[INFOGRAFIK] 7 Model Perdana di Era Pikap Listrik di Dunia

23/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Bukan hanya kendaraan penumpang, segmen niaga pun tak ketinggalan memasuki tenaga listrik. Berikut beberapa pikap listrik yang siap meluncur dalam waktu dekat.

Setelah berbagai pabrikan berbondong-bondong beralih ke tenaga baterai untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan untuk mobil penumpang, segmen kendaraan niaga pun tak mau ketinggalan. Sebagian bagian dari segmen ‘basah’ di Amerika, mari kita lihat siapa saja pemimpin dalam era truk pikap listrik generasi pertama.

1. Atlis XT

Altis Motor Vehicles yang berbasis di Arizona menyebut dirinya sebagai perusahaan teknologi mobilitas pemula. Mereka sedang mempersiapkan truk pikap listrik dengan daya jangkau 800 kilometer dan harga yang cukup terjangkau. Siap diproduksi awal 2022 mendatang, mobil ini dipasarkan dengan banderol mulai dari Rp 648 jutaan.

>>> Dari Mana ISIS dan Taliban Mendapatkan Truk Pikap Toyota?

2. Bollinger B2

Dari semua daftar truk pikap listrik yang ada di sini, B2 memang memiliki banderol yang paling mahal dibandingkan yang lainnya. Padahal dari segi daya jangkau dan kapasitas towing, mobil ini tidak begitu mengesankan. Tapi Bollinger mengklaim pikap ini merupakan “pikap paling mumpuni di dunia” dengan kapasitas muatan hingga 2,2 ton.

3. Ford F-150 Lightning

Ford yang memang tetap perkasa dalam urusan kendaraan bertenaga besar ini akhirnya ikut ambil bagian dalam perburuan truk pikap listrik terbaik. Mereka hadir dengan F-150 Lightning yang sudah mendapatkan motor listrik dengan daya jangkau 644 km. Harganya termasuk murah dibandingkan pesaingnya di segmen ini.

>>> Profil Ford F-150 Lightning 2022, Kuda Beban Koboi Abad 21

4. GMC Hummer EV Pickup

Kendaraan listrik pertama dari GMC langsung menggebrak dengan menggabungkan desain yang sangat maskulin dan futuristik. Fitur Watts to Freedom Mode (WTF Mode) bertanggung jawab melepaskan 1.000 daya kuda dengan torsi super besar mencapai 15.000 Nm! Harganya pun tak tanggung-tanggung, mulai dari Rp 1,4 miliar dengan pengiriman pertama meluncur akhir 2021.

5. Lordstown Endurance

Meski dianggap sukses selama pemerintahan Trump di Amerika, truk pikap Endurance dari Lordstown kemungkinan kecil bisa menepati janji produksinya pada September mendatang. Perusahaan ini sedang diperiksa atas tuduhan menyesatkan investor di pasar saham. Tapi jika berhasil melewati itu, Endurance bertenaga 600 hp siap rilis dengan harga yang tak berbeda jauh dari F-150 Lightning.

6. Rivian R1T

Sering dianggap sebagai start-up baru, namun Rivian ternyata telah memproduksi kendaraan listrik pertamanya lebih dari satu dekade lalu. Untuk R1T, test drive dilakukan pada Agustus dengan pengiriman pertama dijadwalkan Juni 2021. Harganya cukup menarik untuk mobil dengan daya jangkau 644 km dan tenaga 750 hp.

>>> Kalau Dijual Sekarang Harga Tesla Cybertruck Bisa Lebih dari Rp 14 Miliar

7. Tesla Cybertruck

Meski sempat diragukan akibat jendela yang retak ketika percobaan anti pecah, Musk menyebutkan bahwa mereka siap mengirim Cybertruck tahun depan. Musk bercanti mobil ini mampu menarik bobot lebih dari 6 ton, tapi tetap memiliki akselerasi yang tak kalah dari mobil penumpang, yaitu 0-100 km/jam hanya dalam 2,9 detik. Asyiknya Tesla Cybertruck ini sudah bisa dipesan di Cintamobil.com melalui link ini.

infografik mengenai truk pikap listrik terbaru

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top