Inilah Tiga Mobil Unik yang Turut Berlaga di Dakar Rally 2020

15/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Inilah Tiga Mobil Unik yang Turut Berlaga di Dakar Rally 2020
Selain berlangsung di tempat yang baru, Dakar Rally 2020 juga diramaikan dengan penampilan beberapa mobil dan truk menarik yang mengadirkan pertarungan sengit

Perhelatan Dakar Rally 2020 bisa dibilang merupakan babak baru bagi ajang reli ketahanan yang legendaris tersebut. Selain untuk pertama kalinya berlangsung di Arab Saudi, ajang reli yang identik dengan medan gurun pasirnya tersebut juga masih menyimpan keunikkan tersendiri. Salah satu yang paling menarik perhatian publik adalah kehadiran mobil dan truk yang turut berlaga dan mampu memberikan perlawanan terbaiknya.

Foto Borgward BX7 DKR EVO

Borgward BX7 DKR EVO, pendatang baru yang membuat persaingan lebih sengit

>>> Dakar Rally 2020: Toyota Dan MINI Saling Pukul Di Tiap Stage

Untuk tahun ini, Dakar Rally menjadi moment kebangkitan beberapa produsen mobil asal China. Ada dua yang mencuat, pertama yakni Borgward BX7 DKR EVO dan Hongqi yang digunakan oleh tim Qian’an Jiu Jiang Landsail Racing Club. Kedua mobil asal Negeri Tiongkok ini bahkan mampu memberikan prestasi terbaik mereka di beberapa stages. Selain mobil buatan China, ajang Dakar Rally kali ini juga menjadi moment bagi pabrikan truk asal Ceko, Praga, untuk turut memberikan persaingan yang sengit di kelas truk. Ingin tahu lebih jauh tentang ketiga mobil dan truk unik ini? Simak penjelasannya berikut ini

1. Borgward BX7 DKR EVO

Nama Borgward memang terdengar asing di telinga Anda. Namun sebagai informasi, Borgward awalnya merupakan pabrikan mobil asal Bremen, Jerman dan sempat merilis model Isabella yang cukup populer di dekade ’50-an hingga awal ’60-an. Namun sayangnya, Borgward dinyatakan bangkrut pada tahun 1961. Setelah sempat beberapa kali hidup kembali dengan berganti kepemilikan, akhirnya pabrikan yang dirintis oleh Carl F.W. Borgward ini diakusisi oleh salah satu raksasa China, Foton pada tahun 2008 lalu.

Foto Borgward BX7 DKR EVO di Dakar Rally 2020

Borgward BX7 DKR EVO disupiri oleh salah satu master Dakar Rally, Nani Roma

Di bawah kendali Foton, Borgward menghadirkan lini SUV yang dikenal dengan nama BX7 dengan menggunakan mesin 4 silinder turbo. Tak hanya itu, untuk tahun 2020, Borward juga turun di ajang Dakar Rally 2020 dengan menggunakan Borgward BX7 DKR EVO yang disupiri salah satu master Dakar Rally asal Spanyol, Nani Roma dan turun di kelas T1.1 4x4. Borgward juga terhitung cukup kompetitif, dengan berhasil menduduki klasemen urutan 12 hingga stage enam. Sebuah pencapaian yang cukup baik mengingat Dakar Rally masih menyisakan 4 stage lagi dan masih banyak peluang untuk menggapai urutan atas.

>>> Vaidotas Zala Menang Mengejutkan Di Etape Pertama Dakar Rally 2020

2. Hongqi

Satu lagi mobil buatan China yang berlaga di Dakar Rally. Berbeda dengan Borgward, Hongqi tampil unik dengan menggunakan sebuah sedan limousin, CA770. Mobil andalah tim Qian’an Jiu Jiang Landsail Racing Club ini juga menggunakan mesin V8 dari General Motors yakni LS1. Ubahan lainnya adalah bodi carbon fiber dan kaki-kaki yang dibuat lebih jenjang dan kuat untuk berlaga di reli legendaris ini. 

