Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mungil yang Dijajal Jokowi di GIIAS 2021

17/11/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Presiden Joko Widodo sempat mengunjungi pameran GIIAS 2021. Usai berkeliling booth, Jokowi menyempatkan untuk menjajal mobil listrik mungil Mitsubishi.

Hari ketujuh pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 diramaikan oleh kehadiran Presiden Joko Widodo. Jokowi yang tiba pukul 09.00 itu langsung berkeliling arena GIIAS dan menyambangi sejumlah booth dengan mengendarai mobil golf. 

Jokowi di GIIAS

Jokowi saat menjajal Minicab MiEV di halaman lobby ICE BSD

>>> GIIAS 2021: Wuling Siapkan Mobil Listrik Murah Pertama Di Indonesia

Jokowi Jajal Mobil Listrik Mitsubishi

Tak berhenti sampai di situ, usai berkeliling mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga sempat menjajal mobil listrik mungil Mitsubishi di area lobby luar.

Jokowi di GIIAS

Jokowi ditemani Menteri Perindustrian saat menjajal Minicab MiEV

"Oleh sebab itu kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid tapi sekali lagi yang semuanya harus ramah lingkungan," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/11/2021). 

Mobil listrik memang menjadi konsen para pabrikan di ajang GIIAS kali ini. Beberapa produsen bahkan memajang deretan kendaraan listrik di boothnya sebagai bentuk kesiapan menuju era elektrifikasi. Mitsubishi termasuk salah satunya dengan memajang Minicab MiEV. 

Minicab MiEV memang mencuri perhatian di booth Mitsubishi. Mobil itu dipajang di antara model mobil Mitsubishi lain yang dijual di Indonesia. Uniknya, Minicab MiEV ini justru belum dijual di Tanah Air. Minicab MiEV merupakan kendaraan niaga bertenaga listrik yang telah terbukti ketangguhannya, tapi itu di Jepang. 

Minicab MiEV di GIIAS 2021

Minicab MiEV dipajang di GIIAS 2021

Minicab MiEV sebenarnya bukan mobil baru Mitsubishi. Mobil niaga tanpa asap itu dengan ukuran mungil itu perdana meluncur tahun 2011 di Negeri Sakura. Minicab MiEV dihadirkan dalam dua pilihan baterai sehingga konsumen bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya. 

>>> Deretan Mobil Mitsubishi di Pameran GIIAS 2021 Bikin Pengunjung Penasaran

Bisa Berjalan Sejauh 150 km dalam Sekali Ngecas

Pertama adalah baterai CD 10,5 kWh yang mampu membuat mobil menjelajah sejauh 100 km dalam satu kali pengecasan. Versi yang kedua adalah CD 16.0 kWh yang bisa menjelajah lebih jauh yakni 150 km. Kedua motor listrik itu mampu menghasilkan tenaga setara 41 PS/2.500-6.000 rpm dan torsi 196 Nm/0-3.000 rpm. 

Mitsubishi mengklaim mobil listrik ini ideal untuk mengangkut makanan, tanaman segar, kargo, atau pengantaran lainnya. Dari sisi operasional pun terhitung lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin konvesional. Untuk daya angkutnya, Minicab MiEV bisa mengangkut 350 kg dengan dua penumpang di dalamnya. 

Minicab MiEV di GIIAS 2021

Interior Minicab MiEV

Di Jepang, Minicab MiEV 2-seater dibanderol mulai 2.431.000 yen atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 301 jutaan. Kemudian untuk konfigurasi 4-seater dibanderol 2.453.000 yen atau sekitar Rp 304 jutaan. Harga tersebut terbilang murah karena pemerintah memberikan insentif terkait kendaraan ramah lingkungan. Sedangkan di Indonesia, tampaknya Mitsubishi belum ada gelagat untuk menjualnya. 

>>> Review MG ZS EV 2021: Calon SUV Listrik Paling Terjangkau

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top