Porsche 911 GT3 Touring Diluncurkan, Hadir Dengan Transmisi Manual dan PDK

16/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Seperti generasi sebelumnya, Porsche 911 GT3 Touring tampil tanpa sayap besar khas jajaran produk GT Porsche. Mobil ini tersedia dengan dua pilihan transmisi.

Versi Touring dihadirkan bagi konsumen Porsche yang menginginkan performa GT3 tanpa menarik perhatian dengan tampilan yang lebih klasik dan sederhana.

Perbedaan yang paling mencolok tentu saja hilangnya sayap swan-neck besar di belakang mobil. Porsche 911 GT3 Touring hanya menggunakan spoiler yang dapat membuka dan menutup secara otomatis seperti lini produk 911 Carrera.

Persilangan GT3 dan Carrera

Gambar Fascia Porsche 911 GT3 Touring

Fascia depan GT3 Touring

Pemilik GT3 Touring tak perlu khawatir akan mobilnya disebut sebagai 911 Carrera biasa, karena perbedaan antara keduanya masih tetap terlihat jelas. Bumper dan kap bagasi depan masih menggunakan desain agresif dari GT3 dengan berbagai ventilasinya.

>>> Porsche 911 GT3 RS Terbaru Tertangkap Kamera, Tampil Dengan Sayap Super Besar

Berbeda dengan GT3 biasa, splitter depan yang digunakan versi Touring dilabur dengan cat sewarna bodi dan mika lampu depan terlihat lebih gelap.

Beralih ke samping, velg depan 20 di depan dan velg 21 inci y-spoke yang digunakan juga sama dengan yang tersemat pada Porsche 911 GT3. Stance dan track lebar khas produk GT Porsche juga jadi pembeda mobil ini dengan versi Carrera.

Gambar tampak samping Porsche 911 GT3 Touring

Tampak samping GT3 Touring

Bagian lis kaca GT3 Touring menggunakan bahan aluminium krom sebagai pemanis dengan warna hitam sebagai opsi lainnya.

Di bagian belakang, diffuser dengan desain agresif dari GT3 masih terlihat. Beranjak ke arah kap mesin, cover intake GT3 menggunakan bahan mesh yang memberikan nuansa lebih sporty dibanding versi Carrera dengan cover plastik.

>>> Review Porsche 911 Targa 2020: Pertahankan Tradisi Panjang

Gambar interior GT3 Touring

Tampilan interior sama persis dengan GT3

Masuk ke area interior, secara keseluruhan masih sama dengan Porsche 911 GT3. Namun pelapis jok pada versi Touring hanya disediakan dengan pilihan kulit berwarna hitam.

Mesin Naturally Aspirated Yang Dapat Berotasi Hingga 9.000 rpm

Versi Touring menggunakan mesin GT yang dikembangkan oleh divisi Motorsport untuk mobil balap GT3 Cup mereka. Mesin boxer 4.0 liter 6-silinder naturally aspirated tersebut menghasilkan tenaga 502 HP dengan torsi maksimum 470 Nm.

Mesin yang menggunakan sistem dry-sump tersebut dapat berotasi hingga 9.000 rpm, menghasilkan lengkingan tinggi yang khas untuk Porsche 911 GT3. Sesuatu yang langka ketika sports car lain sudah beralih ke mesin turbo.

Gambar mesin GT3

Mesin dengan sistem dry-sump dan individual throttle body, sama dengan yang digunakan mobil balap Porsche

Sama seperti versi biasa, Porsche 911 GT3 Touring dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dengan top speed mencapai 320 km/jam.

Tak seperti versi sebelumnya, mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan PDK (Porsche Doppelkupplung) 7-percepatan.

Porsche GT3 Touring ditawarkan dengan harga dasar €167.518 atau setara dengan Rp 2.893.159.314.

>>> Unik! SUV Listrik Volkswagen ID.4 Jadi "Mobil" Pengantar Bola di Laga Pembuka EURO 2020

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top