Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Berteknologi Hibrida, Lambo Tercepat Sepanjang Masa

17/09/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Diantara banyak debut kendaraan elektrik di Frankfurt Motor Show 2019, salah satu yang paling menarik perhatian adalah Lamborghini Sian FKP 37 2019. Diklaim sebagai produksi tercepat sepanjang sejarah Lamborghini, mobil ini menggabungkan tampilan retro dengan kesenangan berkendara serta teknologi terbaru milik pabrikan Italia.

PENGANTAR Lamborghini Sian 2019

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019 - Di tengah banyaknya supercar dan debut mobil listrik yang tampil di Frankfurt Motor Show 2019, Lamborghini Sian FKP 37 2019 merupakan salah satu tonggak sejarah yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Italia ini. Teknologi hibrida ditambahkan bagi mobil yang dipercaya sebagai kendaraan produksi massal paling kencang milik Lamborghini.

peluncuran Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna emas
Peluncuran pertama Lamborghini Sian FKP 37 2019 di Frankfurt Motor Show 2019

Awalnya dikenal sebagai Lamborghini Sian saja, Lambo menambahkan FKP 37 mewakili penghargaan terhadap Ferdinand Karl Piëch dan tahun kelahirannya, 1937. Meskipun menjadi sejarah penting Volkswagen, Piëch memiliki ‘pertemanan’ erat dengan Lamborghini dan mengawasi akuisisi perusahaan Italia tersebut pada 1998 oleh Audi. Setelah memimpin VW Group sebagai CEO era 1993-2002, dia mengepalai Lamborghini sampai mengundurkan diri dan pensiun pada tahun 2015.

“Lamborghini Sián mewakili langkah pertama Lamborghini menuju elektrifikasi dan mengembangkan mesin V12 generasi berikutnya,” kata Stefano Domenicali, CEO Lamborghini. “Moniker Sián-nya, yang berarti 'cahaya atau kilat' dalam dialek Bolognese, menunjukkan elektrifikasi pertama dari mobil produksi Lamborghini dan menegaskan hubungan kuat kami dengan wilayah tempat kami beroperasi."

ilustrasi Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna emas
Desain menawan yang diperlukan oleh Lamborghini Sian FKP 37 2019

Mengambil inspirasi desain dari berbagai model terdahulu Lamborghini, mobil ini memiliki gabungan retro dan masa depan yang apik. Tapi, apa saja yang dibawa oleh mobil baru ini? Simak review Lamborghini Sian FKP 37 2019 dari Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Lamborghini Sian 2019

DNA desain Lamborghini turut mengukir tampilan luar mobil ini. Diilhami oleh Countach, eksterior Lamborghini Sian FKP 37 2019 mendapatkan banyak garis-garis tajam, desain aerodinamis nan anggun, serta gambar siluet yang menawan. Siluet dengan khas sudut lebar disebut terpengaruh karya Bertone, Marcello Gandini yang bertanggung jawab atas beberapa model paling bersejarah paling terkenal milik Lamborghini.

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Eksterior Depan

Bagian tubuh terbuat dari serat karbon. Tak hanya memberikan kesan yang lebih tajam, bagian serat karbon akan mengurangi beban sehingga membuat bobot mobil berkurang. Udara mengalir dari splitter depan, kap mesin, intake samping, dan keluar dari spoiler belakang. Memberikan tampilan menawan dari depan hingga belakang.

eksterior depan Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna emas 
Eksterior depan Lamborghini Sian FKP 37 2019

Lampu pada eksterior depan Lamborghini Sian FKP 37 2019 terinspirasi dari Terzo Millenio memberikan kesan baru yang diprediksi akan menjadi bagian dari desain masa depan Lamborghini. Dan Sian menjadi salah satu dari produksi Lamborghini untuk menyambut era baru, era elektrifikasi.

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Eksterior Samping

eksterior samping Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna emas 
Eksterior samping Lamborghini Sian FKP 37 2019

Ada banyak desain aerodinamika dari depan hingga belakang, eksterior samping Lamborghini Sian FKP 37 2019 pelek 20 inci di depan dan 21 inci di belakang. Salah satu bagian paling penting dalam aerodinamika berkendara mobil ini adalah atap elektrokromik dan permukaan yang bergerak, dikendalikan oleh bahan pintar yang inovatif. Hal ini akan memudahkan Anda ketika berkendara dengan menyesuaikan aeordinamika berkendara untuk efisiensi dan kemudahan selama di jalan.

