Review Rolls-Royce Ghost 2020: Elegan Nan Minimalis ala Rolls-Royce

15/09/2020

Share this post:

Rolls-Royce Ghost 2020

Editor rate:

TBA

Rolls-Royce di Indonesia Lihat promo

Bukan sembarang ‘entry level’, namun Rolls-Royce Ghost 2020 terasa premium nan minimalis serta kelengkapan teknologi baru yang membuatnya semakin nyaman.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Elegan Nan Minimalis ala Rolls-Royce
Review Rolls-Royce Ghost 2020: Elegan Nan Minimalis ala Rolls-Royce
0 Gambar

Pengantar Rolls-Royce Ghost 2020

Mari kita simak spesifikasi Rolls-Royce Ghost 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Image elegan Rolls-Royce

Kabin lapang, kedap, dan nyaman

Berbagai fitur penunjang kepraktisan

Kekurangan

Hanya model entry level di Rolls-Royce

Bodinya bongsor

Konsumsi bahan bakar boros

Banyak mobil baru yang diluncurkan pada awal September 2020, namun tak ada yang bisa mengalahkan nama besar dan kemewahan yang ditawarkan oleh Rolls-Royce Ghost 2020 sebagai sedan premium. Meski hanya berupa ‘entry level’ dari seluruh model Rolls-Royce, tampilannya barunya yang lebih minimalis terasa futuristik namun tetap mewah.

Rolls-Royce Ghost 2009 berwarna hitam
Rolls-Royce Ghost generasi pertama keluaran tahun 2009

Rolls-Royce Ghost merupakan sedan premium berukuran besar yang diperkenalkan pertama kali pada April 2009. Nama Ghost diambil untuk menghormati Silver Ghost, mobil pertama yang diproduksi Rolls-Royce Motors pada tahun 1906. Dibuat lebih kecil dan ditempatkan di bawah Rolls-Royce Phantom, mobil ini memang menyasar pasar yang lebih rendah bagi Rolls-Royce.

Generasi pertama dirancang oleh Andreas Thurner dan dikepalai oleh Helmut Rields menggunakan platform yang sama dengan BMW Seri-7 F01. Rolls-Royce mengakui bahwa 20% suku cadang diambil dari pabrikan Jerman tersebut. Tampilannya mewah dan megah dengan menggunakan sistem infotainment iDrive yang digunakan oleh BMW.

Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna putih
Tampilan terbaru Rolls-Royce Ghost yang baru diperkenalkan

Di generasi kedua ini, tampilannya dibuat lebih kalem dibandingkan generasi sebelumnya. Senada dengan keinginan Rolls-Royce menjadikan Ghost tatanan baru dalam hal kemewahan yang minimalis. Simak perubahan dan kekuatan mobil ini dalam review Rolls-Royce Ghost 2020 di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Rolls-Royce Ghost 2020

Mengejar tampilan ‘Post Opulence” atau “Paska Kemewahan” memang membuat eksterior Rolls-Royce Ghost terasa lebih tenang dibandingkan generasi sebelumnya. Terasa lebih minimalis tanpa aksen chrome yang berlebihan, namun tetap menghadirkan kesan elegan bergaya mewah yang khas dari pabrikan asal Inggris ini.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Eksterior Depan

Ubahan paling signifikan dari kesan mewah generasi terbaru Ghost memperlihatkan ornament Spirit of Ecstasy tidak lagi mengandalkan aksen chrome, tapi hanya lembaran logam yang terletak di ujung kap depan. Eksterior depan lebih halus dengan grille depan dibuat lebih tipis dengan rangka chrome kecil serta tampilan lampu depan baru yang mengingatkan kita pada Rolls-Royce Phantom.

tampilan depan Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna putih
Tampilan depan Rolls-Royce Ghost 2020

Mengimbangi kontur grille yang lebih kecil adalah satu sel illuminator LED yang dipasang pada bagian belakang grille depan, bersinar ke bawah, dan menghadirkan kesan ‘menyala’ pada grille depan. Tampilan yang lebih minimalis ini menjalar dari depan ke belakang, sekaligus menghadirkan tampilan futuristik yang mengesankan.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Eksterior Samping

