Mengenal Sejarah dan Arti Logo Honda Mobil

12/10/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Mengenal Sejarah dan Arti Logo Honda Mobil
Arti logo Honda mobil ternyata memiliki filosofis yang tidak kalah hebatnya dengan logo sepeda motor Honda. Bahkan logo ini hampir tak pernah berganti sejak pertama kali diperkenalkan.

Honda merupakan produsen mobil asal Jepang yang begitu tenar. Uniknya, tidak seperti produsen mobil lain, Honda juga memiliki divisi pembuatan sepeda motor. Walau pun keduanya memiliki ruang lingkup pengembangan produk dan pemasaran yang jauh berbeda, namun semua itu diciptakan dari satu orang yang sama.

Adalah Soichiro Honda yang mendirikan Honda Motor Company. Sejak kecil ia memang sudah tertarik dengan semua hal yang berkaitan dengan teknis dan industri. Karenanya Soichiro pun ketika dewasa bekerja sebagai montir. Namun karena terus menerus belajar secara otodidak berkaitan dengan mekanik, Soichiro akhirnya mampu memproduksi cincin piston sendiri. Disinilah awal mula Soichiro mulai membangun perusahaan yang kemudian berkembang menjadi bisnis otomotif sampai akhirnya logo Honda mobil dikenal banyak orang.

>>> Pabrikan Asia Paling Sukses, Simak Sejarah Honda di F1

Logo Mobil Honda yang Berbeda dengan Motor Honda

Logo Honda Mobil dan Honda Motor

Antara divisi sepeda motor dan divisi mobil Honda punya lambang sendiri-sendiri

Ketika Perang Dunia II berlangsung, beberapa pabrik di Jepang dibumihanguskan, termasuk juga pabrik milik Soichrio. Namun pasca perang usai Soichiro kembali mendirikan perusahaan sepeda motor Honda di Hamamatsu, Jepang pada September 1948. Dirinya menggunakan logo seperti sayap yang sedang mengepak untuk sepeda motor yang berhasil diciptakannya. Lambang ini ternyata terinspirasi dari sosok Dewi Nike yang mempunyai sayap besar di punggungnya. Dewi Nike adalah Dewi Kemenangan dan Keberhasilan dalam mitologi Yunani kuno.

Sepeda motor buatan Honda pun sukses besar, dan membuat Soichiro berniat melebarkan perusahaannya untuk memproduksi mobil. Mobil Honda yang pertama kali diciptakan adalah Honda T360 pada tahun 1963. Namun mobil ini tidak memakai logo sayap seperti halnya yang ada di sepeda motor Honda. Tetapi lambang mobil Honda malah berbentuk huruf "H" besar yang kemudian dilekatkan pada bagian kap mesin Honda T360.

Ternyata dari beberapa sumber menyebutkan, kalau perbedaan penggunaan logo Honda mobil dan di sepeda motor Honda agar saling divisi tidak mengganggu jika terjadi kemerosotan selama perjalanannya. Karena saat itu penjualan motor Honda sednag naik daun, dan Soichiro khawatir kemunculan mobil Honda bisa mengganggu penjualan divisi sepeda motornya. Selain itu logo H ini dianggap lebih bergaya Amerika yang kebanyakan produsen mobil di Negeri Paman Sam itu menggunakan inisial merk kendaraannya pada logo yang digunakan. Langkah ini pun membuat mobil Honda juga mudah diterima di pasar Amerika.

>>> Yuk Intip Cara Merawat Logo Emblem Mobil

Arti Logo Honda Mobil yang Tak Pernah Berubah

Logo Mobil Honda

Logo ini hampir tidak pernah berubah desainnya

Lalu apakah logo Honda mobil tidak memiliki filosofis seperti halnya logo pada sepeda motor Honda yang diambil dari filosofi dewi dari Yunani? Ternyata tidak juga. Karena sebenarnya baik untuk divisi sepeda motor maupun mobil, logo Honda tetaplah mengacu pada filosofis sebuah sayap yang mengepak.

Karena jika dilihat sepintas, bentuk huruf H pada lambang mobil Honda mirip dengan dua sayap yang sedang mengepak. Atau ada pula yang mengartikan logo mobil ini seperti gambar kedua tangan manusia yang sedang diangkat tinggi-tinggi. Hal itu disebutkan jika melalui logo tersebut Honda ingin menyampaikan kalau perusahaan berusaha menggapai mimpi-mimpinya.

