Ingin Punya Lamborghini Gallardo? Perhatikan Dulu Cara Mengganti Olinya

25/08/2018
Tidak sama seperti mobil lain, mobil mewah Lamborghini Gallardo memiliki cara khusus untuk mengganti oli dikarenakan desain bodi yang berbeda.

Salah seorang YouTuber terkenal di dunia, Shmee, mencoba untuk mengganti oli supercar Lamborghini Gallardo, tentu saja dengan ditemani oleh professional. Daripada hanya membawa mobil ke bengkel dan menunggu hingga oli-nya diganti oleh mekanik, ia mencoba untuk menggantinya sendiri.

Tentu saja, sebagaimana seorang vlogger, ia mendokumentasikan bagaimana caranya mengganti Lamborghini Gallardo LP560-4 Spyder berwarna putih. Gallardo ini merupakan versi facelift yang pertama kali mendapatkan mesin supercar V10 bertenaga hingga 560 dk sebelum ditukar dengan V12 yang lebih garang.

Gambar yang menunjukan mobil Lamborghini Gallardo LP560-4 berwarna putih

Lamborghini Gallardo LP560-4 dengan mesin V10 bertenaga 560 dk (foto: YouTube)

>>> Memahami Datasheet Kode Oli, Darah Mesin Yang Tidak Boleh Salah

Gallardo sangat rendah sehingga tidak mungkin seseorang bisa berbaring dan masuk ke bawah untuk mengganti oli. Mengangkat mobil adalah kebutuhan mutlak untuk mengganti oli. Bahkan sebelum mengangkat mobil, Anda perlu menarik dipstick dan melonggarkan filter oli. Setelah mengangkat mobil, Anda bisa mendapatkan akses ke bagian bawah bodi mobil.

Langkah pertama untuk benar-benar mengganti oli Gallardo adalah dengan mengeluarkan panel bagian bawah bodinya. Panel ini akan membersihkan aliran udara ketika mobil melaju di jalan dan memberikan perlindungan dari puing-puing dan debu yang bertebaran di jalan.

>>> Tertarik untuk membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Dari video yang diupload pada akun YouTube Shmee150, Shmee berhasil mengeluarkan oli lama dan menggantinya dengan yang baru. Ia juga menghidupkan mesin untuk memungkinkan oli beredar di dalam mesin.

Pemeriksaan awal pada dipstick menunjukan tidak ada cukup oli pada mesin, jadi teknisi menambahkan lebih banyak lagi oli pada mesin. Meskipun begitu, pekerjaan belum selesai, karena Gallardo masih membutuhkan filter baru dan panel bagian bawah harus dipasang kembali ke bagian bawah kendaraan.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

Begini cara Shmee menukar oli Lamborghini Gallardo LP560-4

Seluruh proses penggantian oli pada Lamborghini Gallardo terlihat memakan waktu, tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit jika dilakukan. Jika Anda memiliki alat yang diperlukan, Anda bisa saja mengganti oli mobil mewah ini di garasi rumah Anda.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0