Beda Ganjil Genap Bogor dengan Jakarta

06/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Beda Ganjil Genap Bogor dengan Jakarta
Ganjil genap Bogor mulai berlaku 6 Februari 2021. Namun, penerapan ganjil genap di Bogor berbeda dengan yang dilakukan di Jakarta. Berikut penjelasannya.

Pemerintah Kota Bogor mulai 6 Februari 2021 menerapkan aturan ganjil genap. Sejumlah pos pun telah didirikan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan guna mencegat masyarakat yang berkendara tak sesuai pelatnya. 

Perlu diketahui, penerapan ganjil genap Bogor dan Jakarta itu berbeda. Ganjil genap Bogor ini berlaku pada akhir pekan.

Bisa Anda Coba, Manfaatkan Aplikasi Waze untuk Atasi Aturan Ganjil Genap

Di Jakarta ganjil genap diberlakukan untuk kurangi padatnya volume lalu lintas

>>> Trik Menghidar Biar Tak Terjebak Peraturan Ganjil Genap

Banyak Perbedaan dengan Ganjil Genap Jakarta

Sementara di Jakarta, kebijakan ganjil genap justru berlaku di hari kerja dan tidak diterapkan pada akhir pekan. Tujuannya pun berbeda. Penerapan ganjil genap di Bogor berkaitan dengan pengendalian penyebaran virus corona. 

Ganjil genap Jakarta Belum Berlaku saat PSBB Transisi Diterapkan Lagi

Ganjil genap Jakarta untuk sementara tak berlaku

"Yang perlu digaris bawahi adalah kebijakan ganjil genap di Kota Bogor dan Jakarta berbeda. Karena fokus kami bukan untuk mengurangi kemacetan, tetapi untuk mengurangi mobilitas warga seiring dengan melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kota Bogor," jelas Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto seperti dilihat Cintamobil dalam laman instagram pribadinya, Sabtu (6/2/2021). 

Bima lebih lanjut menjelaskan bahwa penerapan ganjil genap Bogor tak berarti membuat aktivitas dan produktivitas warga terhambat. Melainkan masyarakat harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan agar angka penyebaran virus corona di Kota Hujan itu bisa ditekan.

Sementara di Jakarta, ganjil genap merupakan salah satu langkah pemprov menekan angka kemacetan di Ibu Kota. Ganjil genap Jakarta berlaku hanya untuk mobil pribadi sedangkan kendaraan roda dua masih diizinkan melintas. 

"Bagi yang bekerja, melayani publik, perekonomian, tenaga kesehatan, ini masih bisa melintas sepanjang bisa membuktikan dengan menunjukan ID card atau surat keterangan dari perusahaan/lembaga," ungkapnya lagi. 

>>> Catat! Mulai 6 Februari Ganjil Genap Berlaku di Bogor

Tak Ada Sanksi Pelanggar Ganjil Genap di Bogor

Tak ada sanksi mengikat bila kendaraan nekat melintas ganjil genap di Bogor. Ini berbeda dengan di Jakarta, dimana kendaraan yang tak mematuhi aturan ganjil genap akan dikenakan denda tilang paling banyak Rp 500 ribu atau pidana kurungan paling lama dua bulan mengacu pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 287 ayat 1. 

Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto

Di masa pandemi, penerapan ganjil genap Jakarta justru dinilai tak efektif serta menuai kontra. Saat diterapkan, otomatis aktivitas warga terhambat dan mereka yang harus berpergian terpaksa menggunakan transportasi umum.

Walhasil sejumlah moda transportasi umum menjadi penuh kerumunan dan dikhawatirkan membuat kasus positif corona kian bertambah. Maka dari itu, Pemprov Jakarta untuk sementara waktu tak menerapkan ganjil genap sebagai langkah mengurangi angka penyebaran virus corona. 

>>> PSBB Total, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan, Ojol Bebas Beroperasi

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top