Komparasi Hatchback Bekas: Toyota Yaris 2014 vs Honda Jazz 2014

22/09/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Jika biasanya kami melakukan komparasi pada mobil baru. Kali ini, Cintamobil.com membandingkan 2 hatchback bekas yaitu Toyota Yaris dan Honda Jazz tahun 2014.

Mengapa kami membandingkan Toyota Yaris dan Honda Jazz tahun 2014? Kedua mobil mendapatkan minor facelift di tahun tersebut dan segmen Small Hatchback sedang panas-panasnya karena pemilik Small Sedan sedang bertransisi akibat pajak sedan yang lebih tinggi.

Kini di tahun 2021, harga kedua mobil sudah sangat menarik untuk dipertimbangkan dibanding mengambil LCGC baru. Mari kita bandingkan keduanya ke dalam beberapa parameter komparasi.

Harga

Toyota Yaris tipe tertinggi (G TRD Sportivo) saat ini dipasarkan di kisaran harga Rp 140 hingga Rp 160 juta. Sedangkan Honda Jazz tipe tertinggi (RS) dipasarkan di kisaran harga lebih tinggi, yaitu Rp 170 hingga Rp 180 juta.

>>> Adu Spesifikasi Honda City Hatchback RS vs Toyota Yaris GR Sport

Gambar Toyota Yaris

Harga Yaris di pasar mobil bekas masih lebih terjangkau

Jika kita hanya mempertimbangkan harga, Toyota Yaris jauh lebih menarik apalagi biaya servis serta onderdil Toyota masih lebih terjangkau dibandingkan dengan rivalnya.

Spesifikasi

Dimensi

Toyota Yaris memiliki panjang panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.475 mm, dengan wheelbase 2.550 mm dan ground clearance 149 mm. Sedangkan Honda Jazz memiliki panjang 3.955 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.525 mm, dengan wheelbase 2.530 mm dan ground clearance 165 mm.

Dari data di atas, kita bisa berasumsi bahwa Yaris menawarkan ruang kabin yang lebih lega meski head roomnya mungkin masih kalah dibanding Jazz. Tetapi, Jazz dengan ground clearance 165 mm akan memberikan ketenangan pada pengemudi untuk melewati jalan rusak dan genangan air.

Gambar Honda Jazz

Soal dimensi dan akomodasi, Jazz masih lebih oke

Jangan lupa, Jazz juga dibekali dengan Ultra Seat yang mendukung akomodasi mobil dalam memberikan kepraktisan dan kelegaan ruang penyimpanan barang.

>>> Ini Beda Toyota Yaris GR Sport dengan TRD Sportivo

Dapur Pacu

Kedua mobil sama-sama dibekali mesin 1,5 liter 4 silinder, Yaris dengan mesin 1NZ-FE dan Honda Jazz dengan L15. Mesin tersebut juga sama-sama mengusung teknologi variable valve timing meski menggunakan nomenklatur yang berebeda, Toyota dengan VVT-i dan Honda dengan i-VTEC.

Mesin Yaris mampu menghasilkan tenaga 107,5 HP dengan torsi 141 Nm, sedangkan mesin Jazz unggul tipis dengan tenaga 117,5 HP dan torsi 145 Nm.

Konsumsi bahan bakar Jazz juga lebih irit dibanding pesaingnya. Hatchback Honda tersebut memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 18 kilometer per liter, sementara Yaris hanya mampu mencetak efisiensi 16 kilometer per liter.

Gambar Mesin Honda Jazz

Selain unggul dalam hal tenaga, mesin Jazz juga lebih efisien ketimbang Yaris

Dari dua parameter spesifikasi, Honda Jazz unggul telak dibanding Toyota Yaris. Sekarang harga bekasnya yang lebih mahal mulai masuk akal.

Fitur dan Kenyamanan

Kenyamanan adalah parameter lain di mana Yaris lebih unggul dibanding pesaingnya. Set up suspensi Jazz yang lebih sporty membuat bantingannya sedikit lebih keras. Selain itu, kekedapan kabin dari Yaris juga masih lebih baik.

Bagaimana dengan fiturnya? Baik Toyota Yaris TRD Sportivo dan Honda Jazz RS sama-sama dilengkapi dengan berbagai fitur seperti head unit touch screen, steering switch control, keyless entry dengan start/stop engine, projection headlamp, LED DRL, retractable mirror, tilt steering, immobilizer, airbags dan pengereman ABS, EBD + BA.

>>> Berhenti Produksi di Indonesia, Yuk Kenalan Sama 3 Generasi Honda Jazz!

Gambar Interior Toyota Yaris

Jika Anda memprioritaskan fitur dan kenyamanan, pilihlah Toyota Yaris

Tetapi, rem belakang Yaris yang sudah disc brake (Jazz masih tromol) dan head unit dengan koneksi Bluetooth, GPS, internet, air gesture, serta aplikasi My Toyota membuat Hatchback Toyota ini lebih unggul dibanging sang rival.

Secara keseluruhan, Honda Jazz harus mengakui kekalahannya pada parameter fitur dan kenyamanan.

Kesimpulan

Harus diakui, keduanya sama-sama memiliki nilai plus dan minus tersendiri. Jika harus memilih, kami rasa Toyota Yaris G TRD Sportivo menawarkan value for money yang lebih baik dibandingkan rivalnya. Fitur lebih lengkap, mobil lebih nyaman, dan harganya juga lebih terjangkau.

Namun jika Anda lebih mempriotiskan performa, Honda Jazz akan jadi pilihan yang tepat dengan mesin yang lebih bertenaga dan juga lebih efisien.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top