Daihatsu Sematkan Alat Pemadam Api Ringan di Seluruh Model Barunya

04/02/2021

Pasar mobil

4 menit

PT Astra Daihatsu Motor mengklaim menyematkan seluruh model barunya yang diproduksi tahun 2021 dengan alat pemadam api ringan sesuai aturan pemerintah.

Sejalan dengan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang fasilitas tanggap darurat kendaraan bermotor, PT Astra Daihatsu Motor juga melengkapi kendaraannya dengan alat pemadam api ringan (APAR). 

APAR ini sudah mulai disematkan oleh Daihatsu pada mobil-mobil yang lahir pada tahun 2021.

>>> Cintamobil TV: Seluk Beluk Memilih APAR Mobil

Posisinya Sudah Disesuaikan

Adapun APAR yang disematkan pada mobil Daihatsu terletak pada bracket di posisi bawah bangku penumpang depan pada seluruh jenis kendaraannya untuk jenis kendaraan penumpang dan komersil. 

apar Daihatsu

Diletakkan di posisi yang mudah dijangkau pengendara dan penumpang

Posisi peletakkan pada area ini dipertimbangkan karena mudah dijangkau oleh penumpang, maupun pengemudi, sehingga mudah digunakan ketika dibutuhkan, namun tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang di depan.

Ya, posisi peletakan APAR mobil memang tak bisa sembarangan. Produsen mobil harus membuat APAR dengan mudah terjangkau pengemudi dan penumpang. APAR mobil juga harus mudah dibuka dan dioperasikan ketika ada indikasi mobil terbakar. 

APAR yang disematkan Daihatsu juga telah memiliki sertifikat SNI dan berisikan dry chemical powder yang dapat menutup permukaan yang terbakar api dengan cepat, dan tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di area sekitarnya.

Selain itu, APAR yang digunakan Daihatsu juga aman dan tidak beracun, serta memiliki masa berlaku atau jangka waktu pakai hingga 8 tahun sebelum dibuka.

>>> Ini Persyaratan Teknis Alat Pemadam Api Ringan di Mobil

Bikin Konsumen Tenang

Model APAR yang digunakan ini dapat mengatasi berbagai macam kebakaran pada kendaraan, mulai dari kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu; kebakaran baik pada cairan, gas, maupun uap yang mudah terbakar; serta kebakaran pada benda kelistrikan.

apar mobil

Untuk mobil penumpang minimal APAR yang digunakan 1 kg

Bila mengacu pada aturan, APAR mobil yang disematkan Daihatsu itu sudah memenuhi spesifikasi teknis yang diizinkan yaitu arus dapat memadamkan kebakaran benda padat, benda cair atau gas, dan instalasi listrik bertegangan. Bahan pemadam juga tidak beracun.

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan dengan adanya fasilitas APAR pada seluruh unit model dan varian Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan lebih tenang saat berkendara. Karena bagi Daihatsu, keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah prioritas utama.

>>> Antisipasi Kebakan, Ini Jenis APAR Yang Bisa Dipasang di Mobil Anda

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top