Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Roadster Langka dari Sejarah Lambo

29/07/2020

Share this post:

Lamborghini Sian 2020

Editor rate:

Rp 53.000.000.000

Mobil baru dan bekas Lamborghini Lihat promo

Diproduksi 19 unit, kehadiran Lamborghini Sian Roadster 2020 menjadi bagian sejarah Lamborghini dengan mesin paling bertenaga Lamborghini serta motor listrik.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Roadster Langka dari Sejarah Lambo
Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Roadster Langka dari Sejarah Lambo
0 Gambar

Pengantar Lamborghini Sian 2020

Mari kita simak spesifikasi Lamborghini Sian 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Super eksklusif dan langka

Akselerasi maksimal

Versi lebih sporty dari Lamborghini Sian

Kekurangan

Harga selangit

Tidak ada perubahan mesin dibandingkan Lamborghini Sian

Sudah ludes terjual

Lamborghini Sian Roadster merupakan salah satu hypercar paling langka milik Lamborghini saat ini. Bahkan Sian Roadster bisa dibilang sebagai versi topless dari mobil paling kuat dari portfolio Lamborghini. Berbagi mesin dan konfigurasi dengan Aventador SVJ, namun edisi Roadster juga dilengkapi dengan powertrain hybrid dari motor listrik 48-volt.

Lamborghini Sian 2019 berwarna emas
Lamborghini Sian yang ditawarkan dengan konfigurasi Aventador SVJ

Eksklusivitas yang ditawarkan Lamborghini terlihat dari unit produksi yang tak diproduksi berlebihan. Lamborghini Sian Coupe sudah sangat langka dengan hanya 63 unit yang akan diproduksi. Sedangkan Sian Roadster lebih istimewa dan patut diburu karena hanya tersedia sebanyak 19 unit di seluruh dunia, atau kurang sepertiga dari edisi Coupe.

Kedua angka produksi bukan tanpa alasan. Keduanya merujuk pada tahun Ferruccio Lamborghini ketika mendirikan Automobili Ferruccio Lamborghini S.p.A ada tahun 1963. Dengan 19 unit Sian Roadster dan 63 unit Sian Coupe menjadikan kedua mobil ini bukan hanya langka, tetapi merepresentasikan tonggak sejak pabrikan Italia ini.

mobil baru Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna biru
Desain terbaru Lamborghini Sian Roadster bergaya elegan namun sangar

Sayangnya, semua model Sian Roadster sudah lebih dulu ‘sold out’ meskipun harga yang ditawarkan sangat tinggi. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap salah satu mobil baru termahal ini, intip review Lamborghini Sian Roadster 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Lamborghini Sian 2020

Lamborghini sudah menawarkan tampang yang sporty dan mengesankan ketika memperkenalkan Sian pada September 2019 silam. Namun kehadiran Sian Roadster dibuat lebih agresif dengan beberapa ubahan. Bukan hanya sekadar memotong atap, tapi sedikit revisi pada tampilan luarnya.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Eksterior Depan

Desainer Lamborghini menawarkan garis periscopio yang terinspirasi dari Lamborghini Countach yang legendaris. Garis bodi mengalir dari fasia depan secara diagonal menyatu dengan lampu depan dengan aksen Y yang terlihat seperti anak panah. Menegaskan kesan cepat yang diemban oleh Roadster ini.

tampilan depan Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna biru
Tampilan depan Lamborghini Sian Roadster 2020

Terlihat splitter depan dari karbon yang terintegrasi dengan lampu depan. Untuk meningkatkan aerodinamika, aliran udara diarahkan melalui splitter depan ke atap, kemudian melalui intake udara samping melewati spoiler belakang. Melengkapi tampilan depan, ada aksen emas mengalir dari fasia depan hingga side skirt.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna biru
Tampilan samping Lamborghini Sian Roadster 2020

Desain tanpa atap menjadi ciri khas tersendiri Sian Roadster yang membedakannya dengan vers Coupe maupun edisi standarnya. Tanpa adanya atap tidak begitu berpengaruh pada efisiensi aerodinamika yang ditawarkan. Dengan pintu bergaya gunting, Sian Roadster menawarkan pilihan warna baru Blue Uranus yang memikat. Layaknya sports car lainnya, Anda perlu berhati-hati ketika membawa mobil ini. Mengingat ground clearance mobil ini hanya 100 mm.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna biru
Tampilan belakang Lamborghini Sian Roadster 2020

Ada enam lampu belakang heksagonal yang juga terinspirasi dari Countach turut menghiasi tampilan buritan. Lamborghini mematenkan teknologi baru untuk baling-baling pendingin aktif pada eksterior belakang yang diaktifkan oleh suhu pada sistem pembuangan. Sayap belakang, layaknya model coupe, terintegrasi ke dalam bodi dan melebar secara otomatis ketika dibutuhkan.

>>> Apa saja perbedaan L:amborghini Sian Roadster dengan Lamborghini Sian FKP 37? Simakalh Review Lamborghini Sian FKP 37 2019 ini untuk tahu lebih dalam


Interior Lamborghini Sian 2020

Desain interior tak ubahnya seperti model Sian lainnya. Dibuat berdasarkan interior Lamborghini Aventador, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan untuk membuat tampilannya sedikit berbeda dibandingkan saudaranya yang lebih tua. Warna Oro Electrum membedakan Sian Roadster yang dibuat khusus untuk varian bertenaga hibrida.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Dashboard

Desain mewah bergaya sporty langsung terasa ketika masuk ke dalam kabin. Begitu pula tampilan dashboard yang hampir sama dengan Sian versi standar. Dibuat identik dengan Sian Coupe, Sian Roadster terinspirasi dari kokpit pesawat tempur yang dibuat ergonomis untuk kenyamanan berkendara.

dashboard Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna hitam
Dashboard Lamborghini Sian Roadster 2020

Beberapa aksen aluminium di dalam kabin yang menghiasi dashboard hingga konsol tengah. Ada saklar menawan pada konsol tengah yang dibuat melebar. Bukannya pada sisi tengah dashboard, layar sentuh bergaya portrait berukuran cukup besar terletak pada konsol tengah menghadirkan fungsi navigasi serta sistem hiburan yang akan menemani sepanjang perjalanan.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Setir

setir Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna hitam
Setir Lamborghini Sian Roadster 2020

Setir berlapis kulit Alcantara dengan desain flat-bottom menawarkan kenyamanan selama berkendara. Tanpa tombol multifungsi, sehingga semua pengaturan berpusat pada konsol tengah. Di belakang setir, terdapat instrumen kluster full-digital yang terletak sempurna dan visibilitas yang cukup baik. Sehingga tidak terlalu mengganggu ketika sedang mengemudi.

Review Lamborghini Sian Roadster 2020: Kursi

kursi Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna putih
Kursi Lamborghini Sian Roadster 2020

Kursi bucket sporty akan menopang tubuh dengan sempurna ketika berkendara dengan kecepatan mengesankan yang diberikan Sian Roadster. Ada kesan hitam pada sisi headrest dengan logo banteng khas Lamborghini dibuat senada dengan warna eksterior yang membuatnya lebih manis di dalam kabin.

>>> Apakah Anda sudah tahu informasi Lamborghini Hadirkan Sian Roadster, Cuma Tersedia 19 Unit!

Fitur Lamborghini Sian 2020

Layaknya model berkecepatan tinggi lainnya, hypercar Sian Roadster menghadirkan berbagai fitur tambahan untuk meningkatkan rasa berkendara. Ada tambahan rollover dan revisi aerodinamika, membuatnya tetap stabil meski dalam kecepatan tinggi. Di bagian belakang, ada ventilasi aktif milik Lamborghini yang bisa membuka untuk menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.

fitur Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna hitam
Fitur dalam Lamborghini Sian Roadster 2020

Meningkatkan kenyamanan berkendara di dalam mobil, sistem otomatis mengalir dari satu sisi ke sisi lain. Seperti 4-wheel steering dari sistem Lamborghini Dynamic Steering akan beradaptasi kepada kecepatan dan mode berkendara yang digunakan. Sistem penggerak empat roda disandingkan dengan suspensi adaptif yang menyesuaikan pengendaraan sesuai kondisi jalan.

>>> Ingin Punya Lamborghini Gallardo? Perhatikan Dulu Cara Mengganti Olinya

Operasi Lamborghini Sian 2020

Dibandingkan eksterior serta peningkatan tampilannya, mesin yang digunakan pada Sian Roadster masih sama dengan Lamborghini Sian biasa. Mesin V12 6.5L dengan teknologi Multi Point Injection mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 818 PS serta torsi puncak 720 Nm bersanding transmisi Independent Shifting Rods 7-percepatan milik Lamborghini.

Keluaran tenaganya dibantu motor listrik 48 volt yang ditambahkan teknologi baru Lamborghini superkapasitor, sistem baru yang bisa menyimpan tenaga 10 kali lipat dibandingkan baterai lithium-ion. Menghasilkan tenaga tiga kali lipat dibandingkan baterai dengan tenaga yang sama, namun tiga kali lebih ringan.

desain atas Lamborghini Sian Roadster 2020 berwarna biru
Mesin Lamborghini Sian Roadster 2020 terletak di belakang

Tenaganya yang mengesankan dengan sistem penggerak semua roda membuat Sian Roadster berjaya di lintasan lurus. Lamborghini mengklaim bahwa mobil ini mampu melaju dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 2,9 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 350 km/jam.

>>> Berapa Pajak Mobil Lamborghini Indonesia Setiap Tahunnya? Jangan Kaget Lihat Faktanya

Spesifikasi Lamborghini Sian 2020

Dimensi Lamborghini Sian Roadster 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.980 x 2.265 x 1.133 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Ground Clearance

100 mm

Mesin Lamborghini Sian Roadster 2020

Tipe Mesin

6.5L V12 MPI

Kapasitas Silinder

6.498 cc

Tenaga Maksimal

818 PS @ 8.500 rpm

Torsi Maksimal

720 Nm @ 6.750

Motor Listrik

48 Volt

Akselerasi (0-100 km/jam)

2.9 detik

Kecepatan Tertinggi

350 km/jam

Transmisi

Independent Shifting Rods 7-percepatan

Sistem Penggerak

All-wheel drive

Kaki-Kaki Lamborghini Sian Roadster 2020

Suspensi

Push rod magneto rheological active front and rear suspension with horizontal dampers and springs

Rem

Dual hydraulic circuit brake system with vacuum brake booster

Ban Depan

P Zero Corsa 255/30 ZR 20 92Y

Ban Belakang

P Zero Corsa 355/25 ZR 21 107Y

Daftar Harga Lamborghini Sian 2020

Bersama dengan Lamborghini Sian Coupe, Sian Roadster bisa dibilang sebagai salah satu model paling mahal milik Lamborghini. Lamborghini memang tidak mencantumkan harga resmi untuk kedua model ini karena sudah laris manis terjual. Tetapi beberapa sumber menyebutkan harga Lamborghini Sian Roadster mencapai $ 3.6 juta (atau sekitar Rp 53 miliar). Menempatkan Sian sebagai model baru termahal milik Lamborghini.

Kesimpulan Lamborghini Sian 2020

Lamborghini Sian Roadster 2020 merupakan salah satu tonggak sejarah Lamborghini. Bersanding dengan versi Coupe, hypercar ini menawarkan mesin paling bertenaga ditambah motor listrik dengan teknologi terbaru dari pabrikan Sant’Agata. Popularitasnya sama seperti harganya, melangit. Meski dengan banderol tinggi yang ditawarkan, Sian Roadster sudah ludes bahkan sebelum peluncurannya.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Prestige Motor

DKI Jakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top