Daihatsu Sigra & Ayla 1.200 Dapat Mesin Rocky Non Turbo? Ini Kata Daihatsu

05/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki gacoan mesin anyar berkapasitas 1.200 cc non turbo, akankah Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla menyusul pakai mesin ini?

Kini PT ADM memiliki lini mesin baru berkapasitas 1.200 cc non turbo, saat ini dapur pacu berkonvigurasi 3-silinder segaris ini baru disematkan di balik kap mesin Daihatsu Rocky 1.2L. Lantas apakah varian Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla yang kapasitas silindernya sama-sama 1.200 cc bisa segera menyusul pakai mesin ini?

Harus Riset Dulu

Sayangnya, untuk menyematkan mesin baru tersebut di Daihatsu Sigra maupun Ayla tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu dilakukan riset mendalam terlebih dahulu sebelum PT ADM memutuskan untuk menyematkan mesin anyar tersebut.

Daihatsu Ayla SE 2019

Daihatsu Sigra & Ayla varian 1.200 cc bakal gendong mesin baru?

Tapi meski demikian, ternyata pihak Daihatsu tidak menutup kemungkinan untuk mewujudkan hal itu, "Semua ada peluangnya. Sambil kita riset lagi kebutuhan di market seperti apa," papar Audi Tarantini, Head, Test & Validation Departement, R&D Directorate PT ADM ke tim Cintamobil.com.

Mesin Daihatsu 1.200 cc WA-VE

Mesin WA-VE punya sejumlah kelebihan yang tak bisa ditemukan di mesin 3NR-VE

Tentu tak heran, bila kami berharap jika mesin baru tersebut 'nemplok' di balik kap mesin Daihatsu Sigra maupun Ayla. Sebab mesin WA-VE itu dirancang untuk hemat BBM tanpa melupakan kemampuannya dalam berakselerasi.

Eksterior samping Daihatsu Rocky 1.2L

Konsumsi BBM Rocky 1.200 diklaim yang terbaik di kelasnya

Tak main-main, pihak internal Daihatsu Indonesia sudah tes mesin ini di Rocky, dan hasilnya mencengangkan, "Kami sudah uji di kondisi jalan di Indonesia, dimana pencapaian Rocky 1.2L ini bisa 18-19 kilometer per liter," tambah Anjar Rosjadi, selaku Marketing Product Planning Division PT ADM.

>>> Oli Mesin Daihatsu Rocky Turbo Bisa Pakai Kepunyaan Ayla & Sigra

Gran Max Juga Senasib

Sebenarnya tak hanya Daihatsu Sigra dan Ayla saja yang berpotensi mendapatkan mesin anyar, tapi ada salah satu produk andalan PT ADM di pasar nasional yang urung mendapatkan mesin yang lebih baru. Produk itu adalah Daihatsu Gran Max.

Sayangnya, "Belum ada rencana dalam jangka dekat ini untuk update Gran Max, untuk pemilihan mesin SZ (3SZ-VE) series di pasar domestik sementara ini merupakan pilihan yang pas disesuaikan dengan kondisi BBM di pasar dan sesuai dengan pilihan pengguna Gran Max pada umumnya, ekonomis irit dan handal," tukas Amelia Tjandra, selaku Marketing Director PT ADM ke kami di suatu kesempatan.

Daihatsu Gran Max 1.5

Gran Max yang dijual di Tanah Air masih menggendong mesin lawas

Padahal mesin Gran Max yang diekspor ke Jepang pakai mesin lebih anyar berkode 2NR-VE. Improvement yang ada di mesin itu naik signifikan dari mesin generasi sebelumnya. Kalau boleh jujur, kami sangat terkesima dengan halusnya suara maupun getaran yang dihasilkan dari unit 2NR-VE tersebut.

Jika pada model sebelumnya dengan engine lawas dalam kondisi stasioner Anda dapat merasakan getaran dari mesin di setir dan bangku pengemudi, sekarang tidak lagi. Disinyalir mesin ini memang didesain untuk penggerak roda depan.

>>> Gandeng Daihatsu, The Next Gran Max Bakal Dibuat Suzuki?

Jadi ketika dikonversi menjadi penggerak roda belakang yang mengandalkan kopel mesin ini menjadi sangat halus. Nah, kalau Gran Max saja belum ganti apakah mungkin Ayla dan Sigra 1.200 cc mendapat mesin baru duluan? Ya semoga saja...

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top