Adu Spesifikasi Honda City Hatchback RS vs Toyota Yaris GR Sport

24/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com melakukan adu spesifikas terhadap dua hatchback populer, Honda City Hatchback RS dan Toyota Yaris GR Sport. Siapa yang lebih unggul?

Jika Anda mempertimbangkan mobil hatchback sebagai kendaraan sehari-hari, tentu Anda berjiwa muda dan menginginkan sensasi berkendara yang fun to drive. Di antara banyak faktor, spesifikasi mobil jadi salah satu nilai utama dalam kesenangan berkendara tersebut.

Gambar Toyota Yaris GR Sport

Toyota Yaris TRD Sportivo berganti jubah menjadi GR Sport, tapi spesifikasinya masih sama

Pasalnya, kemampuan bermanuver serta berakselerasi sangat bergantung pada faktor spesifikasi bawaan mobil. Lantas, siapa yang lebih unggul di antara Honda City Hatchback RS dan Toyota Yaris yang belum lama ini berganti kostum dengan embel-embel GR Sport barunya?

Dimensi

Secara dimensi, Honda City Hatchback RS memiliki panjang keseluruhan 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm. Sedangkan Toyota Yaris GR Sport memiliki panjang keseluruhan 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm.

>>> Ini Beda Toyota Yaris GR Sport dengan TRD Sportivo

Untuk panjang wheelbase, City Hatchback memiliki panjang 2.589 mm, dibanding Yaris GR Sport dengan 2.550 mm. Dari segi ground clearance, City Hatchback lebih 'ceper' dengan jarak 135 mm dibanding Yaris yang memiliki jarak 149 mm dari tanah.

Dari data tersebut, kami bisa berasumsi bahwa Honda City Hatchback memiliki keleluasaan kabin yang lebih baik dengan panjang, lebar, tinggi (jika memperhitungkan ground clearance) yang lebih besar dibanding Toyota Yaris.

Gambar City Hatchback

Secara keseluruhan, dimensi City masih lebih besar ketimbang Yaris

Wheelbasenya yang sedikit lebih panjang juga menjanjikan kestabilan berkendara yang lebih baik. Biasanya, kami akan memberi nilai tambah pada mobil dengan dimensi lebih kecil dalam hal kemampuan bermanuver.

Namun, mempertimbangkan karakter suspensi dan ground clearance Honda City Hatchback RS dan Toyota Yaris GR Sport, nilai kemampuan bermanuver juga kami berikan pada Honda City yang lebih rendah dari tanah serta punya karakter suspensi yang lebih keras.

Powertrain

Hatchback andalan Honda menggunakan mesin 4-silinder 1.498 cc DOHC berkode L15ZF yang dibekali teknologi i-VTEC. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 121 HP dengan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi CVT atau manual 6-percepatan.

>>> Irit Dan Kencang, Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 Seirit Brio!

Sedangkan Toyota Yaris GR Sport dibekali dengan mesin 4-silinder 1.496 cc DOHC berkode 2NR-FE yang dibekali teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 107 HP dengan torsi 140 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi CVT atau manual 5-percepatan.

Gambar Mesin Toyota Yaris

Sepertinya mesin Toyota Yaris sudah membutuhkan sedikit pembaruan

Dari tenaga saja, City sudah unggul jauh dibanding Yaris. Begitu pula dengan kemampuan berakselerasinya. City Hatchback dapat menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 10,7 detik. Sedangkan Yaris di 11,2 detik.

>>> Adu Spesifikasi MPV, Hyundai Staria vs Toyota Alphard

Hebatnya, tak hanya lebih kencang, Honda City Hatchback RS juga lebih irit dibanding Toyoya Yaris GR Sport. Untuk rute kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, City mampu mencatat konsumsi bahan bakar 15 kilometer per liter dibanding pesaingnya yang hanya mencatat konsumsi sekitar 14 kilometer per liter.

>>> Ingin mendapatkan informasi promo mobil Honda? Klik tombol di bawah ini dan isi dengan lengkap formnya!

 

Begitu pula untuk rute tol, di mana City Hatchback mampu mencatat konsumsi mencapai 20 kilometer per liter di mana Yaris hanya mampu mencatat konsumsi sekitar 17 kilometer per liter.

Kesimpulan

Baik secara dimensi atau performa, Honda City Hatchback ternyata mampu unggul dibanding pesaingnya Toyota Yaris. Tak hanya lebih besar dan luas, mobil ini juga lebih lincah, lebih bertenaga, dan lebih efisien bahan bakar.

Gambar Honda City Hatchback

Selamat kepada City yang berhasil memenangkan adu spesifikasi hatchback kali ini

Setidaknya, dari segi harga Toyota Yaris GR Sport masih lebih terjangkau dibanding pesaingnya. Jika Yaris termahal dibanderol Rp 284 juta, Honda City Hatchback termahal dibanderol hingga lebih dari Rp 300 juta.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top