Review Toyota GR Yaris 2020: The Road Legal WRC Cars!

27/01/2020
editor rate: 4,0 user rate: 5,0
Beginilah jadinya bila mobil spesifikasi WRC di 'road legal' kan. Toyota GR Yaris 2020 merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu di tahun 2020 ini

PENGANTAR Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan Emblem GR Yaris di Toyota GR Yaris 2020

Toyota GR Yaris 2020 merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu di awal tahun 2020

Inilah jadinya bila mobil dengan spesifikasi WRC dibuat legal untuk digunakan di jalan raya. Toyota Yaris 2019 yang model teranyarnya baru saja meluncur beberapa bulan lalu dan juga telah kami ulas secara mendalam, kini dibuat versi terganasnya dengan model 3 pintu dan bermesin turbocharger. Toyota menamai mobil ini dengan nama Gazoo Racing (GR) Yaris 2020 dan akan dijual secara terbatas.

Gambar menunjukkan Toyota GR Yaris 2020 dan Toyota Yaris WRC

Toyota GR Yaris 2020 merupakan Yaris yang dibangun dengan semangat World Rally Championship (WRC)

Toyota GR Yaris 2020 ini dibuat oleh divisi balap Toyota yakni Gazoo Racing dan bekerja sama dengan Tommi Makinen Racing (TMR). TMR yang juga bertanggung jawab penuh terhadap Toyota Yaris WRC ini dipercaya oleh Toyota Motor Corporation dan Gazoo Racing untuk mengembangkan Toyota Yaris terbuas di dunia ini. Jadi, cepat atau lambat, Toyota Yaris WRC yang telah berlaga sejak 2017 akan tergantikan oleh mobil berbasis GR Yaris ini.

Gambar menunjukkan Toyota GR Yaris WRC Concept 2021

Inilah konsep GR Yaris 2020 untuk mobil WRC 

GR Yaris 2020 ini juga telah mejeng di ajang Tokyo Auto Salon 2020 minggu lalu. Dan keran pemesanan mobil Toyota GR Yaris 2020 ini pun telah dibuka untuk publik dan inden hatchback berperforma tinggi ini akan ditutup 30 Juni mendatang. Yang spesial, Toyota mengklaim GR Yaris 2020 ini akan dikerjakan oleh pekerja sekelas “takumi” seperti di Lexus dan akan menggunakan jalur khusus di Pabrik Motomachi, Jepang. 

EKSTERIOR Toyota Yaris 2020

Review Toyota GR Yaris 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota GR Yaris 2020

Kap mesin terbuat dari aluminium demi mengejar bobot ringan

Tampilan depan Toyota GR Yaris 2020 ini sudah menyiratkan kesan garang, dengan desain bumper depan agresif dipadu dengan aksen warna hitam yang menyiratkan kesan garang. Namun tak hanya tampangnya saja yang galak, bahan baku yang digunakan pada bodi GR Yaris 2020 ini juga  diperhatikan benar, antara lain adalah penggunaan kap mesin dari bahan aluminium yang tahan karat dan juga ringan demi mengejar performa.

Review Toyota GR Yaris 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota GR Yaris 2020

GR Yaris 2020 hanya tersedia dalam model 3 pintu

Begitu juga pada bagian samping mobil Toyota GR Yaris 2020 ini, baik itu panel pintu, tutup bagasi, hingga bodi bagian atas menggunakan panel atap yang terbuat dari bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) agar makin kuat dan juga ringan. Panel bodi ini dibuat dengan metode cetakan Sheet Molding Compound yang memiliki tingkat kepresisian tinggi. Pelek BBS berdiameter 18 inch semakin menegaskan aura sporty Toyota GR Yaris ini.

Review Toyota GR Yaris 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota GR Yaris 2020

Ujung knalpot ganda menyiratkan mobil ini punya performa gahar

Lanjut ke bagian buritan Toyota GR Yaris 2020 ini, kesan unik tercipta dari desain stoplamp LED (Light Emitting Diode)-nya yang membentuk huruf C. O ya, berbeda dengan Toyota Yaris “standar”, untuk varian GR Yaris ini hanya tersedia model 3 pintu dengan desain pilar C yang unik dan tebal. Dua buah muffler yang tersemat pada diffuser bagian bawah seakan makin menegaskan bahwa performa yang dimiliki oleh hot hatch lansiran Toyota ini tidak main-main.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Yaris 2020

Review Toyota GR Yaris 2020: Layout Dasbor & Setir

Gambar menunjukkan layout dasbor dan setir Toyota GR Yaris 2020

Desain dasbor sama dengan Yaris "biasa" namun didominasi dengan kelir hitam

Sama seperti Yaris versi standar, layout dashboard Toyota GR Yaris 2020 ini tetap menggunakan konsep clutter free interior dengan dua buah garis utama yakni bagian atas dan bagian bawah dasbor. Bedanya di GR Yaris ini didominasi warna hitam dengan logo GR pada spoke bawah setirnya. Pada dasarnya konsep ini mengedepankan keleluasaan dan kenyamanan kabin. Semua tata letak tombol juga dipusatkan dekat pengemudi (driver oriented) agar membantu fokus pengemudi saat berkendara.

Review Toyota GR Yaris 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan kursi Toyota GR Yaris 2020

Kursi model bucket seat akan memeluk tubuh Anda saat bermanuver cepat

Toyota GR Yaris 2020 ini juga telah menggunakan model kursi bucket seat yang memeluk tubuh untuk bagian penumpang depan dan pengemudinya. Desain headrest dibuat seolah menyatu dengan sandaran punggung ala Toyota kekinian yang menggunakan basis TNGA. Kursi ini menggunakan material kombinasi antara kulit dan fabric. Pengalaman kami duduk dan melakukan perjalanan jarak jauh dengan kursi model seperti ini, pengemudi tidak akan merasa cepat lelah yang dapat membahayakan pengendaraan.

Review Toyota GR Yaris 2020: Pedal Set

Gambar menunjukkan pedal set Toyota GR Yaris 2020

Pedal aluminium membuat aura sporty GR Yaris semakin mencuat

Pedal set dengan bahan aluminium disematkan pada Toyota GR Yaris 2020 ini. Bukan hanya untuk gaya-gayaan semata, namun grip yang baik antara kaki dengan pedal membuat usaha untuk mengendalikan mobil menjadi lebih menyenangkan dan juga presisi. Terlebih, penggunaan pedal aluminium ini juga memberikan kesan lebih eksklusif bagi Toyota Yaris istimewa ini.

>>> Baca juga:

 

FITUR Toyota Yaris 2020

Review Toyota GR Yaris 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan multi information display Toyota GR Yaris 2020

Latar instrumen terlihat sporty dengan latar gelap dan logo GR

Latar spidometer dan takometer hitam dengan cahaya berpendar warna putih makin mengukuhkan betapa sporty-nya mobil ini. Logo GR di samping kiri bawah spidometer seakan mengingatkan bahwa Anda sedang mengemudikan mobil yang spesial. Untuk Multi Information Displaynya sendiri selayaknya Toyota modern, ia dapat mengukur konsumsi BBM rata-rata, realtime, trip meter, suhu luar mobil serta tentunya memberi informasi seputar Toyota Safety Sense.

Review Toyota GR Yaris 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-car Entertaiment System Toyota GR Yaris 2020

Setup audio dari JBL akan memanjakan telinga Anda sepanjang perjalanan

Well, kami tahu sistem audio bukanlah hal terpenting di hot hatch racikan negeri Sakura ini. Namun, bukan berarti ia tidak diperhatikan. Layar sentuhnya tetap punya bentuk yang istimewa. Tapi apa yang ditawarkan oleh sistem in-car entertainment system ini juga tak kalah istimewa. Tetap disediakan Display Audio dan Data Communication Module yang dapat benar-benar tersambung dengan ponsel pintar Anda. Anda dapat menjalankan berbagai fitur ponsel pintar di head unit mobil ini. Audio Toyota GR Yaris ini juga dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan juga Android Auto. O ya, jangan lupa setup audio dari JBL akan menghibur sepanjang perjalanan Anda.

