Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Buatan Indonesia

14/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Buatan Indonesia
Bukan hal mudah untuk melakukan ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang. Hal itu dialami langsung oleh PT Astra Daihatsu motor saat mengekspor Gran Max.

Mengekspor mobil bukan hal baru bagi Indonesia. Tercatat ada beberapa pabrikan yang mengekspor mobilnya dari Indonesia ke mancanegara. Mulai dari Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Honda, hingga Daihatsu. 

Tapi rupanya Indonesia sempat diragukan soal ekspor mobil. Terutama oleh Jepang. Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menceritakan betapa rumitnya proses ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang. 

>>> Rayakan Ulang Tahun Ke-20, PT Honda Prospect Motor Kasih Kado Devisa Untuk Negara

Sempat Diragukan

Jepang sendiri tak yakin dengan kualitas mobil yang diproduksi oleh Daihatsu di Tanah Air. Kala itu, Indonesia dinilai belum mampu melahirkan mobil berstandar Jepang. 

"Saya masih ingat waktu mau ekspor Gran Max ke Jepang, Jepang itu nggak percaya masa dari kita impor dari Indonesia. Mereka kan tahunya Indonesia itu negara antah berantah," ungkap Amelia dalam diskusi virtual belum lama ini. 

"Saya dapat tugas dari tim Jepang bikin video yang jelaskan Indonesia bahwa kita nih layak ekspor ke Jepang," lanjut Amelia. 

Pabrik Daihatsu

Kualitas mobil yang diproduksi Daihatsu di Indonesia setara Jepang

Kemudian pihaknya mengambil kesempatan tersebut untuk menunjukan kelebihan yang dimiliki Indonesia namun belum diketahui banyak oleh Jepang. 

"Jadi tugas itu diterjemahkan, betul Indonesia ada banyak hutan tapi juga ada 17.000 pulau. Kemudian tahu nggak mereka mall terbesar di ASEAN ada di Indonesia, kita juga ada sekolah internasional, banyak lapangan golf di Jakarta banyak jadi info Indonesia kita speak by data," beber Amelia. 

Rupanya, video yang dibuat Amelia dan timnya membuahkan hasil. Pihak Jepang mulai penasaran akan Indonesia dan langsung mendatangi pabrik  Daihatsu. Semua itu dilakukan demi memastikan bahwa benar Indonesia sudah sanggup memproduksi mobil dan memenuhi standar Jepang. 

Toyota Town Ace

Di Jepang Gran Max dijual juga menjadi Toyota Town Ace

"Saya ingat yang datang itu sampai Akio Toyoda mereka lihat sama ya seperti di Jepang karena sama seperti Toyota. Akhirnya kita bisa ekspor diterima dan itu membanggakan karena banyak brand lain ekspor ke Jepang cuma sementara bahkan dari UK sempat stop," kata Amelia. 

>>> Ekspor Mobil Merek Jepang dari Indonesia Diminati di Vietnam

Masih Bertahan Sejak 2007

Daihatsu sendiri telah melakukan ekspor mobil buatan Indonesia ke Jepang sejak tahun 2007. Bila mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memang hanya Daihatsu yang mengirim mobilnya ke Jepang. Sementara pabrikan lain juga mengekspor namun ke negara di luar Jepang. 

Mazda Bongo

Mazda Bongo juga rebadge dari Daihatsu Gran Max

Mobil yang diekspor Daihatsu ke Jepang adalah Gran Max dengan rebagde Toyota Lite Ace dan juga Town Ace. Kini rebadge Gran Max bertambah dengan kehadiran Mazda Bongo. Hal itu dimungkinkan lantaran adanya kerja sama antara Daihatsu dan juga Mazda. 

Varian Mazda Bongo yang dikirim Daihatsu Indonesia ke Jepang adalah Gran Max versi mesin 1.5 L.

"Ini satu kebanggaan Bangsa Indonesia bisa ekspor ke Jepang," tutup Amelia. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif yang hot lainnya 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top