40.319 Kendaraan Diputar Balik selama Ganjil Genap Bogor

16/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Tercatat selama 6 sampai 14 Februari 2021 sebanyak 40.319 kendaraan berhasil diputar balikkan pada pemberlakuan aturan Ganjil Genap kota Bogor.

Selama pemberlakuan Ganjil Genap (Gage) di wilayah kota Bogor sejak 6 sampai 14 Februari 2021 lalu, Kapolresta Bogor Kota mencatat puluhan ribu kendaraan berhasil diputar balik. Secara detail selama 9 hari sistem Gage itu diberlakukan 40.319 kendaraan harus memutar arah kembali ke kota asalnya.

>>> Beda Gage Bogor dengan Jakarta

Gambar menunjukan Ganjil genap

Pemberlakukan Gage di Bogor telah berakhir

Terjadi Penurunan Kepadatan Pengguna Jalan

“Pekan pertama Sabtu dan Minggu jumlah kendaraan yang diputar balik 9.905 kendaraan dan pekan kedua Jumat, Sabtu, Minggu 30.474 kendaraan. Pelaksanaan ganjil genap berjalan aman dan lancar. Tentunya secara fisik kita bisa melihat kepadatan Kota Bogor menurun drastis,” kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo seperti dikutip dari laman  NTMC Polri.

Jumlah tersebut, didapat dari 6 pos penyekatan dan 5 checkpoint ganjil genap di Kota Bogor. Dari situ terlihat memang ada penurunan mobilitas yang cukup drastis dan arus lalu lintas terpantau lengang.

Berdasarkan catatan Polresta Bogor Kota ada sebanyak 252 kendaraan dikenakan sanksi denda, 452 sanksi teguran termasuk di dalamnya 87 angkutan umum yang melebihi kapasitas 50 persen.

“Dari data ini tentunya kami harus mengkaji lagi karena ini bukan tentang kemacetan lalu lintas, bukan mengurangi volume tapi terkait protokol kesehatan. Sehingga aspek dari kesehatan akan kita evaluasi lagi dengan aspek ekonomi dan sebagainya,” tambahnya.

>>> 3 Rekomendasi Cemilan saat Berkendara

Gambar menunjukan Kepadatan jalan

Masih belum diputuskan diperpanjang atau tidak

Penurunan Kasus Positif Covid-19 di Bogor

Berdasarkan data yang disampaikan Satgas Covid-19 Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota menyebut adanya penurunan angka kasus Covid-19 di Kota Bogor dalam tiga hari terakhir pekan lalu. Tentunya, dalam penerapan ganjil genap pekan terakhir akhir pekan lalu akan terlihat nanti yang juga sebagai pertimbangan apakah Gage Kota Bogor akan dilanjutkan atau tidak.

“Kemarin-kemarin dalam sehari sempat ada 170 lebih kasus, lalu turun menjadi 160 kasus dan hari ini sekitar 120 kasus. Semoga ini efek dari kebijakan Gage minggu lalu. Secara lalu lintas efektif, tapi tujuan utamanya adalah mencegah mobilitas masyarakat untuk mengurangi kerumunan,” tutup Kombes Pol Susatyo.

>>> Motor Listrik Budi Luhur Mulai Uji Coba di Sirkuit Sentul

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top