Review Toyota GR Yaris 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan rem Toyota GR Yaris 2020

Punya performa tinggi, tentunya wajib punya fitur keselamatan mumpuni

Meski lahir dengan performa tinggi, Toyota GR Yaris 2020 juga dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan memadai seperti Toyota Safety Sense (TSS). TSS ini meliputi Radar Cruise Control (RCC) yang berfungsi memantau kendaraan di depan, Lane Tracing Assist (LTA) yang bekerja sama dengan RCC memantau kendaraan di samping, juga ada Automatic high Beam (AHB) yang fungsinya mengontrol lampu depan agar tak menyilaukan pengendara lain. dan juga tersemat Road Sign Assist (RSA) dan Secondary Collision Brake yang berguna untuk mengontrol pedal rem dan lampu rem belakang setelah ECU membaca Airbag telah mengembang dan terjadi kecelakaan.

>>> Berita Mobil Hari Ini: Toyota Yaris Terbakar dan Kepergian Chevrolet dari Indonesia

OPERASI Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan mesin G15E-GTS di Toyota GR Yaris 2020

Mesin anyar ini dikembangkan khusus untuk GR Yaris

Mesin berkode G16E-GTS Ini adalah mesin yang benar-benar baru dan dirancang khusus untuk Toyota GR Yaris. Tidak seperti mesin berperforma tinggi lainnya yang menggunakan konsep overbore (penampang diameter piston lebih besar dari langkah piston), para insinyur Toyota malah merancang mesin ini punya karakter overstroke seperti halnya mesin efisien yang modern.

Gambar menunjukkan Toyota GR Yaris 2020 in action

Performa tinggi ditunjang pengendalian yang fun to drive membuatnya menyenangkan dikemudikan

Mesin ini berkonfigurasi 3-silinder segaris dengan isi silinder bersih 1.618 cc dibantu dengan turbocharger. Power dan torsi yang dimuntahkan mesin ini mencapai 272 Ps atau sekitar 270,5 Hp dan torsi sebesar 370 Nm. Pihak Toyota memang belum mengumumkan secara resmi pada putaran mesin berapa tenaga dan torsi tersebut dikeluarkan secara maksimal, namun semua output tersebut disalurkan ke keempat roda melalui transmisi iMT manual 6-percepatan buatan Aisin. 

Gambar menunjukkan sistem penggerak Toyota GR Yaris 2020

Sport mode 4WD system dengan nama GR-FOUR Torsen®

Mesin ini bisa dibilang berteknologi modern karena sudah punya teknologi D-4ST (Direct Injection 4-stroke Turbo). Mesin G16E-GTS ini punya dua injektor bahan bakar terpisah. Pertama untuk injeksi langsung dan satu lagi ke port intake, sistem D-4ST mampu mengatur injektor untuk menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke kepala piston dan juga injektor port menyemprot ke intake secara bersamaan. Atau bisa salah satu saja, misal menyemprot ke atas kepala piston saja, itu semua tergantung dari putaran mesin serta suhu dan parameter lainnya.

Gambar menunjukkan suspensi depan Toyota GR Yaris 2020

Suspensi depan berjenis MacPherson Strut

Proses buka dan tutup katup variabelnya juga makin sempurna, berkat penggunaan teknologi VVT-iE. Kelebihan VVT-iE ini karena digerakkan menggunakan energi listrik, responnya jauh lebih cepat dan presisi. VVT-iE yang digerakkan listrik hanya butuh sepersekian detik sudah bisa aktif. Bandingkan dengan VVT-i hidrolik yang membutuhkan waktu lebih lama.

