[INFOGRAFIK] Bisa Nyetir Sendiri, Ini Beda MG HS i-Smart dan Wuling Almaz RS

25/06/2021

Pasar mobil

2 menit

Ada dua mobil baru yang sama-sama bisa menggunakan sistem pengendaraan otonom, yaitu MG HS i-Smart dan Wuling Almaz RS. Lalu, apa beda kedua mobil ini?

Teknologi otomotif yang semakin canggih menawarkan rasa berkendara baru: tanpa harus menggerakkan setir. Inilah yang menjadi keunggulan dari dua model SUV baru di Indonesia, yaitu MG HS i-Smart dan Wuling Almaz RS. Meski keduanya sama-sama bisa dibawa berkendara secara otonom, ini dia perbedaan keduanya.

1. Dimensi

Keduanya memang berada di segmen yang sama, dengan dimensi yang tak begitu jauh berbeda. Panjang sekitar 4.5 meter dan lebar 1.8 meter membuat mobil ini termasuk kompak namun bisa menampung hingga 5 orang dengan nyaman. Termasuk Almaz RS yang memiliki konfigurasi hingga 7 orang penumpang di dalam kabin, walaupun baris ketiga tak begitu lapang untuk pengemudi dewasa.

2. Mesin

Selanjutnya pada dapur pacu, keduanya juga menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dan dilengkapi dengan teknologi turbo untuk keluaran tenaga yang lebih besar. Meskipun MG HS i-Smart mampu membawa tenaga 20 hp lebih besar dibandingkan Almaz RS. Sedangkan torsi yang ditawarkan sama-sama berada pada kisaran 250 Nm.

>>> [INFOGRAFIK] Fakta Toyota Land Cruiser J300 yang Lebih Canggih

3. Sistem otonom

Untuk pengendaraan otonom, keduanya menggunakan nama yang berbeda, i-Smart untuk MG HS dan Advanced Driver Assistance System pada Almaz. Meskipun dalam hal teknis, tak ada yang membedakan antara dua model ini: sistem otonom Level 2 dimana Anda bisa melepas kemudi, namun harus selalu siap sedia mengambil alih kemudi.

4. Fitur

Teknologi canggih yang diberikan tentunya siap memberikan perjalanan yang lebih aman, termasuk beberapa fitur standar seperti Lane Departure, Lane Assist, dan Lane Keep Assist. Tapi jika dilihat dari daftar fitur yang diberikan, Almaz RS terlihat lebih ramai dan lengkap. Namun apakah hal tersebut bisa memastikan pengendaraan yang semakin baik? Ini perlu dicoba.

>>> MG HS i-Smart Siap Tantang Almaz RS, Ini Fitur Canggihnya

5. Harga

Meskipun secara teknis keduanya sama-sama mobil dari China, namun MG lebih dulu dikenal sebagai pabrikan asal Inggris. Terlihat dari harga yang terpaut cukup tinggi. Harga mG HS i-Smart dibanderol mulai dari Rp 469 jutaan, sedangkan harga Wuling Almaz RS cukup dengan Rp 358 jutaan saja.

infografik mengenai perbedaan MG HS dan Wuling Almaz RS berwarna biru

>>> Harga mobil baru dan promo terbaik 2021 ada di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top