First Drive Toyota GR Yaris 2021: Performa Hebat yang Bikin Nagih!

23/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Tim tester Cintamobil.com, Michael 'Mike' Clerence Boerma lompat langsung ke kursi pengemudi Toyota GR Yaris 2021 untuk merasakan performa hebat mobil ini...

Beberapa waktu lalu kami mendapatkan kesempatan istimewa untuk mencoba salah satu line up terbuas yang pernah dijual secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) yakni Toyota GR Yaris 2021. Lantas seperti apa pendapat kami mengenai hot hatch yang satu ini?

Tentang Toyota GR Yaris

Sejak bulan Februari 2021 kami telah mendapatkan konfirmasi bahwa mobil ini akan dijual di Tanah Air dalam jumlah yang sangat terbatas ke konsumen, yakni 126 unit saja. Mobil ini begitu istimewa bukan karena hanya limited edition, tetapi ia juga istimewa dari sisi teknis.

Eksterior depan Toyota GR Yaris

Info GR Yaris masuk Indonesia sudah kami dapat di awal tahun...

Bagaimana tidak? Toyota GR Yaris ini dibuat oleh divisi balap Toyota langsung yakni Gazoo Racing dan bekerja sama dengan Tommi Makinen Racing (TMR). As info, TMR ini juga divisi yang bertanggung jawab penuh terhadap Toyota Yaris WRC.

Toyota Yaris WRC 2018

Toyota Yaris WRC ini akan segera digantikan GR Yaris

TMR ini dipercaya oleh Toyota Motor Corporation dan Gazoo Racing untuk mengembangkan Toyota Yaris terbuas di dunia ini. Jadi, nantinya Toyota Yaris WRC yang telah berlaga sejak 2017 ini kelak akan tergantikan oleh mobil berbasis GR Yaris ini.

Mesin Buas

GR Yaris punya rekayasa teknis yang membutnya spesial, di sektor mesin, ia menggendong unit 3-silinder 1.600 cc berkode G16E-GTS. Ini adalah mesin yang benar-benar baru dan dirancang khusus untuk Toyota GR Yaris.

Tidak seperti mesin berperforma tinggi lainnya yang biasanya menggunakan konsep overbore (penampang diameter piston lebih besar dari langkah piston), para insinyur Toyota malah merancang mesin ini punya karakter overstroke seperti halnya mesin efisien yang modern.

Mesin Toyota GR Yaris 2021

Jantung pacu ini membuat GR Yaris sangat buas

Mesin ini berteknologi modern karena sudah punya teknologi D-4ST (Direct Injection 4-stroke Turbo) khas Toyota. Jadi singkatnya, mesin G16E-GTS ini punya dua injektor bahan bakar terpisah.

Pertama untuk injeksi langsung dan satu lagi ke port intake, sistem D-4ST mampu mengatur injektor untuk menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke kepala piston dan juga injektor port menyemprot ke intake secara bersamaan.

Piston Toyota GR Yaris

Tiga piston dengan diameter 87,6 mm siap gebuk kompresi tinggi

Atau bisa salah satu saja, misal menyemprot ke atas kepala piston saja, itu semua tergantung dari putaran mesin serta suhu dan parameter lainnya. Bila mesin membutuhkan ekstra power baru-lah kedua injektor tersebut menyemprotkan bahan bakarnya ke ruang bakar.

Walhasil mesin berkonfigurasi 3-silinder segaris dengan isi silinder bersih 1,618 cc dibantu dengan turbocharger ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 272 Ps atau sekitar 270,5 HP pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi sebesar 370 Nm yang berada di rentang putaran mesin 3.000 hingga 4.600 rpm.

Emblem GR Four di Toyota GR Yaris

GR-FOUR® ini bukan hanya emblem semata

Semua output tersebut disalurkan ke keempat roda melalui transmisi iMT manual 6-percepatan buatan Aisin. Lantas untuk kepiawaiannya bermanuver, Toyota mengandalkan mode Sport 4WD system dengan nama "GR-FOUR" Torsen ®.

Sistem GR-Four Torsen ini berupa LSD pada bagian depan dan belakang, ditambah dengan electronic control multi-plate clutch center differential yang dapat dikontrol melalui mode dial switch dari dalam kabin Toyota GR Yaris 2021 ini, ada tiga mode yang dapat dipilih yakni NORMAL, SPORT, dan TRACK.

Impresi Mengemudi

Awalnya kami tidak berekspektasi banyak dengan rekayasa teknis yang kami sudah sebutkan di atas. Bagi kami ini adalah Toyota Yaris 'biasa' yang di buat lebih kencang. Tapi ternyata kami salah! Mobil ini adalah reverse engineering, artinya mobil reli yang disesuaikan untuk penggunaan di jalanan alias road legal. 

Pertama tim Cintamobil.com yang diwakili oleh Michael 'Mike' Clerence Boerma ikut naik Toyota GR Yaris 2021 yang disupiri oleh pembalap Toyota Team Indonesia yakni Demas Agil. Dia benar-benar menunjukkan kemampuan mobil ini dengan melewati rintangan yang terdiri atas donut, drifting, slalom dan track lurus untuk akselerasi.