Sedangkan profil samping Ghost tak banyak berubah. Ada ‘waft line’ yang menghiasi tampilan bawah yang membuatnya tak terlalu polos. Rolls-Royce mengatakan bahwa jendela depan dan belakang memiliki proporsi yang sama. Sedangkan pilar C yang tebal dengan kaca belakang yang dilapisi sangat jelas menunjukkan privasi pada penumpang belakang.

tampilan samping Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna putih
Tampilan samping Rolls-Royce Ghost 2020

Selain desain velg baru, ubahan yang diberikan pada Ghost adalah kehadiran fitur buka dan tutup otomatis pada model suicide doors layaknya model Rolls-Royce lainnya. Hanya dengan menekan tombol pada pintu, maka pintu bisa membuka dan menutup untuk memudahkan akses keluar masuk kendaraan.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna putih
Tampilan belakang Rolls-Royce Ghost 2020

Bagian buritan sedan juga mendapatkan perubahan terbesar dari desain baru Ghost generasi kedua. Garis atap belakang dibuat lebih landai, ubahan pada lampu ekor yang dibuat lebih bersudut, serta penutup bagasi membulat dengan lengkungan yang lembut, terasa layaknya model sedan Phantom yang memesona.

>>> First Impression Rolls Royce Ghost 2015, Mobil Mewah Generasi Kedua dari Ghost


Interior Rolls-Royce Ghost 2020

Interior yang berkualitas tak perlu diragukan lagi. Material soft touch dan kulit premium akan menemani Anda ketika masuk ke dalam kabin. Begitu juga dengan ruang yang lapang serta berbagai teknologi terbaru Rolls-Royce yang ditawarkan dalam mobil ini.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Dashboard

Satu aera penting di mana desainer memberikan kemewahan adalah bagian fascia dashboard. Ketika mobil dimatikan, maka panel akan terlihat seperti trim hitam gloss. Tapi ketika mobil dihidupkan, panel akan menyala dengan kata Ghost yang dikelilingi 850 titik, membuatnya terasa layaknya bintang-bintang yang bertebaran di langit malam.

dashboard Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna hitam
Dashboard Rolls-Royce Ghost 2020

Di tengah, layar infotainment 10,25 inci memberikan kemudahan dalam mengoperasikan berbagai fitur yang ditawarkan dalam mobil ini. Di bawah, ada dua kisi-kisi AC dengan balutan aksen chrome dengan panel beraksen kayu. Mengikuti di bawahnya ada panel AC serta konsol tengah dengan sistem controller rotary dan armrest bagi pengemudi dan penumpang depan.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Setir

setir Rolls-Royce Ghost 2020berwarna hitam
Setir Rolls-Royce Ghost 2020

Setir berbalut kulit juga dilengkapi dengan aksen kayu yang membuat tampilannya terkesan lebih elegan. Begitu juga dengan beberapa tombol multifungsi yang membuat akses terhadap beberapa fitur yang digunakan lebih mudah. Di depan, terdapat kluster instrumen digital, tapi masih dengan tampilan analog yang klasik.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Kursi

Berbeda dengan generasi pertamanya, Rolls-Royce akhirnya memikirkan pengemudi dan penumpang di depan dengan menghadirkan jok yang lebih nyaman. Membuat mobil ini tak hanya nyaman ketika duduk di kursi baris kedua, tetapi juga tak kalah mengesankan ketika dibawa sendiri atau bagi penumpang depan.

kursi Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna putih
Kursi Rolls-Royce Ghost 2020

Ruang kaki dan ruang kepala tetap lapang dengan kenyamanan duduk di kelas VIP. Ditambah dengan fitur yang ditawarkan pada penumpang belakang. Layaknya kabin pesawat, Anda bisa mendapatkan meja yang melekat pada bagian belakang bangku baris pertama. Begitu juga dengan dua layar infotainment yang bisa dinikmati.

