Mengenal Mobil Hummer, Raksasa dari Amerika

23/10/2020

Pasar mobil

8 menit

Share this post:
Mengenal Mobil Hummer, Raksasa dari Amerika
Mobil Hummer memang juga bisa dimiliki untuk Anda yang tinggal di Indonesia. Namun SUV bertubuh besar itu sudah tak ada lagi unit barunya, sehingga Anda hanya bisa mencarinya dalam kondisi bekas.

Hummer, Anda mengenal mobil ini? Kalau tidak, cukup dimaklumi karena merk mobil ini sudah cukup lama tak lagi diproduksi dan hadir model barunya. Tapi sebenarnya tak sulit untuk mengenali mobil Hummer, karena sosok mobil ini ukurannya amat menonjol dibanding mobil-mobil pribadi lainnya yang ada di jalan raya.

Meskipun awalnya dibuat sebagai kendaraan militer, namun Hummer yang bernaung di bawah bendera General Motors (GM) ini menawarkan pula mobil-mobil untuk masyarakat sipil. Tentunya mobil-mobil Hummer dibuat dengan memiliki kemampuan utilittas layaknya kendaraan perang.

Lalu bagaimana kisah perjalanan Hummer di industri otomotif dunia? Apa saja mobil Hummer yang pernah beredar baik di negara lain maupun di Indonesia? Serta apa mobil Hummer termahal di dunia? Simak ulasannya di artikel Cintamobil.com berikut ini ya.

>>> GM Hidupkan Kembali Hummer Sebagai Mobil Listrik?

Kisah Sukses Mobil Hummer di Dunia

Hummer H1

Humer H1 dibangun dari basis Humvee untuk kendaraan militer

Seperti yang telah disinggung di awal tulisan ini, AM General sebagai perusahaan pembuat Hummer, awalnya memproduksi kendaraan militer untuk kebutuhan tentara Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1980-an dengan nama M998 Humvee. Namun perusahaan ini tertarik juga untuk menjual Humvee versi sipil dengan nama merk dagang "Hummer". Penjualan Hummer pun terjadi pertama kali pada tahun 1992.

Masih pakai desain mobil Humvee yang buat kendaraan militer, ada beberapa perbedaan yang diterapkan pada Hummer. Antara lain memakai cat mengkilap sementara Humvee menggunakan cat dof, dipasang AC, audio system, aksen kayu pada interior, serta beberapa perangkat penunjang kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Model pertama Hummer ini disebut Hummer H1.

Nama Hummer H1 pun makin terkenal lantaran dipakai aktor Arnold Schwarzenegger dalam film Kindergarten Cop di tahun 1990. Bahkan aktor laga bertubuh kekar itu juga membeli satu unit Hummer H1 untuk kendaraan pribadinya selepas proses syuting.

Pada Desember 1999, AM General dibeli oleh GM, namun raksasa otomotif Amerika itu berjanji akan meneruskan produk-produk yang sudah diproduksi AM General. Karenanya mobil Hummer berikutnya pun muncul dengan nama H2 dan H3. Sementara Hummer H1 dihentikan produksinya sejak 2006. Tapi berbeda dengan H1 yang mengambil basis Humvee, maka untuk H2 dan H3 menggunakan platform mobil produksi GM, yakni GMT-355 yang juga dipakai pada Chevrolet Colorado dan GMC Canyon.

Dibawah manajemen GM pula nama Hummer berkibar periode 2006 - 2009. Bahkan GM sampai mendirikan pabrik perakitan di beberapa negara lain di luar Amerika seperti di Kaliningrad, Russia. Ratusan unit H2 dan H3 pun terjual diseluruh dunia tiap tahunnya.

>>> Cari Mobil SUV Bekas Harga Rp50 Jutaan? Ada Kok, Ini Pilihannya!

Mobil Hummer Termahal Itu Pun Berhenti Diproduksi

Hummer H2

Hummer H2 yang diproduksi GM dan juga masuk ke Indonesia lewat importir umum

Kenikmatan yang dipetik GM atas kehadiran Hummer nyatanya tidak berlangsung lama. Karena pada Juni 2009, GM mengumumkan kebangkrutan, dan Hummer adalah merk yang diputuskan untuk tak lagi dilanjutkan.

