Menilik Truk Bekas Murah dari Ranah Minang, Apa yang Perlu Diperhatikan?

19/10/2019

Jual beli

3 menit

Menilik Truk Bekas Murah dari Ranah Minang, Apa yang Perlu Diperhatikan?
Daerah Sumatera dari dulu dipenuhi dengan perkebunan dan pertambangan, tak terkecuali di Sumatera Barat. Tak jarang kita bisa menemukan banyak truk bekas murah yang dijual. Lalu, bagaimana cara memilihnya?

Sumatera Barat dikenal dengan kontur geografis perbukitan serta perkebunan. Areal perkebunan dan pertambangan pun menjadi mata pencaharian sebagian penduduk Sumbar. Maka tak salah jika Anda akan menemukan banyak truk bekas yang pernah digunakan untuk mengangkut sawit, semen, atau batu bara. Tertarik membeli truk bekas murah di daerah ini? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Jangan fokus mencari truk bekas murah

Meskipun harganya yang murah, namun jangan pernah fokus mencari truk bekas berdasarkan harga yang ditawarkan. Selain harga, beberapa detail yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli truk bekas, karena sangat berbeda dengan membeli mobil diesel pada umumnya.

Truk memang membutuhkan tenaga dan rangkaian suspensi yang kuat untuk membawa barang. Karena itu, perhatikan dengan detail kondisi kaki-kaki dan transmisi kendaraan. Selain mengecek kondisi secara langsung, coba ajak berjalan dan rasakan goncangan mobilnya.

bagian belakang truk Hino berwarna hijau 
Pastikan untuk memperhatikan kaki-kaki dan mesin truk

>>> Si ‘Kepala Kuning’ Teman Setia Boss Perusahaan, Ini Harga Truk Colt Diesel Tahun 1990

Mesin pun bisa dibilang menjadi nyawa penting bagi truk. Dengan perjalanan yang ditempuh seringkali melewati tanjakan dan turunan membawa beban berat, kekuatan mesin mobil serta rem sangat diperlukan. Salah satu kondisinya adalah asap buangan knalpot yang menghitam menandakan mesin tak lagi prima.

Mengingat truk merupakan salah satu kendaraan ‘pekerja keras’, tentu disarankan untuk mendapatkan truk dengan umur yang lebih muda. Dari berbagai sumber, usia 3 hingga 4 tahun merupakan usia dengan depresiasi harga yang signifikan. Tentu saja umur yang lebih tinggi membuat harganya berkurang drastis, tetapi hal tersebut juga mempengaruhi kinerja kendaraan.

>>> Review Hino FL 235 JW 2015: Truk Legendaris Tanah Air

Harga mobil bekas di Sumbar

Jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya seperti Jakarta atau Surabaya, pilihan mobil bekas di Sumbar masih terbatas, apalagi pada segmen truk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mencari truk bekas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selain harga, umur kendaraan juga perlu diperhitungkan.

 truk Hino tanpa bak belakang berwarna hijau
Hino dan Mitsubishi bisa dibilang sering ditemukan di pasar truk bekas

Untuk segmen truk besar, Hino bisa menjadi pilihan. Warna hijaunya dipadukan dengan ruang kargo sepanjang 9.2 meter memaksimalkan kapasitas ruang untuk muatan Anda. Dengan mesin J08E-UQ 7.684 cc 4 silinder segaris bertenaga 232 daya kuda, Hino FL 235 JW keluaran tahun 2015 bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp550 jutaan.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Selain Hino, truk Mitsubishi dan UD Truck pun sering ditemukan di pasar truk bekas. Namun bagi Anda yang membutuhkan truk medium, Isuzu Elf dengan sistem penggerak 4x2 keluaran tahun 2014 saat ini dijual mulai dari Rp140 jutaan, bergantung varian yang ditawarkan.

 Isuzu Elf berwarna putih
Isuzu memiliki banyak varian, termasuk truk medium Elf

Selain itu, Mercedes-Benz dan beberapa varian truk Volvo merupakan pilihan untuk truk premium. Jadi, jangan harapkan mendapatkan truk bekas murah dari dua varian ini jika Anda mencari truk dengan tahun rendah. Karena itu, sesuaikan pilihan truk dengan kebutuhan dan budget yang Anda sediakan.

>>> Tips trik lainnya bisa dibaca disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top