Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize

03/05/2020

Mobil baru

8 menit

Share this post:
Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize
Di tengah pandemi Covid-19 yang mempengaruhi peluncuran mobil baru di Indonesia, Toyota menyiapkan beberapa line-up model yang siap dihadirkan di Indonesia. Lima di antaranya sangat kami tunggu, meski baru sebatas rumor.

Sepanjang 2020 ini, Toyota baru meluncurkan satu mobil, yakni facelift kedua dari Toyota Agya yang hadir dengan penyegaran di sisi eksterior, interior, sampai fitur.

Meski di tengah situasi yang tidak menentu, Toyota masih menyimpan beberapa model yang akan diluncurkan tahun 2020. Menurut berita yang beredar, akan ada beberapa mobil baru Toyota yang akan mengaspal tahun ini.

>>> Empat mobil baru Toyota disiapkan launching tahun 2020, apa saja?

Mulai dari SUV kompak, facelift model yang sudah ada, sampai mobil listrik, untuk jelasnya simak prediksi mobil baru Toyota tahun 2020 dari Cintamobil.com di bawah ini.

1. Toyota Raize

Toyota Raize 2020 warna lime green

Toyota belum memberikan bocoran terkait peluncuran Raize di Indonesia

Muncul untuk pertama kalinya pada ajang Tokyo Motor Show 2019, Toyota Raize beserta kembarannya, Daihatsu Rocky, sudah dijual di Jepang sejak November 2019. Punya dimensi mungil, mesin 1.000cc turbo yang irit dan bertenaga, serta hadir dengan opsi four-wheel drive, Raize akan jadi alternatif menarik jika Anda merasa Toyota Rush-Daihatsu Terios terlalu besar, dan mencari SUV yang lebih mungil.

Dengan alasan-alasan di atas, maka tak heran Toyota Raize jadi salah satu mobil baru Toyota yang paling ditunggu sepanjang 2020. Namun, berbeda dari Daihatsu Rocky yang siap rilis 2021, PT Toyota Astra Motor belum memberi konfirmasi apapun terkait Raize, apakah tahun ini bakal launching?

2. Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris 2020 warna merah

Di Malaysia, Toyota Yaris GR kemungkinan dijual dengan harga hampir Rp 2 miliar

Setelah generasi keempat Toyota Yaris diperkenalkan di Tokyo Motor Show Oktober 2019, beberapa bulan berselang giliran varian performa Toyota GR Yaris mejeng di Tokyo Auto Salon 2020. Mobil yang kita bahas di sini bukanlah hot-hatchback biasa, karena merupakan versi road-legal dari mobil balap reli Toyota Yaris WRC yang mendominasi kejuaraan World Rally Championship 2019.

Performanya jelas tidak main-main, mesin tiga silinder 1.600cc turbocharger G16E-GTS yang dipakai menghasilkan tenaga 270 HP dan torsi 370 Nm, tenaga tersebut disambungkan ke transmisi manual 6-percepatan menuju sistem pengerak 4WD GT-Four yang menggerakkan keempat roda.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

UMW Toyota Motor, APM Toyota di Malaysia telah mengamankan 100 unit Toyota GR Yaris, dan akan dibawa ke negeri Jiran dengan banderol RM 300.000 (setara Rp 1,8 miliar), yang mana hanya terpaut Rp 200 juta dari Toyota GR Supra yang dijual di Indonesia saat ini.

Apakah Toyota Astra Motor berminat untuk menambah portofolio mobil performa GR dengan memasukkan Toyota GR Yaris di Indonesia? Mungkin akan sedikit terkendala di banderol yang pas, mengingat harganya yang sangat mahal bahkan sama seperti Toyota GR Supra, tapi untuk sebuah mobil balap WRC versi road legal, kenapa tidak?

3. Toyota Kijang Innova Facelift

Rendering Toyota Kijang Innova facelift

Sudah lima tahun dijual, Kijang Innova generasi kedua memerlukan facelift agar terlihat lebih modern

Sejak diperkenalkan tahun 2015, generasi kedua Toyota Kijang Innova sama sekali belum mendapatkan facelift. Sudah lima tahun sejak ganti generasi, sepertinya sudah waktunya Innova mendapatkan penyegaran.

Memang, sampai saat ini angka penjualan Kijang Innova masih sangat stabil, namun di tengah persaingan yang semakin sengit dengan hadirnya rival asal Cina, penyegaran desain adalah salah satu hal yang diperlukan Innova.

Beberapa rendering terkait Toyota Kijang Innova facelift sudah beredar di dunia maya, salah satunya dari Indianautosblog.com yang menyegarkan tampilan MPV mid-size itu dengan berbagai ubahan eksterior. Meski baru sebatas rendering, kami sangat menantikan Innova facelift sebagai salah satu mobil baru Toyota untuk tahun 2020.

4. Toyota Fortuner Facelift

Spyshot Toyota Fortuner facelift saat dites di Thailand

Sosok Fortuner facelift yang terjepret kamera saat melakukan tes di Thailand

Berbeda dari Kijang Innova yang baru sekadar rendering tanpa spyshot unit tes, rumor seputar kehadiran Fortuner facelift  sebagai salah satu mobil baru Toyota lebih kuat dengan bocornya foto SUV andalan Toyota itu ketika sedang dites.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar mobil baru di sini

Dari spyshot dan rendering yang beredar, terlihat ubahan eksterior Toyota Fortuner facelift tidak terlalu signifikan, paling hanya profil fascia depan saja yang terlihat kentara.

Untuk pilihan mesin, Toyota Fortuner di Thailand sudah mendapatkan mesin diesel 2.800cc 2GD-FTV yang menghasilkan tenaga lebih besar 27 HP dan torsi 50 Nm lebih besar dari yang beredar di Indonesia, apakah mesin tersebut juga akan masuk ke dalam line up?

5. Lexus UX300e

Lexus UX300e yang baru saja launching di Cina

Setelah Cina, apakah Indonesia akan jadi tujuan selanjutnya Lexus UX300e?

Mengutip dari beberapa sumber, Toyota masih akan menggenjot program elektrifikasi di Indonesia sepanjang 2020. Salah satunya dengan menjual Toyota Prius PHEV untuk pasar ritel, setelah sebelumnya hanya terbatas di konsumen fleet saja. Selain itu, akan hadir juga mobil listrik dengan teknologi BEV. Soal ini, kemungkinan satu di antara Toyota CH-R EV, IZOA EV, dan Lexus UX300e akan jadi line-up BEV pertama di Indonesia.

Namun mengingat CH-R EV dan IZOA EV dikhususkan untuk pasar Cina, rasanya opsi paling logis bagi Toyota Astra Motor adalah memasukkan Lexus UX300e sebagai mobil listrik pertama Toyota di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, saat ini teknologi mobil listrik masih masih terasa sangat mahal dan belum menjangkau segmen menengah ke bawah. Maka menghadirkan Crossover premium sekelas Lexus UX300e sebagai mobil baru Toyota dengan teknologi BEV (Battery Electrified Vehicle) terasa amat logis.

Bagaimana menurut para pecinta mobil, mana line-up terbaru Toyota yang paling ditunggu tahun ini?

>>> Jangan lewatkan berita otomotif terbaru lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Toyota Innova Diskon Hingga Rp20 Juta, Kapan Model Baru Keluar?

14/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Jika Anda ingin membeli mobil keluarga yang nyaman dan tangguh di jalan? Sebenarnya inilah saatnya untuk memburu Toyota Innova dengan diskon hingga Rp20 jutaan!

Lihat juga

Malaysia Dapatkan Jatah Toyota GR Yaris 100 Unit, Gimana Indonesia?

07/04/2020

Mobil baru

4 menit

Beredar rumor Toyota Malaysia mendapatkan jatah Toyota GR Yaris 100 unit pada 2021 mendatang. Apakah Toyota Astra Motor (TAM) juga berniat mendatangkan hot hatchback ini dalam waktu dekat?

Lihat juga

Toyota Launching Tiga Mobil Listrik di Cina, Satu Masuk Indonesia?

03/05/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota tengah serius menggarap pangsa mobil listrik di Cina, pabrikan Jepang itu memperkenalkan tiga model sekaligus pekan ini, yakni Toyota CH-R EV, IZOA EV, dan Lexus UX300e.

Lihat juga

Kapan Toyota Raize Dibawa ke Indonesia?

22/03/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota telah menghadirkan SUV kompak Raize di Negeri Sakura, Jepang pada akhir tahun 2019. Lantas, apakah Toyota Raize bakal diboyong juga ke Indonesia?

Lihat juga

Makin Tampan! Inikah Tampilan Toyota Fortuner Terbaru?

08/04/2020

Mobil baru

3 menit

Saat berselancar di dunia maya, kami menemukan render tampilan Toyota Fortuner terbaru, ia makin tampan tanpa meninggalkan kesan gagah, ini Fortuner facelift?

Lihat juga
 
back to top