggun saat mesin mulai diaktifkan melalui mekanisme yang dirancang secara tepat yang dikenal sebagai 'the rise'.

"Setiap mobil yang kami buat harus layak menyandang sebuah warisan sejaran Rolls Royce, karena dialah yang membuat setiap Rolls-Royce unik," tutup Torsten.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top