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna emas 
Eksterior belakang Lamborghini Sian FKP 37 2019

Lihatlah ke belakang dan Anda akan melihat enam lampu belakang LED heksagonal yang sangat sesuai dengan ujung knalpot menampilkan bentuk dasar yang sama. Dan jika Anda bertanya-tanya tentang badge bernomor “63” pada shark fin antenna dari serat karbon yang berada pada eksterior belakang Lamborghini Sian FKP 37 2019, itu adalah jumlah model yang diproduksi saat ini. Melambangkan tahun 1963, kali pertama Ferruccio Lamborghini meresmikan Automobili Lamborghini S.p.A.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Lamborghini Sian 2019

Lamborghini mengungkapkan bahwa emosi berkendara yang diberikan oleh Lamborghini dimulai bahkan sebelum Anda melaju di jalanan. Interior Lamborghini Sian FKP 37 2019 mengandalkan desain mewah Italia yang menggabungkan teknologi dan kenyamanan. Elemen desain Lamborghini dengan fitur gaya berbentuk Y, segi enam, serta dengan pilihan kulit yang menawan dari interior dual tone milik Sian.

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Dasbor

Desain dasbor yang mewah serta balutan kulit tersedia dengan dual tone, oranye dan hitam. Ada aksen ‘Lamborghini’ pada dasbor untuk penumpang serta beberapa tombol pengaturan terletak di sebelah kiri pengemudi (mengingat mobil ini menggunakan setir kiri).

dasbor Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna oranye
Dasbor Lamborghini Sian FKP 37 2019

Tidak ada layar infotainment pada dasbor Lamborghini Sian FKP 37 2019. Di dalam, sebuah layar sentuh bisa Anda temukan pada bagian konsol tengah dengan beberapa tombol pengaturan yang bisa Anda gunakan untuk menjajal fitur-fitur teranyar Lamborghini. Tentu saja, tidak ada cupholder di tengah atau pada sisi pintu. Kenapa? Karena ini mobil sport, bukan mobil keluarga!

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Kemudi

kemudi Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna hitam dan oranye
Kemudi Lamborghini Sian FKP 37 2019

Berbeda dibandingkan mobil kebanyakan yang sudah mendapatkan kemudi multi fungsi, tampilan kemudi Lamborghini Sian FKP 37 2019 terlihat polos tanpa ada banyak gimik. Mungkin Lamborghini masih mempertimbangkan untuk tidak membuat pikiran pengemudi bercabang dengan tombol-tombol pada kemudi dan fokus ke jalan. Tapi untuk pengendaraan, pengemudi sudah mendapatkan konsol tengah yang penuh dengan berbagai tombol pengaturan.

Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Kursi

kursi Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna oranye
Kursi Lamborghini Sian FKP 37 2019

Mengendarai sebuah Lamborghini merupakan salah satu kenikmatan tersendiri. Bukan hanya tentang kecepatan dan rasa berkendara yang responsif, namun duduk di dalamnya saja sudah memberikan kesan nyaman dan maskulin. Kursi Lamborghini Sian FKP 37 2019 memiliki dia aksen, oranye dan hitam serta logo Lambo pada bagian headrest. Desain kursi yang tentunya dijahit tangan dengan tempat duduk yang lumayan rendah memberikan kenyamanan selama mengendarai supercar ini.

>>> Baca juga:

FITUR Lamborghini Sian 2019

Lamborghini mengklaim mobil ini akan menjadi powertrain hibrida tegangan rendah pertama yang memiliki motor listrik yang terintegrasi ke girboks dan terhubung ke roda. Secara eksternal, Sian menakjubkan untuk dilihat. Mobil ini memiliki nuansa Aventador yang klasik, tetapi menambahkan berbagai fitur untuk membawa Sian ke abad 21.

sistem touch screen Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna hitam 
Fitur baru Lamborghini Sian FKP 37 2019

Fitur Lamborghini Sian FKP 37 2019 yang paling menonjol termasuk sayap aerodinamis yang terpahat serta bahan panas pintar yang memutar baling-baling untuk aliran udara ekstra ketika mesin atau kendaraan mencapai suhu tertentu. Sistem touch screen telah ditanamkan pada konsol tengah, sementara Lamborghini mengatakan bagian 3D telah digunakan pada salah satu mobil mereka untuk pertama kalinya.

Perusahaan telah mengkonfirmasi kebisingan mobil tidak akan masuk ke dalam mobil, dengan teknologi hibrida kendaraan. Pengendara akan mendapatkan pengalaman mengendarai Lamborghini terbaru dengan semua teknologi serta fun-to-drive khas Lambo.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

OPERASI Lamborghini Sian 2019

Dibuat berdasarkan platform yang sama dengan Raging Bull edisi terbatas dan Aventador, sebagian besar mesin V12 6.5 liter masih digunakan untuk supercar ini. Namun yang menjadi inovasi untuk Sian adalah Lamborghini memasangkan V12 dengan motor listrik 48 volt bertenaga 34 daya kuda untuk menawarkan respons dan kinerja yang lebih baik.

 mesin Lamborghini Sian FKP 37 2019 berwarna hitam menggunakan V12
Mesin Lamborghini Sian FKP 37 2019

Dibandingkan mengambil sistem hybrid ringan 48 volt dari VW Group, Lamborghini memutuskan untuk tidak menggunakan paket baterai lithium ion dan mengembangkan superkapasitor tiga kali lebih kuat dari baterai yang sama dan tiga kali lebih ringan. Motor listrik dan superkapasitor memiliki berat 34 kg. Jadi meskipun ada tambahan bobot dengan motor listrik, mobil ini pun mendapatkan daya ekstra.

Hasilnya, sistem operasi Lamborghini Sian 2019 mampu menyemburkan 808 daya kuda dan mengantarkan mobil ini berlari kencang hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 2,8 detik. Tentunya, butuh tanggung jawab yang besar ketika memegang kendali mobil ini. Pasalnya, Sian bisa dipacu dengan kecepatan tertinggi melebihi 350 km/jam.

>>> Mobil Mahal Pajaknya Mahal? Lihat Dulu Harga Pajak Lamborghini Gallardo LP550-2 Ini

spesifikasi Lamborghini Sian 2019

Lamborghini secara resmi memperkenalkan dan memasarkan mobil ini di laman resminya. Supercar ini pun mendapatkan detail yang dijelaskan langsung oleh Lamborghini. Berikut spesifikasi Lamborghini Sian FKP 37 2019.

Dimensi Lamborghini Sian FKP 37 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

TBA 

Jarak Poros Roda

TBA 

Mesin Lamborghini Sian FKP 37 2019

Tipe Mesin

V12 6.5 liter Multi Point Injection

Kapasitas Silinder

6.498 cc

Tenaga Maksimal

773 dk @ 8.500 rpm

Torsi Maksimal

720 Nm @ 6.750 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

2.8 detik

Kecepatan Tertinggi

350 km/jam

Transmisi

ISR 7 Percepatan

Motor Listrik Lamborghini Sian FKP 37 2019

Kapasitas Superkapasitor

48V

Tenaga Maksimal

34 dk

Torsi Maksimal

38 Nm

Berat Superkapasitor

34 kg

Kaki-Kaki Lamborghini Sian FKP 37 2019

Ban Depan

P Zero Corsa 255/30 ZR 20 92Y

Ban Belakang

P Zero Corsa 355/25 ZR 21 107Y

Suspensi

Push rod magneto rheologic

Rem

Dual hydraulic circuit

kelebihan & kekurangan Lamborghini Sian 2019

Menjadi Lamborghini tercepat, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada mobil ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Lamborghini Sian FKP 37 2019 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Desain retro dengan tambahan teknologi terbaru Lamborghini

Kepraktisan yang jelas kurang mengingat mobil ini merupakan sebuah sport car

Lamborghini tercepat yang pernah diproduksi

Produksinya yang terbatas serta harga yang mahal tentunya membuat mobil ini hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu

Gabungan mesin V12 dan motor listrik serta tenaga yang responsif

 

daftar harga Lamborghini Sian 2019

Sian FKP 37 adalah salah satu mobil yang menjadi tonggak elektrifikasi Lamborghini. Maka dari itu, hanya ada 63 model yang akan diproduksi. Sayangnya, semua modelnya sudah ludes terjual. Tapi bagi Anda yang ingin mengetahui harga Lamborghini Sian FKP 37 2019, siap-siap untuk mengeluarkan biaya $3.6 juta, atau lebih dari Rp50 Miliar.

>>> Klik sini untuk cek harga dan promo dari mobil Lamborghini lainnya

Video Lamborghini Sian 2019

Dengan tagline “Ahead of Your Time”, akun YouTube Lamborghini mengunggah video Lamborghini Sian FKP 37 2019 yang memukau. Video berdurasi 1 menit lebih tersebut menampilkan keindahan dan representasi tenaga Lamborghini tercepat yang pernah diproduksi ini.

KESIMPULAN Lamborghini Sian 2019

Disebut sebagai salah satu model bersejarah Lamborghini ke era elektrifikasi, Lamborghini Sian FKP 37 2019 merupakan perpaduan desain menawan khas Lambo dengan teknologi teranyar milik perusahaan Italia tersebut. Dengan semua kemewahan yang terdapat di dalam mobil dan ketika mengendarai mobil ini, Sian bias dianggap sebagai supercar berteknologi hibrida paling megah yang dipasarkan saat ini.

 mobil baru Lamborghini Sian FKP 37 2019 di Frankfurt Motor Show 2019
Tampilan anyar Lamborghini Sian FKP 37 2019

Sayangnya, memiliki mobil ini mungkin menjadi impian bagi mereka pencinta kecepatan. Selain harganya langsung membuat rendah diri, semua model yang dijual sudah ludes dibeli konsumen kesayangan Lamborghini, bahkan sebelum mobil ini diperkenalkan ke masyarakat umum. Tapi jika saja Lambo akan memproduksi mobil ini lagi, tertarikkah Anda membelinya?

>>> Berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil