Review Lamborghini Huracán Sterrato 2019: Ketika Lamborghini Menciptakan ‘Tamiya’ Hidup

25/06/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Automobili Lamborghini tampaknya sangat antusias untuk bermain di lini Sport Utility Vehicle (SUV). Jika sebelumnya adalah Urus, kini tersedia Concept Car terbaru bernama Lamborghini Huracán Sterrato. Kelebihannya diklaim untuk menyediakan sensasi berkendara Fun to Drive, meski berjalan di medan berat sekalipun. Mari kita simak bersama sosoknya dalam review Lamborghini Huracán Sterrato 2019.

PENGANTAR Lamborghini Huracan 2019

Review Lamborghini Huracán Sterrato 2019 - Tepat pada tanggal 4 Juni 2019, Lamborghini mengabarkan bahwa Huracán Sterrato akan menjadi model Line-Up terbaru mereka. Secara performa, Sterrato berdiri setingkat di atas Lamborghini Urus, sama-sama tangguh di medan berat. Namun jika ditilik dari kehebatan mesinnya, Lamborghini Sterrato berdiri dalam jajaran keluarga Huracán, terbaik soal akselerasi dan kecepatan.

Lamborghini Huracan Sterrato 2019 adalah perkawinan silang dari jajaran keluarga Huracan dan Urus

Lamborghini Huracán Sterrato, Line-Up terbaru dari lini SUV

Bisa dikatakan, Lamborghini Huracán Sterrato adalah sebuah ‘barang’ yang tak main-main. Mencampurkan kelebihan dari keluarga Huracán EVO sekaligus performa tangguh Lamborghini Urus. Menariknya lagi, Lamborghini dengan optimis mengklaim Sterrato sangatlah nyaman dikendarai, Fun to Drive.
Tim Cintamobil.com pun percaya bahwa Sterrato akan menjadi artis baru dalam dunia otomotif. Ya, tak lama lagi. Pasalnya, mobil ini masih berdiri dalam versi konsep, tidak dijual secara massal. Namun, kami pun masih optimis, sama seperti Lamborghini yang juga optimis, percaya bahwa Sterrato akan hadir dalam waktu dekat. Inilah dia review Lamborghini Huracán Sterrato 2019.

EKSTERIOR Lamborghini Huracan 2019

Bodinya diracik dengan ‘ramuan’ khusus, lebar dan ketinggian bodi benar-benar diperhitungkan secara presisi. Alasannya hanya satu yakni supaya dapat memiliki ketahanan mumpuni di medan perbukitan hingga pegunungan. Ya, memang itu tema yang diusung.
Menilik desain eksterior Lamborghini Huracán Sterrato 2019, Sterrato memiliki tampilan yang mirip dengan Tamiya dan Kyosho. Ya, seperti itu memang adanya, dicampur nuansa agresif ala Lamborghini.

Review Lamborghini Huracán Sterrato 2019: Eksterior Depan

Siluet wajah depannya masih lekat akan karakteristik dari Lamborghini, Bonnet panjang dengan garis tegas ke arah bemper depan, dipadu lampu LED yang tertempel di dua ujung Bonnet-nya. Tersedia juga opsi paket khusus nantinya yakni lampu LED yang disematkan pada sisi atap dan dua buah di sisi bemper depan.

Lampu Lamborghini Huracan Steratto 2019 sudah dilengkapi konfigurasi LED

Tersedia Light Package tambahan yang disematkan pada sisi bemper dan atap

Ya, awalnya kami berpikir, Sterrato akan menerapkan basis SUV dengan bemper yang agak sedikit ke atas, mirip mobil SUV pada umumnya. Nyatanya tidak, karakter Lamborghini masih sangat kental pada wajah depannya. Tambahan menarik terletak pada Frame depan, menggunakan Aluminium Skid Plate sebagai pelindung utama ketika melaju di area tanjakan.

Eksterior Depan Lamborghini Huracan Sterrato 2019 sudah dilengkapi lampu LED dan Skid Plate

Setelah diuji coba, Lamborghini menemukan ada beberapa titik yang rawan terkena benturan sehingga panel Skid Plate diaplikasikan seperti pada bemper depan

Review Lamborghini Huracán Sterrato 2019: Eksterior Samping

Dimensi jarak pijak depan dan belakang, bertambah panjang 30 mm dibanding Huracán EVO. Hal tersebut dipadukan dengan ban Balloon Set berukuran 20 inci, sehingga menciptakan perawakan yang maskulin namun juga agresif. Secara performa, bannya yang cukup besar tentu mampu menyerap benturan lebih baik serta memberi Handling lebih mumpuni.

Eksterior Samping Lamborghini Huracan Sterrato 2019 sudah menghadirkan Sill Plate serta ban berukuran 20 inci

Ban Balloon Set 20 inci, siap menemani penggunanya melampiaskan hobi Off-Road

Review Lamborghini Huracán Sterrato 2019: Eksterior Belakang

Mengamati sektor buritannya, Sterrato hadir dengan tampilan mirip keluarga Huracán. Tak begitu banyak perbedaan secara signifikan, hanya tambahan Skid Plate pada sisi bemper belakangnya. Tujuan samanya yakni melindungi bodi belakangnya dari objek kasar ketika melaju di medan berat. Sementara itu, sisi lampu masih kental akan karakter Lamborghini, menunjukkan identitas aslinya kepada setiap mereka yang mengamatinya.

Eksterior Belakang Lamborghini Huracan Sterrato 2019 sudah dilengkapi pemanis seperti Spoiler minimalis

Terdapat tambahan Skid Plate pada bemper belakangnya

>>> Baca juga:

INTERIOR Lamborghini Huracan 2019

Lamborghini tampaknya belajar banyak dari Urus, mengamati bagaimana atmosfer kabin yang ideal bagi para pecinta Off-Road. Dalam hal ini, interior Lamborghini Huracán Sterrato 2019 mengawinkan karakter Sporty dengan aroma maskulin Off-Road.
Yang dipikirkan oleh pihak R&D Lamborghini akan kabinnya adalah kenyamanan. Ya, temanya sebagai mobil SUV tentu menuntut Sterrato untuk mampu melaju di area perbukitan, pegunungan maupun area bersalju. Maka dari itu, pengendara dan satu penumpang, harus dibuat senyaman mungkin khususnya ketika melaju di area berat seperti itu.

Interior Lamborghini Huracan Sterrato 2019 dibungkus dengan tema sporty dan agresif ala SUV

Kabinnya dirancang untuk perkara kenyamanan ketika melaju di medan berat

Kursi Sport yang diklaim sangat nyaman, mampu menyanggah punggung secara sempurna. Belum lagi, tersedia sabuk pengaman 4-Point Harness sehingga tetap menjaga posisi berkendara dari penunggangnya. Terakhir adalah ubahan pada aspek Titanium Rollcage dan lantai Aluminium, menjadi pembeda dari mobil lainnya.

Kursi Lamborghini Huracan Sterrato 2019 hanya mampu menampung dua orang saja

Titanium Rollcage menjadi penguat pesan Adventure SUV

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Lamborghini Huracan 2019

Media ternama seperti TopGear sempat diajak untuk pergi ke fasilitas rahasia Lamborghini yang terletak di salah satu kota Italia. Kepala R&D Lamborghini yakni Maurizio Reggiani menuturkan bahwa fitur Lamborghini Huracán Sterrato 2019 di-setting untuk tampil nyaman di medan berat. Sesuai namanya, Sterrato, yang berarti siap kotor, menerpa medan terjal hingga lumpur.

Fitur Lamborghini Huracan Sterrato 2019 sudah dilengkapi sistem LDVI sehingga tampil lebih nyaman ketika berkendara di medan berat

Belajar dari Urus, Lamborghini sudah siap menyediakan kendaraan yang siap melahap medan terjal

Fitur paling spesial yang dimilikinya adalah Lamborghini Dynamic Vehicle Integration (LDVI), di program khusus untuk medan terjal. Sistem LDVI akan mengontrol berbagai komponen penting dari Sterrato seperti Magnetic Dampers, Torque Vectoring All-Wheel Drive (AWD) hingga Traction Control.

>>> Ingin tahu mobil-mobil Lamborghini menarik lainnya? Coba lihat daftar lengkapnya di sini

OPERASI Lamborghini Huracan 2019

Jika berbicara masalah medan berat, tentu Lamborghini Urus menjadi patokan utamanya. Namun jika membahas masalah performa mesin, Huracán menjadi panutan Sterrato. Ya, dalam hal ini, operasi mesin Lamborghini Huracán Sterrato 2019 menerapkan kapasitas 5.2 Liter V10. Dari catatan resminya, daya lesatnya mampu mencapai 631 BHP digabungkan dengan mode penggerak AWD.

Performa mesin Lamborghini Huracan Sterrato 2019 mengikuti jejak dari keluarga Huracan yang menerapkan 5.2 Liter V10

Kecepatannya tak jauh beda dengan jajaran keluarga Lamborghini Huracán

Tim Cintamobil.com pun percaya, Sterrato akan sangat nyaman dikendarai, mengingat LDVI juga menjadi fitur paten pada mobil ini. Sistem penggerak AWD dipadu LDVI, akan menjadi proporsi yang pas untuk menjadi kendaraan SUV medan berat. Keasyikan berkendara akan menjadi jaminan mutlak dari Sterrato.

>>> Review Lamborghini Huracan Avio 2018: Perpaduan Canggih Antara Mobil Dengan Pesawat Jet

KESIMPULAN Lamborghini Huracan 2019

Bisa dibayangkan, tim R&D Lamborghini sejatinya lebih lihai dalam pembuatan mobil-mobil berkecepatan tinggi, sebut saja Aventador hingga Huracán. Hampir tak ada kisah SUV dari jajaran keluarga Lamborghini kecuali Urus yang sudah pernah dibahas oleh tim Cintamobil.com. Namun, seketika melihat Blueprint dari Sterrato, kami menyangka bahwa Lamborghini sudah benar-benar siap untuk terjun dalam dunia SUV. Tema yang dipilih adalah mobil berkecepatan tinggi mirip Huracán serta ketangguhan di medan berat ala Lamborghini Urus, menjadi latar belakang kisah Sterrato.

Penutup Lamborghini Huracan Sterrato 2019 terlihat sangat menarik dan diprediksi akan disukai banyak orang

Sterrato adalah perkawinan silang dari Huracán dan Urus, tertarik?

Sayangnya, untuk harga Lamborghini Huracán Sterrato masih belum dikabarkan secara resmi. Yang pasti, sosok mobil tangguh satu ini akan dibanderol lebih mahal dari Urus. Mari kita tunggu saja kehadiran resminya di Indonesia.

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan mobil kritis dan lengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil