Paten Motor Listrik Honda Terkuak, Pakai Basis CB125R

26/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Paten Motor Listrik Honda Terkuak, Pakai Basis CB125R
Motor listrik Honda ini akan menggunakan basis platform dari CB125R, bahkan sudah terlihat bagaimana penempatan baterai dan motor listrik yang akan digunakan pada kendaraan tersebut.

Motor listrik Honda sepertinya sudah akan segera terwujud. Ini menyusul terkuaknya gambar paten untuk motor tanpa bahan bakar tersebut. Gambar sketsa desain ini menunjukkan bagaimana konfigurasi motor, posisi baterai, dan banyak lagi.

Uniknya, beberapa konsep motor listrik Honda ini menggunakan platform yang sangan identik dengan Honda CB125R. Misalnya dari bentuk rangka, posisi mesin, serta beberapa bagian motor lainnya. Apakah itu berarti Honda memang sedang merancang sebuah CB125R varian electric bike?

>>> All New CBR150R 2021 Meluncur, Banyak Fitur Barunya!

Terlihat Konstruksi Motor Secara Keseluruhan

Paten Desain Motor Listrik Honda

Berjenis naked bike dan posisi baterai ada di bawah tangki

Dikutip dari Visordown, Senin (25/01/2021), detil gambar paten desain itu memperlihatkan sejumlah elemen dasar dari motor listrik yang tengah digarap Honda. Pertama mengenai bagaimana Honda membuat saluran udara masuk dari bagian sisi tangki. Sepertinya ini digunakan untuk sistem pendinginan tambahan untuk baterai dari motor tersebut. Sementara baterainya sendiri akan diletakkan di bawah tangki.

Selanjutnya posisi motor lsitrik akan ada menggantikan mesin bakar yang ada di CB125R. Namun beberapa prediksi menyebut, mesin CB125R tetap akan digunakan namun dengan tambahan baterai lithium-ion. Sehingga lebih tepat kalau motor ini disebut motor hybrid. Prediksi lain menyebut kalau Honda sengaja membuat siluet seperti mesin CB125R konvensional. Ini untuk menutupi letak motor listrik dari kendaraan tersebut sehingga motor seolah-olah seperti motor sport pada umumnya.

>>> Tak Takut Baterai Habis, Hyundai Sonata Hybrid Gunakan Panel Surya Pada Mobilnya

Belum Jelas Waktu Produksinya

Tangki Motor Listrik Honda CB125R

Posisi baterai ada di balik tangki

>>> Review Honda City e:HEV 2020: Honda City Hybrid Nan Kencang

Setelah beredarnya paten desain ini, tentu pertanyaan berikutnya yang akan banyak muncul adalah kapan motor listrik Honda itu akan muncul dalam wujud nyata. Tentunya Anda tidak bisa mengharapkan dalam waktu 3-4 bulan kedepan. Karena pabrikan otomotif termasuk Honda, butuh waktu saat memproduksi model yang benar-benar baru. Namun ketika semua pabrikan bermain di segmen kendaraan listrik, berharap motor ini mucul segera adalah bukan sesuatu hal yang salah.

Merujuk pada Honda CB125R, motor ini menggunakan mesin 125 cc 4 tak silinder tunggal berpendingin cairan. Motor sport naked terkecil dari Honda untuk pasar Eropa itu punya tenaga 13,1 hp  dengan torsi 10 Nm di 8.000 rpm. Sejumlah teknologi modern juga sudah tersemat di motor ini, antara lain speedometer full digital,dan rem yang sudah dilengkapi ABS.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top