Kemudian yang menarik untuk diulas adalah arti dari warna logo Honda mobil. Sebab ternyata Honda mobil logo punya tiga kombinasi warna, yaitu perak, merah, dan hitam yang ketiganya punya arti masing-masing. Logo Honda mobil dengan warna perak (silver), maka mencirikan keanggunan, sedangkan logo Honda mobil merah berarti gairah atau semangat, dan logo Honda hitam berarti kecanggihan. Ini sejalan dengan filosofis Honda yang selalu menghadirkan produk berdesain anggun tapi mengundang semangat untuk mengemudikannya, dan semua produk Honda tersebut dibalut teknologi terkini.

Lalu hal lain yang perlu juga Anda ketahui, jika produsen mobil lain melakukan perubahan atau evolusi untuk logo yang mereka gunakan, tetapi tidak dengan Honda. Logo Honda baik di mobil maupun di sepeda motor hampir tidak pernah berubah sejak pertama kali dipakai oleh sang pendiri perusahaan ini, Soichiro Honda. Wah, hebat ya!

>>> Review Honda E-Concept 2019: Bukti Bahwa Mobil Tak Lagi Butuh Bensin

Logo Mobil Honda RS

Logo Honda RS

RS merupakan varian dari beberapa tipe mobil Honda

Mungkin Anda juga pernah melihat beberapa mobil Honda hadir dengan tipe RS. Mulai dari Honda Brio RS, Honda Jazz RS, Honda Mobilio RS, sampai Honda Civic Turbo RS. Lalu apakah arti RS tersebut?

Banyak yang menganggap, jika "RS" pada Honda ini berarti mencirikan tipe Racing Sport. Padahal arti sesungguhnya adalah Road Sailling yang merupakan varian setingkat lebih tinggi dari tipe standar. Karena umumnya tipe RS dari Honda, selain menggunakan logo dengan tambahan "RS", juga dilengkapi bodykit, sideskirt, serta komponen aksesoris lainnya yang bernuansa sporty.

Honda sejatinya punya divisi mobil mewah dan sport khusus yang diberi nama Acura. Awalnya merk ini dipakai sebagai jawaban Honda karena perusahaan otomotif lain menawarkan mobil mewah untuk pasar di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Honda kala itu merasa mobil yang mereka produksi belum sesuai untuk menandingi pabrikan lain di dua negara tersebut. Karenanya Honda merancang mobil dengan kepresisian tingkat tinggi dan menggunakan material berkualitas.

Acura pun tercipta khusus untuk apsar di kedua negara itu. Uniknya, logo mobil Acura tetap senada dengan logo Honda mobil. Yakni berbentuk H, hanya saja dibuat lebih mengerucut karena mencirikan Acura sebagai mobil mewah berperforma tinggi.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Sejarah Honda NSX: Sportscar Jepang Dengan Cita Rasa Italia

02/05/2020

Pasar mobil

10 menit

Selain Nissan Skyline, Mazda RX-7, dan Toyota Supra, ada satu lagi model yang jadi ikon mobil Jepang performa tinggi di era 90-an, yakni Honda NSX. Pingin tahu sejarah lengkapnya? Simak terus di Cintamobil.com

Lihat juga

Punya Nama Besar, Yuk Simak Sejarah Toyota Gazoo Racing

22/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Siapa tak kenal dengan Gazoo Racing? Kini hampir semua car enthusiast mengetahui apa itu Toyota Gazoo Racing, tapi apakah Anda tahu sejarah Toyota Gazoo Racing?

Lihat juga

Die Sonderklasse: Sejarah Mercedes-Benz S-Class dari Masa ke Masa

08/09/2020

Mobil baru

6 menit

Mercedes-Benz S-Class adalah sebuah sedan mewah dengan teknologi dan fitur revolusioner yang belum ada di model lain. Sejarah panjang itu berlanjut di generasi ketujuh, yang baru saja melakukan debut globalnya.

Lihat juga

Sejarah BMW M: Satu Huruf Mendefinisikan Kekuatan

19/07/2020

Pasar mobil

10 menit

Para loyalis BMW mengamini satu hal, M adalah huruf terkuat di dunia. Yap, hal ini ada kaitannya dengan BMW M, divisi khusus yang dibentuk hampir 50 tahun lalu. Bagaimana sepak terjangnya? Simak kisahnya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Sejarah Subaru WRX: Pembuktian Taji Sebuah Sedan Sport Ikonik

28/06/2020

Pasar mobil

9 menit

Berbicara soal Subaru WRX, tentu kita langsung mengasosiasikan sedan satu ini dengan ajang World Rally Championship yang mengerek reputasinya sebagai sedan sport dengan reputasi mentereng di ajang balap.

Lihat juga