Foto Hongqi di Dakar Rally 2020

Hongqi CA770 versi Dakar yang memiliki performa cukup bersinar di Dakar Rally 2020

Setelah sebelumnya cukup kompetitif di ajang Silk Way Rally pada tahun lalu, kini Hongqi CA770 ini turun di kelas T1.1 4x4 dengan menggunakan tiga mobil. salah satunya dengan driver Quan Ruan dan navigator Yirong Wang. Meski terlihat klasik, mobil yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1950’an ini mampu bersinar dengan berhasil menempati urutan kelima pada klasemen sementara Dakar Rally. 

>>> Test Drive Mitsubishi Triton 2019: Menaklukan Trek Off-Road Ditemani Sang Legenda Reli Dakar

3. Praga V4S

Foto Praga V4S, truk buatan Ceko di Dakar Rally 2020

Praga siap menantang truk jagoan Dakar Rally lainnya seperti Kamaz, MAZ, MAN dan Iveco

>>> Menilik Truk Bekas Murah dari Ranah Minang, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Kali ini datang dari kelas truck, yakni Praga V4S. Bagi yang belum familiar dengan truk satu ini, Praga merupakan produsen lightweight supercar dan truk yang cukup populer di Eropa. Untuk turun di ajang Dakar Rally 2020, Praga menggunakan model V3S yang mendapatkan beberapa ubahan seperti mesin turbo diesel dari Iveco bertenaga 1.000 hp, sasis tubular dan suspensi khusus untuk off-road racing. Race truk ini diberi nama Praga V4S dan turun dengan tim bernama Instaforex Loprais Praga. Salah satu pembalapnya adalah Ales Loprais yang juga menjadi salah satu jagoan Dakar Rally di kelas truk.

>>> Klik sini untuk lanjut update berita ototainment yang menarik lainnya

Share this post:

Berita lain

Menyimak Kembali Kesuksesan Peugeot Pada Ajang Dakar Rally

08/11/2019

Pasar mobil

4 menit

Peugeot sukses melakukan comeback pada ajang Dakar Rally setelah absen hampir 15 tahun lamanya, dengan kembali meraih gelar juara Dakar Rally selama tiga tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2016 hingga 2018

Lihat juga

Lanjutkan Petualangan Balap, Fernando Alonso Ikuti Dakar 2020 Bersama Toyota

21/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Masih haus akan tantangan dunia balap, juara dunia Formula 1 dua kali, Fernando Alonso, melanjutkan petualangannya dengan mengikuti Reli Dakar 2020 bersama Toyota.

Lihat juga

Audi A1 ini Bertenaga 400 Hp, Terinspirasi Dari Reli Grup B dan Hanya Ada Satu Di Dunia

29/10/2019

Mobil baru

3 menit

Tuner spesialis Audi, ABT Sportsline, membangun sebuah Audi A1 Sportback dengan tenaga paling sadis di dunia, yakni 400 hp. Kabarnya, terinspirasi dari reli Grup B dan hanya dibuat satu unit saja. Lantas, siapakah pemilik yang beruntung tersebut?

Lihat juga

Xpander AP4 Gagal Debut, XRT Tetap Tampil di Reli Selandia Baru

16/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Kehabisan waktu untuk menyelesaikan proses homologasi, Mitsubishi Xpander AP4 gagal menjalani debutnya pada Reli Selandia Baru akhir pekan ini. Namun, Rifat Sungkar beserta Xpander Rally Team tidak menyerah begitu saja.

Lihat juga

Komunitas Rally Indonesia Adakan Halal Bihalal Sekaligus Diskusi Tentang Reli Indonesia

08/07/2019

Event - Promosi

4 menit

Komunitas Rally Indonesia yang merupakan penggemar, dan para pelaku industri di dunia reli tanah air baru saja mengadakan halal bihalal pada Rabu (3/7) lalu. Acara yang berlangsung hangat ini digagas oleh Komisi Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Komunitas Rally Indonesia Adakan Halal Bihalal Sekaligus Diskusi Tentang Reli Indonesia

Lihat juga