Ini Dia Satu-satunya Mobil Niaga Made in Indonesia yang Tembus Jepang

14/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Daihatsu menyebut kualitas Gran Max Pick-up made in Indonesia tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya mobil pick-up itu menembus Jepang.

Daihatsu Gran Max Pick-up belakangan mencuri perhatian. Tak jarang masuk dalam daftar mobil terlaris dan justru bersaing dengan mobil penumpang yang dijual dalam negeri.

Pada periode September 2021 misalnya, Daihatsu Gran Max versi Pick-up menghuni tempat ketiga mobil terlaris di Indonesia tepat di bawah Toyota Avanza dan Rush dengan jumlah distribusi wholesales sebanyak 5.078 unit. 

>>> Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Made in Indonesia

Satu-satunya Mobil Komersial yang Tembus Jepang

Padahal kalau diperhatikan Gran Max versi pick-up ini tak termasuk dalam kendaraan yang mendapatkan keringanan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100% dari pemerintah. Usut punya usut, peningkatan penjualan pick-up tersebut didukung oleh kenaikan harga komoditas seperti batubara dan juga minyak sawit. 

Mazda Bongo

Daihatsu juga mengekspor Gran Max versi pick-up untuk Mazda Bongo

Gran Max tak hanya laris manis di dalam negeri. Seperti diketahui bersama Gran Max Pick-up tak hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tanah Air, melainkan juga ekspor. Bahkan salah satu kehadiran mobil Made in Indonesia andalan Daihatsu ini menjadi satu-satunya mobil komersial yang berhasil menembus Negeri Sakura. 

Benar saja, bila mengutip data distribusi ekspor yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia per September Daihatsu mengirim Gran Max versi pick-up ke mancanegara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan juga Jepang.

Pun demikian dengan Mazda Bongo yang dikirim ke Jepang lahir dari pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Masih dalam data yang sama, memang hanya mobil Daihatsu yang berhasil menembus pasar Jepang. Ditegaskan Daihatsu bahwa ini menjadi bukti bahwa kualitas pick-up andalannya itu tak perlu diragukan lagi. 

"Gran Max Pick-up ini satu-satunya mobil komersial yang bisa masuk pasar Jepang, tentunya teman-teman tahu betapa susahnya masuk pasar Jepang," ungkap Customer Satisfaction Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Elvina Afny dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021). 

>>> Daihatsu Sigra & Ayla 1.200 Dapat Mesin Rocky Non Turbo? Ini Kata Daihatsu

Mobil Irit dan Perawatannya Mudah

Foto tampilan depan Daihatsu Gran Max

Mobil made in Indonesia ini diklaim irit dan perawatannya mudah

Di Indonesia Gran Max versi pick-up juga memiliki daya tarik tersendiri. Selain kualitas yang diklaim teruji karena berhasil menembus Jepang, mobil juga terbukti irit namun tetap bertenaga. Ada juga faktor 'ketenangan' yang ditawarkan Gran Max versi pick-up ini. 

Di samping itu biaya perawatannya juga terbilang irit. Untuk mendukung konsumennya, Daihatsu juga telah menyediakan layanan purnajual berupa servis gratis hingga dua tahun.  

"Dari hasil tes jalan dari tim RnD kita dan survei customer, Gran Max Pick-up itu paling irit dan tetap bertenaga lalu juga data kita menunjukan tinggi deck pickup dari tanah itu paling ekonomis sehingga pas customer mau naik turun barang paling mudah," tambah Elvina lagi. 

>>> Daihatsu Lahirkan 7 Juta Mobil 'Made in Indonesia', Apa Saja Modelnya?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top