Review MG ZS EV 2021: Calon SUV Listrik Paling Terjangkau

20/08/2021

Share this post:

MG ZS 2021

Editor rate:

TBA

Lihat promo

MG Motor Indonesia memperkenalkan SUV listrik pertama mereka, MG ZS EV pada April 2021. Jika dipasarkan mobil ini menjadi calon mobil listrik paling terjangkau.

Review MG ZS EV 2021: Calon SUV Listrik Paling Terjangkau
Review MG ZS EV 2021: Calon SUV Listrik Paling Terjangkau
0 Gambar
Varian Harga Spesifikasi
Excite Rp 258.800.000
Harga OTR
5 Kursi, 1498 cc, 112 hp, Bensin Lihat promo
Ignite Rp 292.800.000
Harga OTR
5 Kursi, 1498 cc, 112 hp, Bensin Lihat promo

Pengantar MG ZS 2021

Mari kita simak spesifikasi MG ZS 2021 di bawah ini.

Kelebihan
  • Dilengkapi segudang fitur canggih
  • Harga yang terjangkau untuk sebuah SUV listrik
Kekurangan
  • Build quality yang biasa saja
  • Jaringan dealer yang masih terbatas

Hadir di Tanah Air pada tahun 2020, Morris Garage (MG) menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan memperkenalkan Small SUV mereka MG ZS. MG ZS merupakan SUV kedua produksi MG Motor setelah diakuisisi oleh SAIC Motor, perusahaan otomotif terbesar di China.

Gambar perkenalan MG ZS EV

MG ZS EV pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada ajang IIMS Hybrid 2021

Memasuki tahun 2021, kini Small SUV tersebut hadir dengan varian motor listrik bertajuk MG ZS EV. Rumornya, ZS EV akan ditawarkan dengan harga yang kompetitif untuk segmen mobil listrik di Tanah Air.

>>> Review MG ZS 2020: SUV Terjangkau nan Elegan Asal Inggris

Tidak menutup kemungkinan, mobil ini menjadi kendaraan listrik pertama bagi Anda yang hendak beralih dari mesin bakar konvensional. Bagi Anda yang tertarik, simak review MG ZS EV dari Cintamobil.com berikut ini.

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior MG ZS 2021

Review MG ZS EV 2021: Eksterior Depan

Secara tampilan, MG ZS EV hampir sama persis dengan varian mesin bensinnya. Yang membedakan adalah bagian grill yang lebih tertutup dan lubang pengisian daya yang tersembunyi dibalik emblem.

Gambar MG ZS EV

Tampilan fascia depan MG ZS EV 2021

ZS EV juga entah untuk alasan apa tidak dibekali dengan lampu kabut di kedua sisi bumper bagian bawah seperti saudaranya yang bermesin bensin. Secara keseluruhan, fascia mobil ini mengingatkan kami pada Mazda dengan desain grille yang lebar serta desain honeycomb dengan aksen chrome pada sisi luar grille.

>>> Gimana Sih? Insentif Pajak Bikin Mobil Listrik Termurah Malah Naik Harga

Review MG ZS EV 2021: Eksterior Samping

Beralih ke sisi samping, MG ZS EV menawarkan desain maskulin yang khas dari sebuah SUV. Ada sedikit aksen chrome pada bagian bawah untuk menghadirkan kesan premium dibalik harganya yang terjangkau.

Gambar MG ZS EV

Tampak samping MG ZS EV 2021

Mobil ini dilengkapi dengan velg 17 inci 5-spoke dengan palang besar yang menutup untuk menghadirkan efisiensi aerodinamika yang lebih baik. Di bagian atap, ada roof rail yang dapat digunakan untuk mengangkut barang di bagian atap jika Anda hendak memasang roof rack.

Review MG ZS EV 2021: Eksterior Belakang

Bagian belakang menawarkan tampilan yang minimalis serta lekukan yang dinamis. Sebagai penanda bahwa MG ZS EV merupakan sebuah mobil listrik, ada emblem bertuliskan EV di bagian kanan bawah bagasi.

Gambar Fascia Belakang MG ZS EV

Tampilan belakang MG ZS EV 2021

Lampu mundur dan lampu sein masih menggunakan bohlam, dan di bagian bawah bumper, juga terdapat aksen chrome yang melengkapi bagian depan dan samping mobil. Satu hal yang menarik dari mobil ini adalah bukaan pintu bagasinya. Anda tinggal menekan logo MG yang berada di pintu belakang, maka pintu bagasi akan terbuka dengan mudah.


Interior MG ZS 2021

Meskipun MG ZS EV yang dipasarkan di Indonesia dibawa dari Thailand, namun ternyata masih ada kesan ‘mobil China’ di bagian dalamnya. Hal tersebut terlihat dari build quality yang tak terlalu impresif.

Namun, kekurangan tersebut dapat kami maklumi dengan banyaknya fitur canggih yang disematkan pada mobil ini.

Review MG ZS EV 2021: Dashboard dan Setir

MG ZS EV mengusung nuansa hitam yang menimbulkan kesan yang berkelas pada interior. Tak ketinggalan ada aksen berwarna silver dan chrome pada dashboard. Terlihat modern dengan pendingin udara yang bisa diputar 360 derajat dengan bezel dan aksen chrome serta head unit layar sentuh berukuran 8 inci.

Dalam hal kepraktisan, MG menyediakan banyak tempat penyimpanan pada dashboard, termasuk penyimpan kartu pada konsol tengah. Di bagian bawah, ada pengaturan AC yang masih menggunakan tombol serta kenop konvensional.