>>> Rolls-Royce Ghost 2021 Meluncur dengan Kesan Mewah nan Minimalis

Fitur Rolls-Royce Ghost 2020

Sistem audio bespoke merupakan tambahan kemewahan lainnya yang digunakan pada Ghost. Dengan 18 speaker dan output total hingga 11.300 watt, kabin yang kedap memberikan kenyamanan tersendiri ketika mendengar musik di dalam mobil. Masih ada sistem infotainment iDrive milik BMW dengan layar tengah 10,25 inci bersama touchpad dan controller rotary.

fitur Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna hitam
Fitur Rolls-Royce Ghost 2020

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Illuminated Fascia

Illuminated Fascia Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna hitam
Illuminated Fascia pada Ghost 2020

Salah satu fitur baru yang ditawarkan pada mobil ini adalah “Illuminated Fascia” yang merupakan perpanjangan headliner Starlight yang sudah tersedia pada model Rolls-Royce terbaru. Pengembangan dua tahun dan lebih dari 10.000 jam ini menghadirkan cahaya layaknya bintang dari 152 LED yang dipasang pada panel instrumen pada dashboard di depan bangku penumpang depan.

Review Rolls-Royce Ghost 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Kelengkapannya terasa pada sistem keselamatan yang diberikan pada Ghost. Begitu juga dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Roll Stability Control (RSC) dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Driveline Traction Control. Begitu juga dengan kehadiran Rolls-Royce Assist Emergency yang baru membuatnya semakin aman ketika dibawa di jalanan.

>>> 7 Fitur Rolls-Royce Ghost Bikin Berkendara Serasa di Atas Karpet Terbang

 

Operasi Rolls-Royce Ghost 2020

Meskipun tampilan interior dan eksterior mendapatkan berbagai peningkatan tampilan, hanya saja mesin yang digunakan masih sama secara mekanis. Masih ditenagai oleh unit V12 6.8L yang mampu menawarkan hingga 571 PS serta torsi maksimal 850 Nm, lebih bertenaga dibandingkan V12 6.6L yang digunakan pada generasi sebelumnya.

Mesin Rolls-Royce Ghost 2020 berwarna hitam
Mesin Rolls-Royce Ghost 2020

Tenaganya disalurkan ke semua roda, yang pertama untuk model sedan Rolls-Royce, menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan. Meskipun bobot mobil mencapai 2.5 ton, namun Ghost mampu melaju 0-100 km/jam hanya dalam 4.5 detik dengan kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik 250 km/jam. Hanya saja kekuatan tersebut tentu saja memberikan konsekuensi konsumsi bahan bakar yang relatif tinggi.

Perubahan paling penting terdapat pada sasis yang digunakan. Beralih dari platform yang sama dengan yang digunakan pada BMW Seri-7 ke platform terbaru Rolls-Royce bernama Architecture of Luxury. Teknologi Planar Suspension System menggabungkan unit peredam upper-wishbone dengan kamera Flag Bearer yang mendeteksi jalan serta membuat suspensi mengeras maupun melunak guna beradaptasi dengan permukaan jalan.

>>> Mengenal Ragam Sistem Komponen Mesin Mobil

Spesifikasi Rolls-Royce Ghost 2020

Dimensi Rolls-Royce Ghost 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

5.545 x 1.979 x 1.549 mm

Jarak Poros Roda

3.295 mm

Ground Clearance

148 mm

Mesin Rolls-Royce Ghost 2020

Tipe Mesin

N74B68 6.8L V12 twin-turbocharged

Kapasitas Silinder

-

Tenaga Maksimal

571 PS @ 5.250 rpm

Torsi Maksimal

850 Nm@ 1.500 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

4,6 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam (dibatasi secara elektronik)

Transmisi

8-speed otomatis

Kaki-Kaki Rolls-Royce Ghost 2020

Suspensi Depan

Independent Suspension

Suspensi Belakang

Multi-link Independent

Tipe Ban

225/50 R21

Velg

21 inci

Daftar Harga Rolls-Royce Ghost 2020

Bahkan sebagai model entry level, harga Rolls-Royce Ghost 2020 memang tak bisa disandingkan dengan model pabrikan lainnya yang dipasarkan di Indonesia. Harganya dimulai dari $332.000 (atau sekitar Rp 4,9 miliar). Dan jangan tanyakan berapa harganya ketika masuk ke Indonesia. Mengingat mobil ini harus diimpor langsung dengan tambahan pajak mobil mewah yang membuatnya tak terasa ‘entry level’ lagi.

