Motor Listrik Budi Luhur Mulai Uji Coba di Sirkuit Sentul

16/02/2021

Event - Promosi

5 menit

BL-SEV01 yang merupakan motor listrik Budi Luhur setelah diperkenalkan bulan lalu, kini mulai dilakukan uji coba. Pengetesan motor ini dilakukan di Sirkuit Sentul bersama pembalap Nasional.

Universitas Budi Luhur, Jakarta, mulai melakukan uji coba untuk motor listrik buatan para mahasiswanya. Motor listrik Budi Luhur ini dinamakan Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

Motor sport tanpa bahan bakar ini sudah pernah diperkenalkan bulan lalu. Dan belum lama ini BL-SEV01 mulai diuji coba di Sirkuit Internasional Sentul, yang ada di Bogor, Jawa Barat. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan motor tersebut di trek lurus maupun melahap tikungan.

>>> Paten Motor Listrik Honda Terkuak, Pakai Basis CB125R

Dikemudikan Pembalap Nasional

Motor Listrik BL-SEV01 Test

Diuji kemampuannya pada trek lurus dan tikungan

Demi mendapatkan hasil uji yang lebih maksimal, motor listrik Budi Luhur ini diuji langsung oleh pembalap muda Galih Aji Prakoso. Pembalap yang juga alumni dari Universitas Budi Luhur tersebut tercatat pernah menjuarai beberapa balapan nasional. Antara lain Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, Kawasaki Racing Academy Race dan lain-lain.

Pemilihan pembalap kelahiran 1993 itu sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor BL-SEV01 dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar motor tanpa emisi gas buang itu dpaat dikembangkan lebih baik lagi ke depannya.

“Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul dengan menggandeng pembalap profesional sebagai tester rider," kata Sujono, Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, melalui keterangan tertulisnya.

"Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur," lanjut Sujono.

>>> Mengintip Cara hingga Biaya Perawatan Mobil Listrik

Hasil Memuaskan Selama Tes

Spesifikasi Motor Listrik BL-SEV01 Budi Luhur

Hasilnya memuaskan meskipun ada sedikit kendala

>>> Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Roadster Langka dari Sejarah Lambo

Adapun hasil uji coba pertama ini kata Sujono, cukup baik. Karena BL-SEV01 berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik. Selain itu BL-SEV01 juga sempat mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam. Sayangnya ketika sepeda motor akan dipacu kembali lebih kencang, BL-SEV01 mengalami masalah ketika memasuki tikungan S kecil. Kuda besi ini kembali ke dalam paddock pit dan langsung dianalisis permasalahannya.

Setelah dianalisa, tim menemukan permasalah di bagian gear set. Komponen ini mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul.

"Ada permasalahan di gear set depan. Giginya habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit," terang Sujono.

Namun, motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan masih dalam kondisi normal.

BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Kemudian baterai bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengecasan selama 4 jam.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top