GM Hidupkan Kembali Hummer Sebagai Mobil Listrik?

19/06/2019
Tak lagi diproduksi sejak 2010, General Motors mempertimbangkan untuk kembali menghidupkan Hummer sebagai mobil listrik, dan masuk ke dalam rencana elektrifikasi pabrikan Amerika tersebut.

General Motors rupanya sedang menyiapkan rencana besar dalam elektrifikasi, mereka sudah menjanjikan setidaknya 20 model mobil listrik baru dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, GM juga sedang menggarap platform untuk truk listrik. Salah satu kendaraan yang masuk ke dalam program itu adalah model off-road legendaris, Hummer.

>>> Ford Bronco disulap jadi mobil listrik, kok bisa?

“Untuk saat ini, GM masih mempertimbangkan beberapa opsi mobil yang akan masuk ke dalam line-up SUV dan truk listrik. Hummer listrik muncul untuk memenuhi permintaan pasar terhadap SUV tangguh dengan kemampuan off-road mumpuni, sembari menghilangkan reputasi buruk sebagai mobil boros bensin seperti satu dekade lalu,” ujar seorang petinggi GM yang enggan disebut namanya.

Sempat menanjak popularitasnya pada akhir 90an dan memasuki milenium baru, Hummer terakhir kali diproduksi pada tahun 2010. Hal ini disebabkan karena melemahnya ekonomi saat itu, yang akhirnya berimbas pada kacaunya angka penjualan SUV mewah dan boros bahan bakar itu.

Penampakan mobil konsep Cadillac e-Crossover dengan platform BEV3

Salah satu mobil konsep yang disiapkan GM, Cadillac e-Crossover Concept Car

Model terakhir Hummer yang diproduksi, Hummer H3, berbagi platform truk GM dengan Chevy Colorado dan GMC Canyon saat itu. Namun, GM tampaknya tidak akan buru-buru menghadirkan Hummer listrik sebelum mobil lainnya mendapatkan varian listrik.

>>> Temukan mobil dengan harga terbaik di sini

“Saat ini, GM sedang menggarap dua program besar mobil listrik. Yang pertama adalah proyek BEV3, yang akan mengembangkan mobil penumpang, crossover, SUV, dan beragam mobil kecil dan mid-size GM. Itu merupakan bagian dari ambisi pabrikan untuk merilis 20 model secara global pada 2023 mendatang,” ujar Presiden GM, Mark Reuss.

“Program kedua yakni membuat pickup dan mobil full-size listrik lainnya, beberapa dari model tersebut memiliki kapabilitas off road. GM memiliki SUV besar seperti Chevrolet Suburban dan Cadillac Escalade, dan juga kendaraan besar GMC seperti truk Sierra dan SUV Yukon.

>>> Simak berita terbaru pasar mobil di sini

Selain itu, GMC juga memiliki beragam model Denali yang mengedepankan kemewahan dan AT4 untuk truk dengan kemampuan off-road. Semua mobil ini juga bisa menjadi mobil listrik.

“Sekalipun GM berencana menghadirkan Hummer listrik, itu tidak dalam waktu dekat. Proyek truk listrik GM sedang berjalan, namun itu tidak akan diluncurkan sebelum debut arsitektur BEV3 untuk mobil-mobil yang lebih kecil. Cadillac atau salah satu merek dengan volume (penjualan) lebih tinggi mungkin akan menjadi model awal yang akan mendapatkan platform lebih besar.”

Mobil konsep Hummer H3 Hybrid 2009

Hummer juga pernah memperkenalkan mobil plug-in hybrid tahun 2009 lalu

Mengubah sebuah Hummer jadi mobil listrik bukanlah hal baru bagi GM, tahun 2009 lalu mereka merancang varian H3 plug-in hybrid dengan teknologi range extender, di mana mobil dapat menempuh jarak 40 mil dalam sekali pengisian baterai.

Apakah GM akan benar-benar membuat Hummer listrik? Tampaknya pertanyaan ini akan sulit terjawab dalam waktu dekat, namun kehadiran SUV legendaris itu tentu akan sangat dinanti para pecinta mobil di seluruh dunia.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain