Banyak Pesaing, Nissan Leaf Masih Layak Jadi Pilihan

04/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menghadapi banyak pesaing yang terus bermunculan. Nissan Leaf masih layak dipertimbangkan untuk dibeli karena rekam jejak dan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Kehadiran Nissan Leaf menambah banyak daftar mobil listrik yang dipasarkan di tanah air. Satu sisi memberi keuntungan karena konsumen punya lebih banyak pilihan.

Di sisi lain, Leaf harus menghadapi banyak kompetitor yang juga menawarkan kelebihan mereka. Lantas, apa yang membuat mobil listrik ini layak dipertimbangkan untuk jadi pilihan?

Rekam jejak

Nissan Leaf memang telah tergeser oleh Tesla Model 3. Meski demikian rekam jejak Leaf tidak akan pernah terhapus. Diluncurkan tahun 2010 Leaf menjadi pionir mobil listrik yang diproduksi secara massal.

Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang mencapai angka produksi 400.000 unit, yaitu pada Maret 2019. Pada akhir 2020 produksinya mencapai lebih dari 500.000 unit.

>>> Nissan Leaf Resmi Diluncurkan di Tanah Air, Harga Mulai Rp 649 Juta

Foto Nissan Leaf tampak samping depan

Terjual lebih dari setengah juta unit

Mobil listrik teraman

Nissan Leaf jadi salah satu mobil listrik teraman. Dibuktikan dengan capaian bintang 5 uji keselamatan lembaga pemerintah federal AS untuk standar keselamatan transportasi, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Dalam catatan Wikipedia, kasus kebakaran Leaf terjadi satu kali, yaitu pada tahun 2015. Itu pun bukan karena faktor cacat produksi. Nissan membangun paket baterai Leaf dengan mempertimbangkan keselamatan dan hanya menggunakan sel yang paling aman.

>>> Melihat Fitur Nissan Leaf, Mobil Listrik Terbaru di Indonesia

Foto Dashboard Nissan Leaf

Dibekali beragam fitur canggih dan modern

Nissan memang membekali Leaf dengan fitur-fitur keselamatan cukup lengkap, seperti Dual SRS airbags, Side airbags, Curtain airbags ,FCW (Forward Collision Warning), FEB (Forward Emergency Braking), ITC (Intelligent Trace Control), VDC (Vehicle Dynamic Control), HSA (Hill Start Assist), ABS + EBD + BA, Front seatbelt: Driver side dan Assist side.

Teknologi ProPILOT dan e-Pedal

Dua teknologi cerdas diterapkan pada Leaf yaitu ProPILOT dan e-Pedal. ProPilot adalah sistem bantuan mengemudi (driving assist), meliputi kontrol kecepatan, menjaga mobil tetap pada jalur, memberikan peringatan akan risiko tabrakan dari depan.

Ada lagi ProPILOT Park yang membantu pengemudi untuk parkir dalam tiga langkah mudah dengan mengendalikan setir, akselerator, rem, perpindahan gigi, dan rem parkir.

>>> Mengenal Teknologi E-Pedal Nissan, Praktis Untuk Berkendara Di Perkotaan

Gambaran cara mengoperasikan e-Pedal Nissan

Cara mudah mengemudi dengan e-Pedal

Fitur e-Pedal juga bagian dari Nissan Intelligent Driving. Fitur ini memudahkan pengemudi mengoperasikan kendaraan hanya dengan satu pedal. Tekan pedal gas agar mobil berjalan dan tambah tekanan untuk menambah kecepatan. Untuk mengurangi kecepatan tinggal kurangi tekanan pedal atau angkat sama sekali.

Dengan e-Pedal kinerja rem bisa berkurang secara signifikan. Namun demikian tetap dibutuhkan kewaspadaan pengemudi karena dalam situasi-situasi tertentu pedal rem harus digunakan.

>>> Beli Leaf Sekarang, Ada Beri Bonus Wall Charger Gratis

Garansi baterai 8 tahun

Salah satu selling point yang luar biasa adalah adalah garansi baterai hingga 8 tahun. Hal ini memberikan kenyamanan lebih karena penggantian baterai bisa dipersiapkan dalam waktu lama.

Garansi 8 tahun bukan berarti baterai butuh diganti saat mencapai usia tersebut. Itu merupakan jaminan bahwa baterai bisa digunakan hingga waktu sangat lama tanpa mengurangi performanya secara signifikan.

Foto menunjukkan Nissan Leaf tampak samping belakang

Dijual dengan harga kompetitif

Kesimpulannya, dengan beragam kelebihan yang ditawarkan Nissan Leaf masih sangat layak dimiliki. Terlepas dari kekurangan-kekurangannya karena mobil listrik lain pun juga tidak sempurna.

>>> Tertarik mobil Nissan, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top