Meski Ada Pandemi, Peluncuran Mobil Baru Masih Dinanti

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meski Ada Pandemi, Peluncuran Mobil Baru Masih Dinanti
Adanya pandemi virus corona tak membuat peluncuran mobil baru sepi peminat. Nyatanya peluncuran mobil baru masih cukup dinanti oleh konsumen di Indonesia.

Pandemi corona belum juga menghilang dari Indonesia. Sudah sekitar tujuh bulan wabah virus corona melanda Indonesia dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan adanya penurunan.

Dampak negatif yang ditimbulkan pun cukup banyak, tak terkecuali merosotnya penjualan mobil di Tanah Air. Tercatat penurunan penjualan mobil di Indonesia turun hampir setengahnya dibandingkan periode yang sama tahun 2019. 

Toyota Virtual Expo

Toyota sempat menggelar Virtual Expo untuk meningkatkan penjualan

>>> Toyota Masih Punya 'Simpanan' Mobil Baru untuk di Indonesia

Peluncuran Mobil Baru Dinanti Konsumen

Sebagian orang mengerem untuk membeli mobil baru lantaran kondisi perekonomian yang tak pasti. Tapi tak sedikit juga yang menanti peluncuran mobil baru untuk dirilis. 

"Bagaimanapun kondisi market yang sulit, pasar tetap meminta adanya peluncuran dari produk-produk baru baik produk mobil maupun produk aftersales," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam diskusi virtual baru-baru ini. 

Toyota sendiri terbilang agresif dalam mengenalkan model barunya di Indonesia. Tercatat ada enam model dan varian baru yang dikenalkan Toyota pada periode Agustus-September 2020. 

Keenam model dan varian baru tersebut adalah Corolla Cross, Innova TRD Sportivo, Sienta Welcab, Hilux, Yaris, dan juga GR Supra. Nyatanya di kondisi pandemi tak menurunkan minat konsumen berduit untuk menanti peluncuran mobil baru sekaligus membelinya. 

"Ini ternyata di tengah kondisi pandemi, produk baru mendapat penerimaan yang cukup baik juga," kata Anton. 

Anton memberikan gambaran bahwa peluncuran mobil baru seperti Corolla Cross yang baru dirilis satu bulan mendapat respons positif dengan jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang berada di atas target Toyota. 

>>> Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize

Penjualan Toyota Perlahan-lahan Mulai Membaik

Toyota sendiri sempat menyebut Corolla Cross bisa terjual di kisaran 200-250 unit per bulan, nyatanya SPK SUV terbaru Toyota itu sudah melampaui 400 unit. 

Toyota Corolla Cross

Penjualan Corolla Cross di luar ekspektasi Toyota

Sekadar informasi, sebagai pemimpin pangsa pasar penjualan mobil baru di Indonesia, Toyota pun tak luput dari penurunan penjualan semasa pandemi. Toyota yang biasa menjual mobil baru di kisaran 20.000-25.000 unit per bulan secara retail sempat merosot hingga 6.727 unit pada Mei 2020. 

Kemudian angka itu perlahan-lahan merangkak naik meski belum bisa kembali normal. Tercatat dalam data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mulai Juni hingga periode Agustus rata-rata penjualan mobil baru Toyota berada di angka 11.000 unit. 

"Situasi cukup berat di awal, memang saat ini mulai ada perbaikan. Memang belum bisa normal sebelum kondisi covid tapi saya rasa ini perkembangan positif, Toyota sudah mencapai level di atas 11.000-an unit mudah-mudahan di September bisa naik," pungkas Anton. 

>>> Menteri Perindustrian Usul Pajak Mobil Baru di Indonesia 0% 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Ternyata Ini Sebabnya Bau Mobil Baru Bisa Bikin Pusing

11/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Bagi Anda yang merasa pusing dan mual ketika mencium bau mobil baru, Anda tidak sendirian. Ternyata inilah penyebab pusing dan sakit kepala yang Anda rasakan.

Lihat juga

Maserati Siapkan SUV Grecale dan 12 Mobil Baru Lain

10/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Berusaha menghadirkan lebih banyak supercar dan mobil mewah, SUV Maserati Grecale dipersiapkan meluncur tahun depan dengan 12 model terbaru Maserati lainnya.

Lihat juga

Bukan Nekat, Ini Alasan Toyota Meluncurkan Mobil Baru saat Pandemi

09/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Bukan sekadar nekat, Toyota Astra Motor punya alasan tersendiri untuk meluncurkan mobil baru di saat pandemi ini. Toyota pun sudah memiliki perhitungannya.

Lihat juga

Cara Menjual Mobil Baru yang Cepat

17/07/2020

Jual beli

8 menit

Cara menjual mobil baru memang ada berbagai macam jalan. Namun Anda wajib memahami apa cara yang paling tepat dan cepat supaya semua mobil dagangan Anda terjual ludes.

Lihat juga

Trik Jual Mobil Baru dengan Cepat dan Banyak

18/07/2020

Jual beli

8 menit

Kali ini Cintamobil.com akan memberikan beberapa tips dan trik jual mobil baru dengan cepat dan dalam jumlah banyak. Tentunya ini berguna bagi Anda yang berbisnis jual beli mobil.

Lihat juga
 
back to top