Daihatsu Lahirkan 7 Juta Mobil 'Made in Indonesia', Apa Saja Modelnya?

23/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Daihatsu telah melahirkan 7 juta mobil 'Made in Indonesia' di sejumlah pabriknya di Tanah Air. Penasaran nggak sih apa saja modelnya? Yuk simak yang satu ini.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja merayakan produksi 7 juta unit mobil made in Indonesia. Hal itu bisa dicapai Daihatsu usai 43 tahun melebarkan sayapnya di industri otomotif Tanah Air. Daihatsu tak hanya memproduksi mobil untuk kebutuhan pasar domestik, melainkan juga dikirim ke mancanegara. 

Perjalanan dimulai sejak Daihatsu memulai produksi perdana secara utuh pada tahun 1978. Butuh 27 tahun bagi Daihatsu untuk bisa melahirkan mobil made in Indonesia sebanyak 1 juta unit, tepatnya pada 2005.

pabrik Daihatsu

Kapasitas produksi dua pabrik Daihatsu di Indonesia mencapai 530.000 unit per tahun

>>> Daihatsu Rocky Mau Ada Versi 'GR Sport' Nih?

Produksi Mobil Made in Indonesia dari Daihatsu Kini Lebih Singkat

Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai dalam waktu lebih singkat, yakni 5 tahun setelahnya pada 2010. Seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, produksi ke-3 juta unit tercapai pada tahun 2013 hanya dalam selang waktu 3 tahun. 

Tak berhenti sampai di situ, produksi ke-4 juta dan 5 juta unit, pada tahun 2015 dan 2017, hanya membutuhkan waktu 2 tahun. Produksi ke-6 juta unit pada tahun 2019, dicapai kurang dari 2 tahun.

Kemudian produksi ke-7 juta unit yang diproyeksi bisa tercapai pada 2020, nyatanya tertunda hingga Juli 2021 lantaran pandemi Covid-19. Sepanjang periode itu, Daihatsu diketahui melahirkan sejumlah model yang mungkin sudah akrab Anda lihat melintas di jalanan Indonesia termasuk mobil sejuta umat Toyota Avanza

Ya, pada tahun 2003 pabrik Daihatsu di Karawang Daihatsu dan Toyota melahirkan mobil kembar fenomenal Xenia dan Avanza. Menginjak 18 tahun, nyatanya mobil ini masih mendapat penerimaan yang baik di Indonesia. Meski sudah Berlanjut pada tahun 2006 mobil kembar kedua yang lahir dari pabrik Daihatsu adalah duo Low SUV Rush-Terios. 

Sejalan dengan program Low Cost Green Car (LCGC) yang dicanangkan pemerintah untuk menghadirkan mobil dengan harga terjangkau, Daihatsu pun turtu berpartisipasi dengan menghadirkan mobil kembar ketiganya bersama Toyota lewat Agya dan Ayla. 

Daihatsu Rocky

Ini Rocky 1.2L yang menjadi produksi ke-7 juta unit dari Daihatsu

>>> Wah! 7 Juta Unit Mobil 'Made in Indonesia' Lahir di Pabrik Daihatsu

Daihatsu Kirim Mobil Made in Indonesia ke Mancanegara

Belum habis sampai di situ, pada tahun 2017 lahirlah mobil kembar keempat di segmen LCGC yakni Sigra dan Calya. Menyusul pada tahun 2021, mobil kembar kelima yakni Rocky-Raize juga turut diproduksi bersama di pabrik Daihatsu. 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Daihatsu tak hanya memproduksi mobil untuk dalam negeri. Mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hanya ada dua mobil Daihatsu yang diekspor tanpa diganti dengan emblem Toyota yakni Gran Max Pick up dan Mini Bus ke Brunei Darussalam dan juga Malaysia. Kemudian untuk ke Jepang, Gran Max dijual dengan emblem Toyota yakni Town Ace dan Lite Ace. 

Selain Town Ace dan Lite Ace, mobil Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu untuk kebutuhan ekspor yakni Avanza, Rush, dan terakhir Wigo alias Agya. 

>>> Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top