Review Lamborghini Huracan EVO 2019: Supercar Canggih Dari Lamborghini

18/01/2019

Share this post:

Lamborghini Huracan 2019

Editor rate:

Lihat promo

Lamborghini tampaknya belum puas dengan model Huracan Performante yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Diawal tahun 2019, pabrikan asal Italia ini memperkenalkan varian baru yakni Lamborghini Huracan EVO. Tidak hanya desain baru yang meningkatkan aerodinamika mobil, tapi juga sejumlah fitur membuat mobil ini sangat canggih.

Review Lamborghini Huracan EVO 2019: Supercar Canggih Dari Lamborghini
Review Lamborghini Huracan EVO 2019: Supercar Canggih Dari Lamborghini
0 Gambar

Pengantar Lamborghini Huracan 2019

Mari kita simak spesifikasi Lamborghini Huracan 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin yang kencang dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya 2,9 detik

Fitur LDVI yang membuat pengendalian lebih baik dan menjadikan supercar canggih

Harga yang justru lebih murah dari Lamborghini Huracan Performante

Kekurangan

Desain eksterior yang mirip dengan Huracan Performante

Konsumsi bahan bakar yang boros dan penggunaan bahan bakar berkualitas sangat tinggi

Banyak opsi menarik tetapi harus tambah biaya seperti interior dan eksterior

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 - Semua orang sudah tahu bahwa Lamborghini adalah produsen supercar yang identik dengan mobil kencang melalui mesin yang bertenaga. Namun selama ini pabrikan supercar hanya fokus pada mesin dan terkadang lupa dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih seperti hadirnya artificial intelligence (AI) misalnya.

Varian baru dari Huracan ini mengambil basis dari Lamborghini Huracan Performante

Lamborghini Huracan Performante menjadi basis dari varian terbaru Huracan EVO

Chairman and Chief Executive Officer of Automobili Lamborghini, Stefano Domenicali mengatakan, kehadiran Lamborghini Huracan EVO adalah kemajuan di tingkat tertinggi dalam teknologi sebuah supercar. Penggabungan performa dari Huracan Performante ditambah fitur baru yang canggih membuat pengendalian mobil ini lebih baik dan canggih.

Lamborghini Huracan EVO adalah definisi sebuah evolusi: ini merupakan langkah maju. Mobil ini sangat mudah dikendarai, sekaligus menghadirkan pengalaman berkendara yang paling responsif, sensoris, dan gesit, di setiap lingkungan,” ujarnya.

Sesuai dengan pernyataan sang CEO, perubahan terbesar dari Lamborghini Huracan EVO ini adalah pada pengendaliannya. Penyematan teknologi bernama LDVI (Lamborghini Dinamica Veicolo Integrata) membuat teknologi aerodinamika dan pengendalian masuk dalam babak baru.

Lamborghini Huracan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014

Sejak diperkenalkan pada tahun 2014, Lamborghini Huracan sudah mempunyai 4 varian termasuk EVO yang diluncurkan awal tahun 2019

Lamborghini tampaknya peduli akan kebutuhan konsumennya yang ingin mengendarai supercar namun tetap nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Penyematan teknologi yang sepenuhnya dikontrol oleh komputer ini masuk dalam ranah pengendalian sehingga mampu membaca tabiat si pengemudi saat mengendarai Lamborghini Huracan EVO. Diklaim bahwa pengendalian menjadi sangat nyaman sehingga pengemudi mendapatkan sebuah supercar yang tidak hanya kencang. Kami akan mengajak Anda untuk membahas lebih detail mobil terbaru dari Lamborghini diawal tahun 2019 ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Lamborghini Huracan 2019

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Eksterior Depan

Tampak depan sekilas mirip dengan Lamborghini Huracan yang diperkenalkan pada 2017 lalu. Tetapi saat melihat bagian bawahnya, ada desain baru pada bumpernya. Bumper depan baru ini mempunyai desain yang lebih tegas dan posisi lebih rendah. Diklaim desain bumper baru ini meningkatkan aerodinamis yang lebih baik. Bentuk Ypsilon pada bumper membuat asupan udara lebih besar sesuai dengan DNA dari desain Lamborghini.

Sekilas tampak tidak ada perbedaan dari Lamborghini Huracan Performante 2019

Bumper menjadi perbedaan utama pada tampilan depan Lamborghini Huracan EVO

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Eksterior Samping

Tidak heran bila Lamborghini Huracan EVO punya banyak kemiripan dengan Huracan karena mempunyai basis yang sama. Pun pada profil samping guratannya tampak sama. Kesan dinamis dengan desain segi enam sekitar jendela mirip dengan saudara kembarnya. Begitu juga dengan saluran udara (air intake) pada bagian bawah yang diklaim ada perubahan desain namun tidak signifikan. Perbedaan yang terlihat adalah desain velg baru. Bila Anda melihat secara seksama, desain velg pada Lamborghini Huracan EVO 2019 seperti bunga mekar tampak atas.

Nyaris tidak terlihat perbedaan pada tampilan samping Lamborghini Huracan EVO 2019 dibandingkan Performante

Desain velg baru menjadi tanda perbedaan antara Lamborghini Huracan EVO dengan Performante

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Eksterior Belakang

Desain belakang Lamborghini Huracan EVO 2019 tidak banyak perbedaan dari sang pendahulu. Terlihat dari lampu utama dan dua knalpot berdiameter besar di posisi tengah. Namun pihak Lamborghini mengklaim posisi knalpot pada Huracan EVO lebih tinggi dari bumper belakang. Satu perbedaan yang tampak jelas adalah spoiler pada Huracan EVO terihat minimalis yang terintegrasi dengan bodi sehingga memberi aliran udara meningkat dalam hal aerodinamika. Berbeda dengan Huracan Performante yang mempunyai spoiler tinggi bergaya khas mobil balap.

Desain lampu belakang dan bumper sekilas terlihat sama dengan  Lamborghini Huracan EVO 2019

Spoiler kecil membuat tampilan belakang Lamborghini Huracan EVO terlihat lebih kalem

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Lamborghini Huracan 2019

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Dashboard & Setir

Bila pada eksterior tidak banya perubahan signifikan, berbeda dengan interior Lamborghini Huracan EVO. Secara desain keseluruhan baik dashboard maupun setir memang tidak ada perbedaan dengan Huracan Performante. Namun saat melihat bagian tengah, disinilah letak perbedaan terbesarnya. Lamborghini menggunakan layar sentuh berukuran 8,4 inci menggantikan tombol konvensional yang sudah terlihat kuno.

Secara keseluruhan  Lamborghini Huracan EVO 2019 mempunyai desain yang sama dengan Huracan Performante

Layar sentuh berukuran besar menjadi pembeda Lamborghini Huracan EVO dengan Performante

Tepat diatas tombol menghidupkan mesin, layar sentuh ini bisa dioperasikan dengan multi-jari (multi-finger gesture). Dalam layar tersebut, hampir seluruh pengaturan mobil bisa Anda lakukan seperti mengatur posisi kursi, suhu kabin, juga pengaktifan fitur baru LDVI secara real-time. Pun untuk hiburan, Anda bisa mengatur koneksi melalui Apple CarPlay dan menghubungkan dengan smartphone. Tampilan layarnya juga mudah diakses dan bisa menggunakan fitur voice command yang menghubungkan pengemudi dengan Siri pada Apple iPhone Anda.

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Jok

Berbicara interior tentu tidak lepas dari jok atau kursi. Lamborghini Huracan EVO menampilkan trim baru untuk joknya dengan desain mewah dan sporty. Tersedia pilihan dua warna dengan bahan campuran antara kulit dengan Alcantara untuk AdPersonam yang membuat kabin terasa eksklusif. Motif Arancio Dryope pada jok membuatnya senada dengan desain bodi dari Lamborghini Huracan EVO. Bila Anda ingin menggunakan bahan ringan untuk kursi seperti Carbon Forged Composites bisa melakukan permintaan namun ada biaya tambahan.

Motif kursi  Lamborghini Huracan EVO 2019 dibuat senada dengan desain bodi

Model bucket seat seperti jok mobil balap sama seperti milik Performante namun dengan motif berbeda

>>> Baca juga:

Fitur Lamborghini Huracan 2019

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Fitur Berkendara

Bila perubahan pada eksterior dan interior kurang memuaskan, fitur terbaru pada Lamborghini Huracan EVO mungkin bisa menggugah Anda. Fitur LDVI yang baru dihadirkan erat kaitannya dengan vehicle dynamics control (VDS) yang memungkinkan pengemudi semakin intuitif dalam mengendalikan mobil. Sehingga panca indera pada pengemudi bisa meningkat melalui kehadiran fitur canggih ini.

Layar sentuh besar untuk fitur baru LDVI di mobil  Lamborghini Huracan EVO 2019

Tombol banyak yang ada pada Lamborghini Huracan Performante tergantikan dengan layar sentuh 8,4 inci dengan tambahan fitur baru LDVI

Adapun cara kerja dari LDVI adalah mengantisipasi langkah pengemudi selanjutnya dan menyesuaikan dengan kondisi supercar ketika melaju. Seperti penyesuaian respon pedal gas, goemetri suspensi hingga seluruh aspek teknis berkendara dibantu oleh komputer. Hasilnya, rasa berkendara menjadi semakin nyaman dan aman.

Review Lamborghini Huracan EVO 2019 : Fitur Keselamatan

Sebagai sebuah supercar tentu fitur keselamatan yang mumpuni wajib dimiliki. Lamborghini menyematkan banyak fitur keselamatan seperti ABS (anti-lock braking system) dan ESC (electronic stability control). Tidak lupa airbags mulai dari full size dual-stage front airbags, full size lateral airbags hingga knee airbags yang tersedia untuk pasar tertentu.

Seluruh roda  Lamborghini Huracan EVO 2019 telah menggunakan fitur canggih sebagai kewajiban

Desain velg pada Lamborghini Huracan EVO terlihat seperti bunga mekar

>>> Donasi US$ 10, Anda Berkesempatan Dapat Lamborghini Huracán RWD Coupé Istimewa Ini

Operasi Lamborghini Huracan 2019

Diantara banyak komponen yang berubah pada eksetrior, interior dan fitur di Lamborghini Huracan EVO, lain halnya dengan mesin. Lamborghini masih mengandalkan mesin standar Huracan yang berkapasitas 5.204 cc V10 dengan 40 katup. Mesin tersebut mampu menghempaskan tenaga hingga 470 kW atau sekitar 640 hp pada putaran mesin 8.000 rpm. Begitu juga dengan torsi besarnya yang mencapai 600 Nm di 6.500 rpm.

Mesin sama yang digunakan oleh  Lamborghini Huracan EVO 2019

Lamborghini tidak mengubah mesin pada Huracan EVO dengan tetap mengndalkan mesin Huracan Performante

Satu hal yang menarik dari Lamborghini Huracan EVO adalah bobotnya lebih berat yakni total 1.420 kg dibandingkan Huracan standar yang hanya 1.382 kg saja. Besar kemungkinan bobot yang lebih  berat ini adanya penambahan fitur LDVI yang pengaturan sepenuhnya melalui komputer. Padahal Lamborghini mengklaim akselerasi Lamborghini Huracan EVO sama dengan Huracan Performante yakni 0-100 km/jam hanya 2,9 detik. Namun dipastikan penggunaan fitur baru LDVI membuat pengendaliannya jauh lebih baik terutama saat bermanuver di sudut sempit.

>>> Lamborghini Huracan Performante Raih Best Driver’s Car dari Motor Trend

Spesifikasi Lamborghini Huracan 2019

Penasaran seperti apa info spesifikasi Lamborghini Huracan EVO 2019? Silakan cek informasinya berikut ini.

Spesifikasi Mesin Lamborghini Huracan EVO 2019

Tipe Mesin

5.2 Liter V10

Isi Silinder

5.204 cc

Tenaga Maksimum

470 kW / 8.000 rpm

Torsi Maksimum

600 Nm / 6.500 rpm

Transmisi

7 Tingkat Percepatan Dual Clutch Gearbox Lamborghini Doppla Frizione (LDF)

Spesifikasi Bodi Lamborghini Huracan EVO 2019

P x L x T

4.520 x 2.236 x 1.165 mm

Wheelbase

2.620 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Lamborghini Huracan EVO 2019

Rem Depan / Belakang

Carbon Ceramic Discs – Ventilated & Cross Drilled / Carbon Ceramic Discs – Ventilated & Cross Drilled

Velg

245/30 R20 (depan) – 305/30 R20 (belakang)

Daftar Harga Lamborghini Huracan 2019

Lamborghini Huracan EVO memang varian baru dan lebih canggih dari Huracan Performante yang diperkenalkan pada 2017 lalu. Tapi menariknya, harga yang dibanderol oleh Lamborghini justru lebih murah untuk Huracan EVO. Sebagai contoh untuk pasar Eropa, mobil ini dibanderol 184.034 EURO. Sedangkan Huracan Performante justru lebih mahal dengan harga 195.040 EURO saat pertama kali diperkenalkan. Meski belum diketahui apakah akan diboyong ke Indonesia, namun bila dikonversi maka harga Lamborghini Huracan EVO ini mencapai Rp 2,981 miliar. Tentunya harga tersebut belum termasuk pajak dan lain hal sebagainya.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya di sini

 

Kesimpulan Lamborghini Huracan 2019

Bagi penggemar Lamborghini dan suka dengan perkembangan teknologi digital, Lamborghini Huracan EVO bisa menjadi pilihan menarik. Gayanya yang tidak terlalu seperti mobil balap cocok untuk digunakan sehari-hari. Penambahan fitur baru akan membuat pengendalian semakin mengasyikkan. Sehingga tetap aman dan nyaman ketika melintasi jalan berkelok. Meskipun mungkin bagi Anda pencinta kecepatan akan sedikit terganggu karena banyak aspek performa yang terlalu diatur oleh komputer. Tapi dengan harga yang lebih murah, kenapa tidak?

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Test Drive Ferrari 488 GTB 2015, Supercar Khusus Miliarder Dengan Performa Luar Biasa

10.000.000.000

04/05/2018

Editor rate:

Ferrari 488 GTB bukan sekadar facelift atau product improvement. Dengan 85% komponen benar-benar baru, 488 GTB unggul segalanya dari pendahulunya. Kunci rahasianya, upgrade aerodinamika dan kehadiran mesin turbo baru. Berikut ini hasil test drive Ferrari 488 GTB 2015.

Lihat juga

Review Porsche Cayman 2013

16/07/2018

Editor rate:

Tak asing rasanya mendengar nama Porsche sebagai lambang dari kemewahan dan produk sporty besutannya. Mungkin kita lupa, bahwa Porsche Cayman yang sudah berjalan dari tahun 2005, sudah meraih generasi keempatnya kini. Namun perubahan paling menarik menurut kami ada pada generasi ketiganya. Di kesempatan kali ini, Cintamobil.com hendak membahas segala hal tentangnya dalam review Porsche Cayman 2013.

Lihat juga

Review Lamborghini Huracán Performante Spyder 2018

14/11/2018

Editor rate:

Baru saja lima bulan sejak diperkenalkan secara global pada ajang Geneva Motor Show tahun ini, kini penggemar kendaraan super cepat Indonesia kedatangan Lamborghini Huracán Performante Spyder di Indonesia. Diimpor langsung oleh Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars, supercar ini dijual dengan harga belasan miliar rupiah.

Lihat juga

Review Lamborghini Huracan Avio 2018

25/09/2018

Editor rate:

Lamborghini memang tak pernah main-main dalam menciptakan produk berkecepatan tinggi. Salah satunya adalah Lamborghini Huracan Avio yang melakukan World Premiere-nya bersamaan dengan Centenario di acara Geneva Motor Show 2016. Bahkan produk ini dibuat dengan strategi pemasaran Limited Edition yang dibatasi hanya 250 unit saja. Tentu bukannya mengapa, model satu ini memiliki sisi spesialnya sendiri. Apa saja keunggulannya? Mari kita simak jawabannya dalam review Lamborghini Huracan Avio 2018.

Lihat juga

Preview Ferrari Monza SP1 2019

19/09/2018

Editor rate:

Ferrari Monza SP1 dan SP2 menjadi dua model Limited Special Edition yang akan memulai debutnya di Paris Motor Show, pada bulan Oktober 2018 mendatang. Wah, bagaimana kira-kira tampilannya? Apakah performanya bisa dibilang sepadan dengan rivalnya? Mari kita cari tahu bersama dalam preview Ferrari Monza SP1 2019.

Lihat juga
back to top