[INFOGRAFIK] Mobil Terlaris Setiap Negara di Seluruh Dunia

29/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Di tengah pandemi COVID-19 yang meluluhlantakkan industri otomotif, Toyota berjaya dengan mengungguli Volkswagen sebagai mobil terlaris di berbagai negara.

Industri otomotif memang mengalami masa surut pada tahun 2020. Tapi menariknya, pabrikan mobil premium berhasil mencatatkan rekor penjualan sepanjang masa. Begitu pula dengan pabrikan top seperti Ford yang masih menjadi pilihan di berbagai negara atau Toyota yang mencatatkan diri sebagai mobil terlaris di berbagai negara di dunia.

Kembali dipimpin Toyota

Toyota menduduki puncak penjualan dari semua merek mobil pada tahun fiskal 2020. Pabrikan ini menyalip Volkswagen dan mendapatkan kembali gelar merek terlaris untuk pertama kalinya dalam lima tahun. Toyota menjual lebih dari 9,5 juta unit pada tahun 2020, meski turun 11,3% dibandingkan 2019.

Tapi penurunan ini tidak terlalu drastis, yaitu 15% dibandingkan tahun 2019, yang dialami oleh Volkswagen dengan ‘hanya’ mencatatkan 9,3 juta unit kendaraan terjual pada tahun 2020. Namun ini sudah lebih baik dibandingkan pabrikan otomotif lainnya.

mobil baru truk pikap Toyota Hilux 2020
Toyota Hilux menjadi model terlaris di berbagai negara

Secara global, Toyota merupakan merek terlaris di 44 negara berbeda di dunia, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh BestSellingCarsBlog.com. Volkswagen di peringkat kedua dengan memuncaki penjualan di 14 negara.

Salah satu mobil Toyota terlaris adalah Toyota Hilux, pikap yang baru saja mendapatkan model GR Sport ini merupakan mobil terlaris di 14 negara, termasuk Argentina, Australia, Afrika Selatan, dan Fiji.

>>> Merek Terlaris Bulan Juli, Merek Jepang 5 Besar Wuling Peringkat 7

Ketenaran pabrikan lokal

Di banyak negara terbesar di dunia, pembuat mobil lokal berkuasa dengan mendapatkan penjualan tertinggi. Termasuk truk pikap Ford F-Series yang berjaya di Amerika Serikat. Begitu pula dengan Honda N-Box yang menjadi mobil terlaris Honda di Jepang.

Di Rusia, mobil terlaris 2020 adalah Lada Granta, mobil subkompak yang diproduksi oleh perusahaan Rusia Avtovaz dan Renault Group milik Prancis. Sementara itu, India mencatatkan Maruti Swift, model hatchback kompak yang diproduksi oleh anak perusahaan Suzuki di India sebagai model terlaris mereka.

>>> Mobil Listrik VW Group Laris Manis

Sedangkan Volkswagen masih terus berjaya di pasar lokalnya. Dimana mobil masyarakat Volkswagen Golf menjadi pilihan sebagian besar penduduk Jerman tahun 2020 lalu. Popularitasnya tak tergantikan, meskipun mobil listrik Volkswagen ID.3 menjadi yang terlaris di Belanda.

infografik mobil terlaris di dunia dengan foto berbagai negara

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top