Bencana akan kelangsungan produksi mobil Hummer sempat mendapat angin segar saat perusahaan Cina, Sichuan Tengzhong Heavy Industrial Machinery Company berniat mengambil alih Hummer tahun 2009. Namun perusahaan itu menunggu dulu perizinan dari pemerintah negaranya. Tapi niat baik ini pun juga harus terputus, karena Menteri Perdagangan Cina ternyata tak setuju perusahaan itu mengambil merk dagang pabrikan Amerika tersebut.

Akhirnya di Februari 2010, GM memutuskan akan menutup merk Hummer, termasuk menutup dealer-dealer Hummer diseluruh dunia. Dan pada 24 Mei 2010, unit produksi terakhir dari Hummer H3 keluar dari pabrik Shreveport, Lousiana, AS.

>>> Review Chevrolet Silverado 2020: Intip Yuk, Si ‘Monster’ Gagah Asal Amerika

Banyak Kritikan Terhadap Mobil Hummer

Hummer Limousine

Hummer H2 yang dibuat jadi limousine

Selain H2 dan H3, Hummer juga sempat muncul dalam beberapa versi lain meskipun sebagian ada yang baru sebatas gambar mobil Hummer terbaru. Diantaranya Hummer HX yang diperkenalkan tahun 2008. Hummer ini memakai mesin plug-in hybrid dari Chevrolet Volt yang dikombinasikan mesin kecil 4 silinder. Namun sayangnya setelah diperkanalkan malah tidak jelas lagi perkembangan Hummer hybrid tersebut.

Kemudian pernah juga diperkenalkan Hummer H2 Limousine Version. Ini adalah mobil Hummer panjang dari model H2 yang dibuat khusus. Hummer limousine ini bukan cuma sebatas konsep, karena ternyata peminatnya walau jadi mobil Hummer termahal di dunia, cukup banyak yang memesan model Hummer limousine ini yang antara lain datang dari sebagian wilayah AS seperti Miami, Inggris, dan Australia. Mobil ini menggunakan sasis dan bodi yang diperpanjang sehingga sanggup menampung 14-22 penumpang di dalamnya.

Walau pernah memiliki banyak penggemar, namun mobil Hummer juga tak luput dari kritikan. Utamanya soal dimensi mobil tersebut yang dianggap terlalu besar. Sehingga ukuran yang tidak umum ini menyulitkan pengemudi atau pemilik kendaraan tersebut saat hendak parkir atau bahkan menyesuaikan ukuran garasi rumah.

Lalu soal konsumsi bahan bakar mobil ini juga dibilang amat buruk. Karena dengan berat sekitar 2,9 ton, mobil ini mencatat konsumsi bahan bakar hanya 4,1 kilometer/liter. Kemudian terkait fitur keselamatan di mobil ini juga dipertanyakan, karena untuk Hummer H1 tidak ada child safety lock, side airbags, dan stability control. Bahkan mobil ini dinilai punya area blind spot yang cukup besar sehingga berbahaya bukan hanya bagi pengemudi mobil itu namun juga untuk pengemudi mobil lainnya yang ada di dekat kendaraan tersebut..

Itulah mengapa akhirnya Hummer pun jadi semakin kurang sukses dipasaran.

Kiprah Hummer di Indonesia

Hummer H3

Hummer di Indonesia biasanya dipakai oleh public figure

Kurang jelas mengenai kapan pastinya Hummer mulai masuk ke Indonesia. Namun yang pasti mobil ini diimpor langsung oleh para importir umum. Model yang dijual kebanyakan H2 dan H3, dan seringnya mobil ini dipakai oleh selebritis atau tokoh terkenal, seperti Raffi Ahmad dan pengacara Hotman Paris.

Kini Hummer masih bisa dijumpai di beberapa pedagang mobil bekas. Harganya juga masih cukup tinggi yakni antara Rp 750 jutaan dan harga mobil Hummer termahal di Indonesia ada yang masih di angka Rp 2,5 miliar. Penasaran dengan harga Hummer di Indonesia? Berikut rinciannya:

Harga mobil Hummer bekas :

  • Hummer H2 bekas : Rp 1.175.000.000 - Rp 2.500.000.000
  • Hummer H3 bekas : Rp 750.000.000 - Rp 1.600.000.000

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top