Mobil Hyundai Ini Bakal Jadi Safety Car WSBK di Sirkuit Mandalika

11/11/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Perhelatan WSBK di Sirkuit Mandalika tinggal menghitung hari. Motor-motor termasuk safety car Hyundai untuk balapan tersebut sudah terlihat di sekitar sirkuit.

Keramaian ajang motorsport besar pertama di Sirkuit Mandalika sudah semakin terasa. Meski para pebalap World Superbike (WSBK) belum terlihat di sekitar sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, namun keperluan logistik termasuk motor yang akan berlaga dan mobil yang akan menjadi safety car.

Bicara soal safety car, BMW Indonesia selaku partner resmi dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan menyediakan mobil operasional sekaligus safety car untuk ajang balap yang diadakan di Sirkuit Mandalika.

Namun, mobil tersebut tak akan digunakan untuk WSBK mengingat Hyundai adalah partner resmi dari ajang balap superbike tersebut. Penasaran seperti apa safety car yang akan digunakan? Mari mengenal Hyundai i30 N Fastback lebih dekat.

>>> BMW i4 M50 Jadi Safety Car Balap Motor Listrik MotoE

Gambar Safety Car WSBK

Hyundai i30 N Fastback yang akan menjadi safety car WSBK Sirkuit Mandalika sudah terlihat di area sirkuit

Fastback Dari Korea Selatan

Hyundai i30 N Fastback pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 menyusul kesuksesan saudaranya yang berbentuk Hatchback. Mobil ini menjadi model N yang ketiga setelah i30 N dan Veloster N.

Sama seperti versi Hatchback, i30 N Fastback mengusung mesin 2.0L turbo yang mampu menghasilkan tenaga 248 HP dan torsi 353 Nm. Sedangkan varian Performance-nya mampu menghasilkan tenaga 271 HP dan torsi 378 Nm.

Soal akselerasi 0 - 100 km/jam, i30 N Fastback dapat menuntaskannya dalam waktu 6,4 detik dan 6,1 detik untuk versi Performance. Meski belum sekencang mobil-mobil kompak dari Mercedes-AMG, cukup impresif untuk Hyundai yang tak pernah mengeluarkan model high performance sebelumnya.

Gambar Hyundai i30 N Fastback

Akselerasi 0 - 100 km/jam dalam 6,1 detik. Cukup impresif di kelasnya

Tak hanya berakselerasi, mobil ini andal untuk dibawa ke sirkuit untuk sekadar track day di akhir pekan. Apalagi, i30 N juga terbilang praktis sebagai sebuah mobil harian. Wajar jika di Eropa mobil ini cukup digemari.

Kini, Anda bisa melihat langsung mobil itu di Indonesia saat menonton WSBK Mandalika yang akan diadakan pada tanggal 19 hingga 21 November 2021.

>>> Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Sejarah N Hyundai Hingga ke WSBK

Sebelumnya, Hyundai tak pernah dikenal sebagai jenama yang lekat dengan mobil-mobil high performance. Namun, semua itu berubah ketika mereka memperkenalkan divisi N pada tahun 2013. Saat itu, huruf N terlihat pada Hyundai i20 yang berlaga di ajang World Rally Championship (WRC).

Gambar Hyundai i20 WRC

Huruf N mulai muncul pada mobil WRC milik Hyundai

Pada tahun 2014, divisi N pun terbentuk. Penggunaan huruf abjad keempat belas itu berkaitan dengan Namyang Research & Development Center di mana Hyundai dan KIA melakukan pengetesan mobil-mobil mereka.

Tak main-main, saat itu Hyundai merekrut Albert Biermann sebagai Executive Vice President. Biermann sendiri merupakan bekas kepala divisi M BMW yang melahirkan banyak mobil high performance ikonik dari waktu ke waktu.

Seperti yang kami bahas sebelumnya, i30 N merupakan mobil pertama yang dilahirkan dari divisi ini. Setelah itu, lahirlah Veloster N dan i30 N Fastback yang akhirnya menjadi safety car untuk WSBK.

Gambar Hyundai i30 N Safety Car

Mobil ini akan mengawal keselamatan para pebalap yang berlaga di Sirkuit Mandalika

Tentu sebagai sebuah divisi yang akan banyak berkecimpung di dunia motorsport, kemitraan dengan ajang balap motor Superbike dunia itu terbilang strategis. Ini menempatkan mereka di tempat yang serupa dengan BMW M yang menjadi mitra MotoGP, dan Mercedes-AMG yang menjadi mitra dari Formula 1.

>>> Tiket WSBK Sirkuit Mandalika, dari Rp 250 Ribu Sampai Seharga Umrah

 

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top