Gambar Cockpit MG ZS EV

Cockpit MG ZS EV 2021

Kesan sporty bisa ditemukan pada setir bergaya flat-bottom yang diberikan MG untuk ZS EV. Layaknya model modern, setir tersebut dibekali dengan tombol multifungsi yang dapat digunakan untuk mengatur fitur infotainment dan telefoni.

Sayangnya setir pada MG ZS EV 2021 hanya menggunakan fitur tilt, belum telescopic. Jadi bagi Anda yang ingin mengatur setir terpaksa harus sekalian mengatur posisi jok mobil.

Yang unik dari mobil ini, tidak ada tuas transmisi seperti saudaranya yang bermesin konvensional. Hanya ada kenop putar untuk memilih posisi transmisi yang biasa Anda temukan pada Range Rover.

Review MG ZS EV 2021: Kursi

Kursi pada ZS EV dibalut dengan bahan kulit sintetis berbahan hitam. Posisi berkendara cukup baik dengan berbagai pilihan posisi duduk bagi pengemudi dengan pengaturan 6-ways dan 4-ways untuk penumpang di baris depan.

Gambar Kursi MG ZS EV

Kursi baris kedua MG ZS EV 2021

Bagi penumpang di belakang, kursi baris kedua menawarkan ruang kaki yang cukup lapang meski lantai lebih tinggi dibanding MG ZS bermesin konvensional karena baterai yang tertanam.

Sayangnya, ruang kepala mobil ini tak begitu tinggi. Namun adanya panoramic sunroof menimbulkan kesan lega pada kabin. Semua kursi penumpang sudah dilengkapi dengan three-point seatbelt.

Fitur MG ZS 2021

Dengan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil listrik, MG ZS EV 2021 sudah menyajikan berbagai fitur terkini, diantaranya sistem infotainment iSmart EV 2.0 dengan head unit kompatibilitas Apple CarPlay.

Dengan fitur tersebut, Anda bisa dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi dalam gawai Anda, seperti pengaturan navigasi atau platform streaming musik pada head unit. Sayang bagi pengguna Android, mobil ini belum mendapatkan fitur Android Auto.

Gambar Head Unit MG ZS EV

Tampilan head unit MG ZS EV 2021

Panel instrument masih analog. Ada layar Multi Information Display digital berukuran cukup besar pada bagian tengah yang menampilkan berbagai informasi selama berkendara, seperti kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar, hingga tekanan ban.

>>> Pinjam Teknologi MG, Wuling Almaz Hybrid Bisa Jadi Lebih Irit

Review MG ZS Ignite 2020: Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan aktif yang ditanamkan pada MG ZS EV termasuk sistem pengereman ABS+EBD+BA, kontrol traksi, kontrol stabilitas, Hill Start Assist, Pedestrian Alert, dan 6 buah Airbag, termasuk Airbag samping. Ketika melakukan uji tabrak pada Euro NCAP, mobil ini mampu mendapatkan sistem keselamatan bintang lima.

Operasi MG ZS 2021

Tidak banyak yang bisa dibahas dalam hal dapur pacu, karena pada dasarnya mobil ini digerakkan dengan sebuah motor listrik Three Phase Permanent Magnet Synchronous Motor yang menggerakkan roda depan.

Gambar Motor Listrik MG ZS EV

Motor listrik MG ZS EV 2021

Motor tersebut ditenagai oleh baterai 44,5 kWh. MG ZS EV mampu menghasilkan tenaga 150 HP dengan torsi 350 Nm serta jangkauan 337 kilometer saat baterai terisi penuh.

Spesifikasi MG ZS 2021

Dimensi MG ZS EV 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.314 mm x 1.809 mm x 1.624 mm
Jarak Sumbu Roda 2.585 mm
Kapasitas Bagasi 470 Liter
Powertrain MG ZS EV 2021
Motor Listrik Three Phase Permanent Magnet Synchronous Motor
Baterai Lithium-Ion 44,5 kWh
Tenaga Maksimum 150 HP
Torsi Maksimum 350 Nm
Jangkauan 337 kilometer (NEDC)
Durasi Pengisian Daya Fast Charging: 30 menit dari 0 - 80%
Normal: 6,5 jam
Kaki-kaki MG ZS EV 2021
Suspensi Depan & Belakang Depan: MacPherson Strut
Belakang
Rem Depan & Belakang Disc
Velg 17 Inci

Daftar Harga MG ZS 2021

Sayangnya, hingga saat ini MG Motor Indonesia belum memberikan harga resmi dari MG ZS EV 2021. Namun, jika melihat NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor pada situs Badan Penerimaan Daerah (BAPENDA) DKI Jakarta, mobil ini berada di harga Rp 423 juta.

Jika mengacu pada NJKB ZS EV dan Hyundai Kona EV, mobil ini akan ada di kisaran harga Rp 600 jutaan.

Kesimpulan MG ZS 2021

MG ZS EV bisa jadi opsi yang menarik bagi Anda yang ingin beralih ke kendaraan elektrifikasi. Jika taksiran harga kami tepat, mobil ini akan menjadi SUV listrik termurah di Indonesia.

Meski dibanderol dengan harga terjangkau, mobil ini dibekali dengan berbagai fitur canggih yang membuatnya memiliki value for money yang baik. Walau masih memiliki kekurangan di segi build quality, harusnya itu tak menjadi masalah mengingat build quality Tesla pun tak seberapa baik dan tetap laku dengan harga yang tinggi.

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top