Cintamobil TV: Wajib Lihat Replika Mobil Klasik Mini!

27/05/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Bagaimana rasanya berkendara di atas mobil replika Mercedes-Benz SL Roadster, Aston Martin DB5, dan Jaguar XK namun hadir dengan replika mobil klasik berukuran mini? Simak ulasan lengkapnya!

Ada yang berbeda dengan review oleh Tim CintamobilTV kali ini. Adalah replika tiga unit mobil klasik Mercedes-Benz SL Roadster, Aston Martin DB5, dan Jaguar XK dengan ukuran yang semestinya. Replika mobil klasik berukuran mini tersebut digadang-gadang menjadi mainan yang layak bagi pecinta otomotif. Benarkah demikian? 

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, Tim CintamobilTV akan mereview dengan mengendarai langsung replika mobil klasik berukuran mini ini. Perlu diketahui bahwa mobil ini merupakan hasil karya dari Clasica Jr Indonesia atau @clasicajrid yang merupakan spesialis pembuat mobil custom yang mirip sekali dengan aslinya. Semua detail mengenai ketiga mobil tersebut hingga hal menarik apa yang ditawarkan akan diulas secara lengkap dalam artikel ini.

Desain Eksterior dan Interior yang Nyaris Mirip dengan Aslinya

Sebagai mobil replika mini, perlu diakui bahwa desain eksterior yang dibuat oleh ClasicaJr sangatlah mirip dengan penampakan mobil aslinya. Terutama untuk bagian grill depan varian Mercedes-Benz SL Roadster menggunakan material full aluminium sehingga mampu menunjukkan kemewahan sebuah Mercedes-Benz. Aksen krom di bagian bumper juga semakin memberikan kesan nyata bahwa mobil mini ini adalah sebuah Mercedes-Benz SL Roadster. Sebagai salah satu ciri mobil klasik adalah memiliki taring dan desain replika mobil ini sangat memperhatikan detail tersebut. 

Dengan desain yang sangat detail dan material fiberglass, harga yang dibanderol untuk satu mobil replika terbilang sangat mahal, yaitu sekitar Rp 250 juta hingga Rp 300 jutaan. Dengan harga tersebut, Anda dipastikan tidak akan mendapati kekurangan pada bagian body seperti misalnya bergelombang seperti layaknya bahan fiberglass lainnya. Benar-benar sempurna!

>>> Mobil Klasik Diharap Bisa Dijangkau Berbagai Usia

Sebuah karya seni mobil replika

Sebuah karya seni replika mobil klasik ini dibanderol dengan harga Rp 250 juta hingga 300 jutaan

Begitu juga dengan desain interiornya yang membuat Tim CintamobilTV terpesona karena replika mobil klasik ini dibuat benar-benar mirip dengan versi aslinya. Seperti halnya pada mobil Mercedes-Benz SL Roadster yang memiliki jok berwarna merah dengan kulit yang licin. Bahkan jahitannya super rapi dan tidak ada yang terlihat minus sama sekali. 

Beralih ke bagian dashboard-nya, seakan tidak ingin terlihat sebagai mobil custom, mobil ini dibekali detail speedometer hingga tombol yang tidak terlihat seperti kanibalan dari mobil mana pun, melainkan desain custom sendiri. Dan desain dari analog hingga stir juga dibuat mirip sekali dengan aslinya. Tidak seperti mobil replika lainnya, mobil ini justru memiliki ban tubeless dan velg dengan desain yang spesial. Bisa dikatakan bahwa mobil replika ini adalah mainan mahal yang mirip sekali dengan aslinya. 

>>> 2 LEGO Porsche 911 Klasik, Seru Buat Pajangan di Rumah

Dibekali Mesin Bertenaga Prima dan Menggunakan Gardan

Meskipun mobil replika dan berbentuk mini, ClasicaJr tidak lupa menempatkan mesin yang cukup mumpuni yaitu  mesin motor 110 cc yang mampu menghasilkan tenaga 10-15 HP. Dan asyiknya lagi, semua engineering dan sasis mobil replika ini mirip seperti asli. Biasanya untuk mobil custom menggunakan mesin penggerak rantai, sementara untuk mobil ini sudah menggunakan gardan sehingga mobil lebih lincah dalam bergerak. 

penampakan mesin mobil

Mesin yang disematkan pada replika mobil klasik merupakan mesin motor 110 cc

Suspensi yang digunakan pada mobil mini ini sudah seperti layaknya mobil sungguhan. Bagi siapapun yang mengendarai replika mobil klasik ini akan bisa merasakan peredaman yang mumpuni setiap kali menemukan jalanan yang kurang baik. 

Sayangnya mobil ini belum dilengkapi hingga gigi 4, sehingga sangat memungkinkan untuk dikendarai dengan kecepatan 100 km/jam. Dengan desain mobil yang terbuka dan berkendara mencapai 100 km/jam tentu saja hal ini sangat berbahaya. Perlu diketahui bahwa perpindahan gigi mobil ini menggunakan sistem otomatis seperti motor bebek. 

Dengan ukuran yang mini dan mesin yang mumpuni, replika mobil klasik ini memiliki akselerasi yang terbilang lumayan kencang. Dan tidak lupa, rem yang cukup pakem juga telah disematkan oleh tim ClasicaJr. Bagi Anda yang kurang puas dengan mesin yang digendong oleh mobil ini, ternyata pembuatnya telah membekali mounting sebagai persiapan ketika Anda ingin upgrade kecepatan mesin. Wow, luar biasa detailnya!

>>> Ini Mobil Balap MINI Berparas Klasik yang Diproduksi Terbatas

mobil replika mini yang dapat dikendarai dengan kecepatan tinggi

Replika mobil klasik ini tetap dapat dikendarai dengan kecepatan tinggi

Akomodasi Bagasi

Menggunakan tuas dan hidrolik khusus SL Roadster, mobil replika ini memiliki bagasi dengan finishing yang sangat menawan. Pembuatnya seakan sangat memperhatikan detail dari setiap karpet dan aksesoris yang melekat di dalamnya. Bagasinya terbilang cukup luas untuk sekelas mobil replika jklasik berukuran mini, bahkan di dalam bagasinya telah disematkan tangki pengisi bensin. 

>>> Harus Tahu, Ini Ragam Klasifikasi Mobil Klasik

Impresi Berkendara

Pertama kali yang akan Anda rasakan ketika berkendara mobil replika klasik ini adalah posisi duduknya. Bagi Anda yang memiliki tinggi di atas 178 cm ke atas mungkin akan terasa sesak. Jika mobil pada umumnya yang dapat diatur adalah posisi jok namun di mobil ini Anda bisa mengatur posisi pedal. Sehingga yang maju mundru bukanlah posisi jok, melainkan pedal gas dan rem. 

moibl replika ukuran mini

Bagaimana rasanya mengendarai mobil replika klasik berukuran mini?

 

Fitur yang Disematkan di Mobil Replika Klasik Mini

Pada dasarnya hampir semua fitur yang ada pada mobil standar telah dimiliki mobil replika ini. Seperti contohnya klakson, tombol lampu utama dan sen. Tidak ketinggalan, mobil ini memiliki catatan km/jam meskipun tidak real time,  tentu saja ini sudah terbilang canggih untuk sekelas mobil replika klasik berukuran mini ini. 

Memang mobil replika klasik ini terbilang cukup mahal tapi memang mobil ini sangat layak memiliki harga yang tinggi karena detail dan bahan yang digunakan tidak ada yang main-main. Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif dan ingin memiliki mainan yang serius sepertinya layak untuk mempertimbangkan kepemilikan mobil ini. Karena yang namanya mobil klasik biasanya akan memberikan kesan dan semacam sentuhan emosional bagi penikmatnya, meskipun hanya dengan memandangnya.

>>> Wow! Mobil Klasik Bekas Tabrakan Terjual Hampir Rp 2 Miliar

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top