Akselerasi Toyota GR Yaris 2021

Akselerasi hot hatch ini begitu brutal

Tentu saja kami kaget banget dengan manuver-manuver tersebut. Bagaimana bisa sebuah hatchback bisa sekencang dan selincah itu?!. Enggak sabar rasanya untuk segera mencoba rasanya kaya apa mobil ini, akhirnya kami bertukar tempat dengan Demas.

Di posisi pengemudi, kami bisa mendapatkan posisi mengemudi yang sangat nyaman dan pas. Bahkan, kami sudah merasa mobil ini sangat spesial dari posisi duduk yang jarang kami temui di mobil toyota lain. Mengingat tinggi badan tester Cintamobil.com ini cukup di atas rata-rata tinggi badan orang Indonesia yakni 186 cm.

Interior Toyota GR Yaris 2021

Posisi duduk luar biasa ergonomis

Dengan pengaturan kursi dan setir yang lengkap (height adjuster pada jok serta tilt and telescopic di kemudi), kami merasa posisi setirnya pas, hip point (posisi duduk) yang rendah membuat mobil ini terasa sangat sporty. Tak sampai di situ saja posisi shifternya (tuas transmisi) pun terasa pas.

O ya, shifter di mobil ini bagi kami pergerakannya terasa short throw dan notchy (presisi sekali), meski demikian injakan pedal koplingnya pendek, beruntung tidak terlalu berat seperti halnya mobil balap dengan kopling kompetisi.

Tuas transmisi Toyota GR Yaris

Pergerakan tuas transmisi amat presisi

Saat akselerasi, kami kaget banget mobil 3 slinder bisa sekenceng ini, dan setirnya aggressive sekali. Jangan tanya feedbacknya, rasanya permukaan jalan seperti apapun dapat terasa dari lingkar kemudi ini. 

Pas kami masuk U turn, grip mobil ini terasa sangat fantastis berkat sistem AWD-nya yang di sebut GR-Four. Kami pun mencoba mobil ini dalam mode SPORT yang membagikan tenaga 70% ke roda belakang dan 30% ke roda depan yang membuat mobil ini gampang untuk di drift dan di kendalikan kembali.

Manuver Toyota GR Yaris 2021

Kami pun bisa melakukan aksi drifting dengan mudah...

Secara umum mobil ini benar-benar diluar ekspektasi kami dan bikin nagih! Mobil ini luar biasa dan sangat berbeda dari mobil sport lain. Bagi kami, Toyota GR Yaris adalah sebuah mobil yang benar-benar mendefinisikan hot hatch yang fun to drive, tidak hanya di trek tapi juga dalam pemakaian sehari hari. 

Ini adalah kesempatan yang tidak sering datang ke kami. Tidak heran deh, kalau semua unit GR Yaris yang berjumlah 126 itu sudah laku di Indonesia. Kalau punya uang yang cukup kami berharap bisa membeli mobil ini dan PT TAM bisa memasukkan unit GR Yaris lebih banyak ke Indonesia.

Toyota GR Yaris 2021 ini Bisa Makin Baik Bila...

Di balik segala kelebihannya, tetap saja Toyota GR Yaris 2021 ini memiliki beberapa kekurangan yang menganggu. Di samping keterbatasan unit yang masuk Indonesia, kami pun menemukan ada sedikit minus di mobil ini. Seperti kualitas interior yang agak terlihat murah serta speedometer yang kurang mengesankan ini mobil canggih.

Interior Toyota GR Yaris 2021

Bentuk dudukan head unit bagi kami agak aneh dilihat

Ada lagi yang agak mengganggu mata kami, seperti 'tonjolan' untuk dudukan head unit aftermarketnya yang terlihat agak janggal bila dibandingkan lekuk-lekuk lain pada interior. Mengapa Toyota tidak memanfaatkan head unit layar yang 'tipis' saja agar terlihat lebih enak saat dilihat?

>>> Ingin beli Toyota Yaris bekas dengan harga terjangkau? Lirik deh iklan-iklan mobil bekas di sini

Kesimpulan

Well, meski tak ada kesempatan bagi Anda untuk memiliki mobil ini karena sudah sold out, tapi kami berani bilang mobil ini sangat layak dimiliki bagi Anda yang petrolheads maupun hanya sekadar penggemar Toyota.

Foto tim Cintamobil test Toyota GR Yaris

Kami sangat terpesona dengan mobil ini

O ya, meski 126 unit itu sudah laku dan siap mendapat di garasi konsumen, tapi bagi Anda yang kesengsem mobil ini bisa kontak ke Alvin Motor, salah satu importir umum kenamaan yang juga bisa 'mendatangkan' unit Toyota GR Yaris 2021 ini ke garasi Anda.

>>> Toyota GR Yaris 2021 Masuk Indonesia, Intip Keistimewaannya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top