[INFOGRAFIK] Fakta Toyota Land Cruiser J300 yang Lebih Canggih

14/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Meluncur hari Rabu, (9/6/2021) lalu, mari kita simak beberapa fakta menarik dari Toyota Land Cruiser J300 yang mendapatkan ubahan maksimal di generasi terbarunya.

Toyota Land Cruiser merupakan salah satu model terlaris dan legendaris dari pabrikan asal Jepang ini. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1951, Land Cruiser bahkan sudah laku terjual lebih dari 10 juta unit di lebih dari 170 negara di dunia. Kali ini Toyota Land Cruiser J300 yang diperkenalkan di Timur Tengah beberapa waktu lalu menjadi iterasi teranyar dari model SUV penguasa off-road ini.

Dibuat Lebih Canggih

Perubahan desain yang lebih modern tentu saja ubahan pasti dari edisi kesepuluh dari Land Cruiser ini. Meskipun masih mempertahankan kesan maskulin, Toyota menyebutkan Land Cruiser terbaru tetap membawa dimensi dari generasi sebelumnya. Sehingga tak ada ubahan bentuk yang signifikan pada mobil ini.

Gambar tampilan belakang Land Cruiser 300 Series

Bobot lebih ringan jadi keunggulan Land Cruiser J300

Namun J300 yang saat ini bertumpu pada platform Toyota New Global Architecture (TNGA-F) terbaru memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan sang pendahulu. Pengurangan bobot ini berpotensi menghadirkan efisiensi bahan bakar 10% lebih irit, klaim Toyota.

Gambar Fascia Land Cruiser 300 Series

Segala teknologi tercanggih Toyota disematkan di sini

J300 yang lebih pintar sudah mendapatkan teknologi teranyar Toyota. Dan yang terbaru adalah sistem Toyota Safety Sense. Termasuk Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) yang meningkatkan artikulasi roda demi membawa rasa berkendara di medan off-road yang lebih baik.

Termasuk sistem Multi Terrain Select yang menyesuaikan pengaturan sistem dan kinerja berdasarkan permukaan jalan. Dibantu dengan Multi Terrain Monitor, kamera yang membantu penempatan roda yang akuran di jalanan setapak dan menghindari rintangan.

Lebih Hemat Bahan Bakar

Kali ini Land Cruiser J300 menanggalkan mesin V8 yang telah lama menjadi ciri khasnya. Membawa mesin V6 yang lebih efisien. Penggunaan mesin V6 juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang dibuat lebih irit. Apalagi ditambah dengan pengurangan bobot 200 kg dibandingkan pendahulunya.

Ada mesin bensin 3.5 liter bertenaga 409 daya kuda dan torsi 650 Nm, serta mesin diesel 3,3 liter yang mampu mengeluarkan tenaga 304 daya kuda namun torsi maksimal mencapai 700 Nm. Kedua mesin dibekali transmisi otomatis 10-percepatan Direct Shift, membawa tenaga ke empat roda yang menjadi standar pada mobil ini.

Gambar menunjukkan fitur-fitur yang canggih dari Toyota Land Cruiser

Fakta Toyota Land Cruiser J300 yang Lebih Canggih

 
back to top