Porsche 911 GT3 RS Terbaru Tertangkap Kamera, Tampil Dengan Sayap Super Besar

14/06/2021

Mobil baru

3 menit

Tak lama setelah meluncurkan versi GT3 dari 911, Porsche tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan terhadap mobil yang disinyalir sebuah Porsche 911 GT3 RS.

Porsche 911 GT3 generasi 992 menjalani debutnya pada Februari 2021. Melihat sejarah pabrikan asal Stuttgart ini, mereka tak akan berlama-lama untuk meluncurkan versi lebih kencang dan aerodinamis dari mobil tersebut.

Gambar Porsche 911 GT3 RS

Sayap sebesar itu mustahil untuk disembunyikan dengan kamuflase

Benar saja, beberapa waktu lalu sebuah mobil berkamuflase dengan siluet 911 tertangkap kamera sedang dites di jalan raya. Awalnya banyak yang mengira bahwa mobil tersebut adalah mobil balap dari Porsche, terlebih jika melihat ukuran sayap belakang mobil yang sangat besar.

>>> Ini Alasan Porsche Cayenne Turbo 2022 Layak Jadi Rajanya SUV

Namun, penggunaan plat nomor, stiker emisi pada kaca, serta jalanan publik yang digunakan untuk pengetesan mensinyalir bahwa mobil tersebut adalah Porsche 911 GT3 RS terbaru.

Sayap Besar Membentang Bak Mobil Balap

Yang paling menarik perhatian dari mobil ini adalah sayap swan-neck besar yang membentang di bagian belakang. Tentunya hal tersebut akan menghasilkan downforce yang sangat besar untuk membuat 911 GT3 RS tetap melekat pada aspal.

Gambar Porsche 911 GT3 RS

Siluet GT3 RS nampak terlihat dengan sayap swan-neck di belakang dan fender lebar di depan

Selain itu, bagian fender depan terlihat lebih lebar jika dibanding dengan versi GT3 dengan ventilasi yang akan membantu aliran udara. Bagian kap mesin yang tertutup kamuflase menampilkan sepasang ventilasi yang kemungkinan akan difungsikan sebagai lubang pendinginan.

>>> Mengenal Apa Itu Spoiler, Upgrade Aerodinamika untuk Efisiensi

Desain velg yang serupa dengan 911 GT3 RS generasi 991.2 mengisyaratkan bahwa mobil ini akan dilengkapi dengan opsi velg magnesium yang sangat ringan.

Mesin Lebih Bertenaga Dari GT3

Mesin Naturally Aspirated 4.0 liter dari GT3 nampaknya akan kembali digunakan pada GT3 RS, tentunya dengan penggunaan komponen yang lebih ringan dan sedikit peningkatan tenaga.

Porsche 911 GT3 sendiri sudah menghasilkan tenaga sebesar 502 HP dengan torsi 469 Nm, jadi tak perlu berekspektasi bahwa versi RS akan mengalami lonjakan tenaga yang signifikan.

Gambar Porssche 911 GT3

Versi GT3 saja sudah sangat bertenaga, bagaimana dengan GT3 RS?

Untuk pilihan transmisi, GT3 RS hanya akan ditawarkan dengan PDK (Porsche Doppelkupplung). Hal tersebut akan kembali mengecewakan beberapa penggemar setia yang merindukan pilihan transmisi manual pada mobil ini.

Diluncurkan Tahun Depan

Porsche 911 GT3 baru saja didistribusikan ke konsumennya bulan lalu, tak heran jika Porsche akan menunda peluncuran mobil ini hingga 2022. Andreas Preuninger, Director GT Product Line dari Porsche juga sudah mengisyaratkan bahwa versi Touring dari GT3 akan tersedia dalam beberapa waktu ke depan.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top