Kesimpulan Rolls-Royce Ghost 2020

Memang tak bisa dipungkiri jika model ini merupakan sebuah entry level dari sedan mewah milik Rolls-Royce, apalagi jika dibandingkan dengan Rolls-Royce Phantom. Namun Rolls-Royce masih tetap Rolls-Royce. Elegansi minimalis yang diperkenalkan terbukti berhasil membawa gaya baru yang beda bagi Rolls-Royce Ghost 2020. Dan tentu saja kenyamanan di dalam kabin yang kedap didukung berbagai teknologi yang ditawarkan di dalam mobil sangat cocok bagi penumpang VIP.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Rolls-Royce Cullinan Black Badge 2019: Ekspresi Sisi Agresif Sang Ultra Luxury SUV

23/11/2019

Editor rate:

Didapuk sebagai ikon ultra luxury SUV, Rolls-Royce Cullinan tampil prestisius membawa desain, tampilan, hingga konsep Magic Carpet Ride yang merupakan mahakarya para artisan brand mobil yang bermarkas di Goodwood, Inggris ini. Namun apa jadinya ketika para artisan ini mencetuskan gagasan karakter Cullinan yang lebih agresif?

Lihat juga

Profil Rolls-Royce Cullinan 2018, Calon SUV Termahal Di Indonesia

12/05/2018

Editor rate:

Produsen mobil ultra-mewah Rolls-Royce akhirnya menceburkan diri ke pertempuran pasar SUV super-mewah dengan meluncurkan Rolls-Royce Cullinan. Semewah apa yang digadang-gadang akan menjadi SUV termahal di Indonesia? Simaklah profil Rolls-Royce Cullinan 2018 di bawah ini.

Lihat juga

Profil Rolls-Royce Phantom VIII 2018, Puncaknya Kemewahan Surga Dunia

22/05/2018

Editor rate:

Rolls-Royce Motor Cars resmi meluncurkan mobil terbarunya di Jakara Selatan, Indonesia. Mobil yang meluncur kali ini diberi nama Rolls-Royce Phantom VIII 2018 atau Rolls-Royce New Phantom dan mobil ini sudah masuk generasi kedelapan. Berikut ini profil Rolls-Royce Phantom VIII 2018.

Lihat juga

Review Rolls-Royce Silver Shadow II 1983: Langkah Sang Rolls-Royce Menuju Modernitas

08/10/2019

Editor rate:

Sebagai sebuah ultra luxury sedan kebanggan Inggris, Rolls-Royce melangkah menuju modernitas lewat model Rolls-Royce Silver Shadow. Menerapkan gaya produksi baru pada sang pabrikan, mobil ini sempat menjadi ikon kesuksesan Rolls-Royce di momen Swinging Sixties (era 60-an) sampai era Young Timer (era 80-an). Seperti apa salah satu ikon mahakarya otomotif asal Inggris ini?

Lihat juga

First Impression Rolls Royce Ghost 2015, Mobil Mewah Generasi Kedua dari Ghost

Rp 10.000.000.000

02/05/2018

Editor rate:

Sebagai salah satu produsen mobil mewah di dunia, Rolls Royce sudah menjadi sebuah jaminan akan keindahan dan juga kemewahan dari sebuah mobil. Salah satu mobil milik Rolls Royce yang cukup menjadi perhatian adalah mobil Rolls Royce Ghost yang dipasarkan pertama kali pada tahun 2009. ]Rolls Royce Ghost merupakan mobil mewah yang dirancang sebagai versi ‘murah’ dari Rolls Royce Ghost. Lalu seperti apa penampakan dari mobil mewah yang satu ini? Inilah first impression Rolls Royce Ghost 2015.

Lihat juga