Ini Beda Toyota Yaris GR Sport dengan TRD Sportivo

10/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Meluncur secara resmi kemarin (9/8/2021), intip beda Toyota Yaris GR Sport dengan TRD Sportivo yang dibuat lebih sporty dibandingkan edisi sebelumnya.

Tanpa seremoni dan terkesan mendadak, PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung memperkenalkan empat model GR Sport di Indonesia, salah satunya Yaris GR Sport. Tipe ini menggantikan tipe TRD Sportivo yang sudah lebih dulu diperkenalkan di Indonesia. Lalu, apa sebenarnya beda Toyota Yaris GR Sport dibandingkan versi TRD Sportivo?

Dibuat lebih sporty

Mulai dari Toyota Yaris, Agya, Fortuner, hingga Avanza Veloz mendapatkan nama yang lebih mentereng, yaitu GR Sport. Menyusul kepopuleran Toyota Raize yang juga sama-sama menggunakan nama GR Sport ketika diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Ini Beda Toyota Yaris GR Sport dengan TRD Sportivo terbaru berwarna hitam
Ada bodykit baru untuk tampilan yang lebih sporty

Melihat dari kit yang digunakan, pada dasarnya Yaris GR Sport dibuat identic dengan Yaris TRD Sportivo. Jadi, tidak ada perubahan signifikan yang ditawarkan. Yaris versi terbaru mendapatkan full body kit untuk tampilan yang lebih sporty.

Anda bisa menemukan berbagai tambahan aksesoris dibandingkan Yaris standar, mulai dari front lip, rear lip dengan diffuser terintegrasi, roof spoiler, dan tentu saja side skirt khas GR Sport. Tujuh opsi warna eksterior juga tersedia, seperti Citrus Mica, Orange, Red Mica, Silver, Grey, Super White, hingga Attitude Black Mica.

>>> Ada Toyota Yaris Versi Mobil Niaga di Spanyol, Begini Bentuknya

beda Toyota Yaris GR Sportibo dengan interior hitam
Interior didominasi dengan warna hitam dan aksen merah

Di dalam, ada penggunaan aksen berwarna merah yang kontras dengan dominasi warna hitam. Bisa ditemukan pada jahitan di roda kemudi yang sudah dibalut kulit, jok wain, sandaran tangan di tengah, dan sisipan pintu. Varian CVT sudah mendapatkan paddle shift. Tapi semua model Yaris GR Sport menggunakan head unit 7.0 inci dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto.

>>> 5 Mobil Toyota GR Meluncur di Indonesia, dari Avanza sampai Fortuner

Mesin tetap sama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, GR Sport tanpa perubahan teknikal dibandingkan TRD Sportivo. TAM masih menyematkan mesin 1,5 liter dual VVT-i yang menghasilkan dukungan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.200 rpm. Velg 16 inci tersedia sebagai standar, termasuk pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT diberikan.

Dari sisi keselamatan, mobil baru Toyota ini sudah mendapatkan Vehicle Stability Control untuk pengendaraan yang jalanan licin yang lebih baik, Hill-Start Assist yang akan memberikan rasa nyaman ketika berhenti di jalanan mendaki, dan sistem pengereman ABS+EBD+BA yang sama dengan model sebelumnya.

Ada empat varian Yaris GR Sport yang ditawarkan dengan banderol yang beragam. Harga Toyota Yaris GR Sport dimulai dari Rp 268,8 jutaan untuk varian terendah 1,5 S M/T hingga Rp 284 jutaan untuk tipe tertinggi 1,5 S CVT. Ada dua versi yang diperkenalkan untuk setiap model, yaitu dengan tiga airbag dan tujuh airbag.

>>> Harga Toyota Yaris terbaru dan promo 2021 bisa Anda temukan di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top