Gambar menunjukkan suspensi independen belakang Toyota GR Yaris 2020

Double wishbone suspension di bagain belakang menjamin kestabilan saat bermanuver

Lantas untuk kepiawaiannya bermanuver, Toyota mengandalkan mode Sport 4WD system dengan nama "GR-FOUR" Torsen ®. GR-Four Torsen ini berupa LSD pada bagian depan dan belakang, ditambah dengan electronic control multi-plate clutch center differential yang dapat dikontrol melalui mode dial switch dari dalam kabin Toyota GR Yaris 2020 ini, ada tiga mode yang dapat dipilih yakni normal, sport, dan track.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 2017

spesifikasi Toyota Yaris 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota GR Yaris 2020

Mesin Toyota GR Yaris 2020
 Seri mesin  G16E-GTS
 Jumlah Katup  12 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)
 Jumlah Silinder  3 Silinder
 Pasokan Bahan Bakar  Direct Injection D4-ST
 Tenaga Maksimum  270,5 Hp (272 Ps)
 Torsi Maksimum  370 Nm
 Kapasitas Silinder  1,618 cc
 Bore X Stroke  87.6 mm X 89.7 mm
 Tipe Transmisi  iMT, Manual 6 Percepatan, Penggerak 4 Roda
 Tipe Difrensial  Sport 4WD system "GR-FOUR" Torsen ® LSD × 2 (front / rear) + electronic control multi-plate clutch center differential / 4WD mode dial switch (NORMAL / SPORT / TRACK)
 Rangka Toyota GR Yaris 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi  3,995 mm X 1,805 mm X 1,460 mm
 Berat Kendaraan  1.280 Kilogram
 Jarak Sumbu Roda  2.558 mm
 Jumlah Pintu  3 Pintu
 Kapasitas Penumpang  4 Penumpang
 Kapasitas Tangki  55 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang GR Yaris 2020
 Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Double wishbone
 Sistem Kemudi  Rack And Pinion with Electronic Power Steering
 Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Ventilated Disc
 Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA
 Teknologi Safety Sasis  Toyota New Global Architecture (TNGA)
 Struktur Sasis  Monokok, B-Segment Hatchback
Pelek  BBS forged aluminum wheels, 18 inch
 Jenis Ban  Michelin Pilot Sport, 225/40ZR18

kelebihan & kekurangan Toyota Yaris 2020

Setelah membahas semua tentang Toyota Yaris versi Gazoo Racing ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota GR Yaris 2020.

 Kelebihan Kekurangan 
 Tenaga dan torsi mesin buas  Tidak dijual di Indonesia
 Ekslusif dan dijual secara terbatas  Hanya tersedia versi 3 pintu
 Penggerak All Wheel Drive (AWD)  Butuh BBM oktan tinggi
 Kabin sporty dan modern  AWD tidak bersahabat dengan skema pajak Indonesia

daftar harga Toyota Yaris 2020

Harga yang harus Anda bayarkan jika berminat dengan mobil Toyota GR Yaris 2020 ini adalah sekitar adalah sekitar Rp 565,6 juta namun ketika masuk ke Indonesia, harganya bisa tembus antara Rp 950 juta hingga Rp 1,3 milliar. Karena Anda harus ingat, itu termasuk biaya masuk Indonesia, ongkos pengiriman dari Jepang atau Inggris dan tentunya pajak di negara kita yang tidak ramah terhadap mobil dengan penggerak empat roda.

Gambar menunjukkan Harga Toyota GR Yaris 2020

Harga jual Toyota GR Yaris 2020 dapat tembus di atas Rp 1 milliar saat masuk Indonesia

Well, meski kemungkinannya kecil, namun kami berharap PT Toyota Astra Motor turut serta menjual Yaris terganas di muka bumi ini, baik itu massal maupun dijual secara terbatas. Tapi, jangan khawatir, ada banyak IU (Importir Umum) di Indonesia yang siap memasukkan mobil ini jika demand-nya baik. O ya, kemungkinan besar GR Yaris ini bakal mejeng di ajang GIIAS 2020.

Video Toyota Yaris 2020

KESIMPULAN Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan kesimpulan review Toyota GR Yaris 2020 warna merah

Apa GR Yaris 2020 ini layak dimiliki?

Bagi Anda pecinta hot hatch sejati dan maniak Toyota, Anda harus membeli dan memiliki mobil Toyota GR Yaris 2020 ini. Apalagi konon ia akan diproduksi secara terbatas dan kemungkinan Anda perlu inden untuk mendapatkan unitnya. Semoga, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia bersedia membantu para hardcore Toyota untuk dapat memiliki mobil ini secara resmi di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil