Nissan Tama, Sang Perintis Era Mobil Listrik Negeri Matahari Terbit

06/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Nissan Tama menjadi mobil listrik pertama kreasi Nissan yang dirilis pada tahun 1947 dan kemudian menjadi pendahulu kehadiran mobil listrik Nissan Leaf.

Nissan Tama memiliki sejarah panjang. Tahun 1947, Perang Dunia 2 baru 2 tahun usai. Negeri matahari terbit sedang berusaha keras memulihkan kondisi perekonomian akibat kehancuran setelah kalah dalam Perang Dunia 2 di kawasan Pasifik.

Walau mengalami kehancuran luar biasa setelah bom atom membuat luluh lantak kota Hiroshima (Little Boy) dan Nagasaki (Fat Man), Jepang masih mempunyai segudang SDM berkualitas istimewa yang menjadi modal dasar untuk bangkit dari keterpurukan. 

Mobil Listrik 

gambar nissan tama

Saat itu energi listrik berlimpah dan bahan bakar fosil langka

Pada masa itu, minyak bumi menjadi komoditas yang sangat langka di Jepang. Sebaliknya, Jepang memiliki pasokan energi listrik yang berlimpah ruah karena saat itu pemakai energi listrik masih sangat sedikit sehingga pemerintah mendorong program riset dan pengembangan untuk kendaraan listrik.

Para engineer Nissan menjawab tantangan pemerintah Jepang melalui kehadiran mobil listrik perdana yang bernama Nissan Tama.

>>> Banyak Pesaing, Nissan Leaf Masih Layak Jadi Pilihan

gambar nissan tama

Bekal baterai basah, cukup untuk menempuh jarak sejauh 96 km

Dirilis pada tahun 1947, Tama menjadi mobil listrik perdana Nissan. Saat itu, prototipe Nissan Tama tampil sebagai pick-up truck dua pintu dengan kapasitas angkut muatan 500 kg plus motor listrik 36 Volt 4,5 hp dan desain bodi yang memikat pada masanya.

Nama Tama berasal dari nama lokasi pabrik Tokyo Electro Automobile Co yang memproduksi kendaraan tersebut. Saat melakukan 1st Electric Vehicle Performance Test, Tama yang dilengkapi baterai lead-acid 40V/162Ah mampu mencapai jarak tempuh 96 km dan top speed of 35 km/jam.

>>> Adu Teknologi Toyota Corolla Cross Hybrid vs Mobil Listrik Nissan Leaf

Pendahulu Leaf

Selanjutnya, Nissan membuat Tama versi mobil penumpang yang lalu digunakan sebagai armada taksi dengan dua pintu dan kapasitas angkut empat penumpang. Sebagai taksi, Tama mampu mencapai top speed 35 km/jam dan jarak tempuh 65 km dengan sekali pengisian penuh.

Secara teknis, Nissan Tama mempunyai kode model E4S-47 I (E = elektrik, 4S = 4-seater sedan, 47 = tahun 1947 dan I = initial type). 

gambar mobil listrik nissan

 Tama dan Leaf, dua kreasi Nissan yang merintis eksistensi mobil listrik

Pada tahun 1950, pasokan bahan bakar fosil untuk Jepang kembali normal dan penggunaan taksi Nissan Tama berakhir pada tahun 1951. Mengingat nilai sejarahnya, Nissan merestorasi Tama dengan spesifikasi asli tahun 1947 dan dijalankan kembali pada tahun 2010 untuk menandai produksi perdana Nissan Leaf.

>>> Harga mobil Nissan terbaru dan promo menarik ada di sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top